Comscore Tracker

5 Tips Jaga Mood agar Gak Mudah Lelah Saat Mengerjakan Tugas

Agar makin produktif!

Apa tantangan terbesar saat mengerjakan tugas? Ya, benar sekali, rasa malas yang sering menghampiri saat akan memulai mengerjakannya. Sudah mengumpulkan niat tapi kalah sama rebahan, sudah mau memulai tapi malah asik scroll timeline Instagram.

Kalau sudah begitu, bagaimana tugasmu bisa cepat kelar? Nah, biar tetap semangat, ini 5 tips yang bisa kamu lakukan untuk menjaga mood supaya nggak mudah lelah saat mengerjakan tugas. 

1. Mengerjakan tugas sambil mendengarkan musik

5 Tips Jaga Mood agar Gak Mudah Lelah Saat Mengerjakan Tugaspexels.com/Andrea Piacquadio

Tips pertama yang bisa kamu lakukan yaitu mengerjakan tugas sambil mendengarkan musik. Putar musik yang kamu suka, pilih genre favoritmu, dengan begitu bisa membuat suasana hatimu lebih bahagia. 

Selain itu, mendengarkan musik bisa membuat konsentrasimu dalam mengerjakan tugas bisa tetap terjaga, lho. Tapi ingat, jangan putar musik terlalu kencang hingga mengganggu orang di sekitarmu, ya. 

2. Siapkan camilan favorit

5 Tips Jaga Mood agar Gak Mudah Lelah Saat Mengerjakan Tugaspexels.com/@Sam Lion

Tips selanjutnya menjaga mood  biar tidak mudah lelah dalam mengerjakan tugas kuliah atau kantor, yaitu dengan menyiapkan camilan favorit. Sebelum memulai, siapkan dulu makanan ringan dan minuman kesukaanmu.

Seat di kantor misalnya, ketika badan terasa lelah kamu bisa membuat kopi di pantry dulu. Namun perlu diingat, hindari makan makanan yang sembarangan, ya, supaya kesehatanmu bisa tetap terjaga dengan baik.

Baca Juga: Stop Bad Mood, Lakukan 5 Hal Ini Supaya Kamu Good Mood Terus!

3. Jauhkan dulu dari gangguan

5 Tips Jaga Mood agar Gak Mudah Lelah Saat Mengerjakan Tugasunsplash.com/@Magnet.me

Tips selanjutnya menjaga mood biar nggak mudah capek saat mengerjakan tugas, yaitu dengan menjauhkan dulu dari gangguan. Apa nih gangguan terbesar saat mengerjakan tugas? Gadget adalah gangguan yang paling sering kita alami.

Mau mengerjakan tugas malah rebahan scroll media sosial. Aduh, kalau nggak bisa mengendalikan diri, bisa-bisa tugasmu gak cepat kelar. Maka, saat mengerjakan tugas jauhkan diri dari gadget dulu, ya.

4. Lakukan peregangan

5 Tips Jaga Mood agar Gak Mudah Lelah Saat Mengerjakan Tugaspexels.com/@Andrea Piacquadio

Jika dirasa tubuh sudah gak enak, capek menghadap layar laptop terus menerus, ini waktunya untuk melakukan peregangan sebentar.

Mungkin terlihat sepele, tapi melakukan peregangan sangat bermanfaat, lho. Salah satunya bisa membuat badan terasa lebih ringan. Selain itu, kamu juga bisa menyempatkan waktu untuk olahraga sebentar sebelum memulai aktivitas harianmu. 

5. Jangan paksakan, kalau capek istirahat

5 Tips Jaga Mood agar Gak Mudah Lelah Saat Mengerjakan Tugaspexels.com/@Keira Burton

Terakhir, kalau dirasa badan sudah capek, mata sudah nggak kuat untuk melek, suasana hati berantakan, jangan paksakan diri untuk terus mengerjakan tugas. Sebab, ini waktunya untuk istirahat.

Bekerja keras itu sah-sah saja, ngerjain tugas ini itu tidak masalah, namun akan menjadi kesalahan apabila kamu suka memaksa diri hingga melupakan waktu untuk sekadar mengistirahatkan badan dan pikiran. 

 

Terlihat sepele, itulah lima cara yang bisa dicoba supaya gak cepat lelah dalam mengerjakan tugas. Jadi buat kamu semoga tips di atas bisa membantumu, ya. Have a nice day!

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Dihindari Saat Bangun Pagi agar Gak Bad Mood

Ruhil Sabrina Photo Verified Writer Ruhil Sabrina

find me on instagram : @ruhilsabrina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya