Tata Cara Salat Idulfitri yang Bisa Kamu Terapkan Saat Lebaran Nanti

#RamadanMasaKini Bisa jadi acuanmu nih

Hari Raya Idulfitri merupakan bentuk perayaan umat Islam setelah satu bulan penuh berpuasa. Pada hari ini, seluruh umat Islam dianjurkan untuk mengumandangkan takbir mulai dari malam harinya sebelum perayaan Idulfitri. Selain itu, mereka juga dianjurkan untuk melaksanakan salat sunah di pagi harinya.

Salat Idulfitri merupakan salat sunah dua rakaat yang jatuh setiap tanggal 1 Syawal. Dalam pelaksanaannya, salat Idulfitri gak jauh berbeda dengan salat pada umumnya. Hanya saja dalam salat Idulfitri memiliki beberapa bacaan takbir dan adanya khotbah di akhir salat. Adapun tata cara salat Idulfitri sebagai berikut.

1. Seperti salat pada umumnya, salat Idulfitri pun didahului dengan niat

Tata Cara Salat Idulfitri yang Bisa Kamu Terapkan Saat Lebaran Nantiimam-us.org

Seperti salat pada umumnya, salat Idulfitri pun didahului dengan niat. Adapun niatnya yaitu:

أُصَلِّي سُنَّةً لعِيْدِ اْلفِطْرِ رَكْعَتَيْنِ (مَأْمُوْمًا\إِمَامًا) لِلهِ تَعَــــالَى

Lafal “imâman” diucapkan ketika menjadi imam, sedangkan lafal “makmûman” diucapkan saat menjadi makmum. Jika gak bisa melafalkan niat dalam bahasa Arab, diizinkan untuk mengucapkan niat dalam bahasa masing-masing. Hal yang paling penting adalah niat tersebut memiliki maksud secara sadar dan sengaja dalam batin bahwa seseorang akan menjalankan salat Idulfitri.

2. Kemudian dilanjutkan dengan takbir sebanyak tujuh kali pada rakaat pertama

Tata Cara Salat Idulfitri yang Bisa Kamu Terapkan Saat Lebaran Nantirferl.org

Kemudian dilanjutkan dengan takbiratul ihram seperti salat biasa dan membaca doa iftitah. Lalu dilakukan takbir sebanyak tujuh kali untuk rakaat pertama. Di antara takbir tersebut dianjurkan membaca:

سُبْحَانَ اللهِ وَالْحَمْدُ لِلهِ وَلاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَاللهُ أَكْبَرُ

yang memiliki arti, "Maha suci Allah, segala puji bagi Allah, tiada tuhan selain Allah, Allah Maha Besar.”

3. Gerakan salat Idulfitri pun gak berbeda dengan salat fardu

Tata Cara Salat Idulfitri yang Bisa Kamu Terapkan Saat Lebaran Nantiindependent.co.uk

Setelah itu membaca surah Al-Fatihah dan dianjurkan untuk membaca surah Al-Ghasyiyah. Dilanjut dengan gerakan rukuk, sujud, duduk di antara dua sujud dan kembali sujud. Kemudian balik lagi berdiri seperti salat fardu biasanya.

Baca Juga: Perbedaan Salat Idulfitri dan Salat Jumat

4. Setelah itu kembali berdiri untuk melanjutkan rakaat kedua dengan takbir sebanyak lima kali

Tata Cara Salat Idulfitri yang Bisa Kamu Terapkan Saat Lebaran Nantigulfbusiness.com

Berbeda dengan rakaat pertama, takbir pada rakaat kedua hanya dilakukan sebanyak lima kali. Bacaan di antara takbir tersebut masih sama dengan yang dijelaskan pada poin kedua. Setelah itu dilanjutkan dengan gerakan rukuk, sujud dan seterusnya hingga salam dengan melafalkan bacaan seperti salat pada umumnya.

5. Setelah salat, dianjurkan untuk mendengarkan khotbah terlabih dahulu

Tata Cara Salat Idulfitri yang Bisa Kamu Terapkan Saat Lebaran Nantijabarprov.go.id

Setelah salat Idulfitri selesai, jemaah disarankan untuk gak buru-buru pulang. Para jemaah sebaiknya mendengarkan khotbah terlebih dahulu sampai selesai. Pada khotbah pertama, khatib disunahkan memulainya dengan takbir sebanyak sembilan kali. Sementara pada khotbah kedua, takbir pembuka khotbah hanya dilakukan sebanyak tujuh kali.

Lima langkah salat Idulfitri tersebut bisa kamu terapkan saat lebaran nanti. Semoga dengan melaksanakan salat sunah Idulfitri, kita semua dapat kembali ke fitrah.

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

Topic:

  • Rully Bunga
  • Pinka Wima

Just For You