Comscore Tracker

5 Dampak Negatif Bercermin Terlalu Lama, Jangan Lakukan Lagi!

Bisa mengganggu kesehatan mental juga, lo

Ketika kamu sedang berada di depan cermin, apa yang pertama kali kamu lihat? Biasanya, orang sering kali melihat cermin untuk melihat apakah mereka sudah terlihat rapi atau tidak.

Namun, tanpa kamu sadari, berdiri terlalu lama di depan cermin justru punya dampak negatif yang sangat berbahaya bagi dirimu sendiri. Berikut adalah lima dampak negatif yang akan kamu alami jika terlalu lama berdiri di depan cermin. 

1. Membuat kamu menjadi sombong

5 Dampak Negatif Bercermin Terlalu Lama, Jangan Lakukan Lagi!Unsplash.com/Shanshan Xiao

Bisa jadi, dalam kehidupan sehari-hari, kamu adalah orang yang menawan dan atraktif sehingga banyak orang yang memuji dirimu. Itu bukanlah hal yang salah, tapi bagi beberapa orang hal ini sangat berpengaruh bagi dirinya.

Setiap kali berdiri di depan cermin, ia akan setuju dengan perkataan orang-orang dan mulai menyombongkan kecantikan yang dimilikinya. 

2. Kamu akan fokus terhadap kekuranganmu

5 Dampak Negatif Bercermin Terlalu Lama, Jangan Lakukan Lagi!Unsplash.com/Taylor Smith

Bukan hal yang aneh jika manusia lebih fokus pada kekurangan yang ia miliki. Berdiri di depan cermin hanya akan memperburuk keadaan ini. Kamu akan mulai mencari cara bagaimana menutupi kekurangan mereka agar tidak terlihat oleh orang lain.

Baca Juga: Terapkan 5 Hal Ini dalam Menyikapi Perilaku Buruk Pasanganmu

3. Mulai membandingkan diri dengan orang lain

5 Dampak Negatif Bercermin Terlalu Lama, Jangan Lakukan Lagi!Unsplash.com/yulia pantiukhina

Karena terlalu sering fokus pada kekurangan yang ada pada diri sendiri, kamu akan mulai membandingkan dirimu dengan orang lain. Pikiran-pikiran yang berisikan tentang kecemburuan dan rasa iri akan mulai menggerogoti isi otakmu. 

4. Membenci dirimu sendiri

5 Dampak Negatif Bercermin Terlalu Lama, Jangan Lakukan Lagi!Unsplash.com/Annie Gray

Karena merasa tertekan dan tidak puas dengan diri sendiri, orang yang terlalu lama berdiri di depan cermin akan mulai membenci dirinya sendiri dan ingin menjadi diri orang lain.

5. Kesehatan mental akan mulai terganggu

5 Dampak Negatif Bercermin Terlalu Lama, Jangan Lakukan Lagi!Unsplash.com/Enrico Carcasci

Menurut para peneliti dari Institute of Psychiatry di London, berdiri di depan cermin akan memicu peningkatan risiko terkena body dysmorphic disorder (BDD).

Penelitian menunjukkan bahwa sepuluh orang relawan, yang tadinya merasa baik-baik saja dengan dirinya, mulai merasa cemas dan tertekan setelah berada di depan cermin dalam kurun waktu sepuluh menit. 

Bukan hal yang salah untuk bercermin, tapi perlu diingat bahwa semua hal yang dilakukan secara berlebihan akan menjadi batu sandungan buat dirimu sendiri. 

Baca Juga: 5 Perilaku Warga Jepang Ini Mengingatkan Kita Akan Rasa Tanggung Jawab

Ruth Cikita Photo Verified Writer Ruth Cikita

[kosong]

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya