Comscore Tracker

5 Hal yang Kamu Pelajari Ketika Bisa Memberi Meski Kekurangan, Tulus!

Karena memberi dari kelebihan itu sudah biasa

Jika kamu bisa berbagi karena sudah merasa tercukupi atau merasa  berlebih itu adalah hal yang biasa. Namun, bagaimana jika kamu harus berbagi di tengah kekuranganmu, apakah kamu bisa melakukannya? Padahal, sebagai manusia kita sangat diwajibkan untuk bisa memberi pertolongan kepada orang lain, baik dalam keadaan berlebih maupun kekurangan.

Tanpa kamu sadari, memberi dari kekurangan akan banyak memberikanmu pelajaran dalam menjalani hidup. Berikut ini adalah 5 hal yang kamu akan pelajari ketika bisa memberi dari kekuranganmu. 

1. Kamu menjadi orang yang tidak mudah khawatir terhadap kebutuhan sehari-hari

5 Hal yang Kamu Pelajari Ketika Bisa Memberi Meski Kekurangan, Tulus!Unsplash.com/Kaylah Otto

Kamu tahu bahwa dengan memberi dari kekuranganmu bukan berarti kamu akan langsung hidup susah. Justru sebaliknya, jika kamu bisa berbagi melalui kekurangan yang kamu miliki maka akan semakin banyak pula berkat yang Tuhan limpahkan bagi hidupmu. Percayalah, burung di udara saja Tuhan pelihara apalagi kamu yang merupakan ciptaan Tuhan yang paling sempurna, pasti Tuhan akan cukupkan kebutuhanmu. 

2. Kamu tahu arti tulus yang sesungguhnya

5 Hal yang Kamu Pelajari Ketika Bisa Memberi Meski Kekurangan, Tulus!Unsplash.com/Zach Vessels

Bisa berbagi dengan kelebihan yang kamu miliki saja sudah bisa mengajarkanmu tentang apa itu tulus, apalagi jika kamu bisa berbagi melalui kekuranganmu. Tentu bukan hal yang mudah bisa berbagi melalui kekurangan yang kamu miliki, namun bukan berarti kamu tidak bisa melakukannya. Disinilah kamu akan tahu apakah kamu memang orang yang berhati tulus atau tidak. 

3. Mata dan pikiranmu akan jauh lebih terbuka akan kehidupan ini

5 Hal yang Kamu Pelajari Ketika Bisa Memberi Meski Kekurangan, Tulus!Unsplash.com/Tachina Lee

Hal yang akan langsung kamu rasakan ketika bisa menolong orang lain adalah mata dan pikiranmu akan terbuka lebar. Kenapa begitu? Karena kamu akan tahu bahwa masih banyak orang yang jauh lebih susah daripada dirimu. Jadi, tidak ada alasan untuk bersungut-sungut dalam menjalani kehidupan ini. Tetaplah bersemangat dalam menjalani hidup ini. Percayalah, pertolongan yang kamu butuhkan akan segera datang juga.

Baca Juga: 5 Dampak Negatif dari Terlalu Sering Memberi Reward untuk Diri Sendiri

4. Kamu akan sadar sekecil apapun bantuan yang kamu berikan bisa mengubah hidup seseorang

5 Hal yang Kamu Pelajari Ketika Bisa Memberi Meski Kekurangan, Tulus!Unsplash.com/Roberto Nickson

Kamu mungkin berpikir “bantuan yang ku berikan sangatlah kecil jadi tidak akan gunanya untuk orang lain.” Jika kamu punya pemikiran semacam ini, maka hal ini salah besar. Tanpa kamu sadari sekecil apapun pertolongan yang kamu berikan bisa merubah hidup orang lain. Contohnya, jika kamu memberikan sedikit beras kepada seorang ibu yang sedang kelaparan, maka kamu sudah menyelamatkan ia dan keluarganya dari rasa kelaparan. Jadi, jangan pernah merasa bahwa bantuan yang kamu berikan tidak akan berguna bagi orang lain. 

5. Rasa bahagia yang tak pernah kamu bayangkan

5 Hal yang Kamu Pelajari Ketika Bisa Memberi Meski Kekurangan, Tulus!Unsplash.com/Averie Woodard

Ketika kamu bisa menolong orang lain maka akan ada rasa bahagia tersendiri bagi dirimu sendiri. Apalagi, ketika kamu tahu bahwa bantuan yang kamu berikan bisa sangat bermanfaat bagi orang tersebut. Namun, perlu diingat kamu harus bisa mengontrol rasa bahagia ini, jangan sampai rasa bahagia ini membuat kamu menjadi orang yang sombong dan gila pujian. 

Mulai sekarang jangan gunakan lagi alasan tidak bisa membantu orang lain dikarenakan kamu tidak memiliki uang yang banyak. Karena jika kamu memang ingin membantu orang lain, maka tidak perlu uang yang banyak tapi hati tuluslah yang terpenting. Memberikan bantuan dari kekurangan tidak akan merugikan dirimu justru hidupmu akan jauh merasa terberkati. 

Baca Juga: Kamu Wajib Pikirkan 5 Hal Ini sebelum Berbagi Kamar Kos dengan Teman

Ruth Cikita Photo Verified Writer Ruth Cikita

[kosong]

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya