Comscore Tracker

5 Tanda Kamu Memiliki Hati yang Beku, Jangan Dibiarkan! 

Hati yang beku hanya akan menyakiti semua orang 

Tanpa kamu sadari hati yang beku adalah salah satu penyebab kenapa seseorang bisa merasa tidak bahagia di dalam hidup ini. Namun sayangnya, banyak orang yang tidak sadar bahwa ia memiliki hati yang beku.

Nah, biar kamu bisa tahu apakah kamu memiliki hati yang beku atau tidak, berikut adalah 5 tanda yang harus kamu sadari. 

1. Kamu tidak peduli apakah sikapmu bisa menyakiti perasaan orang lain atau tidak 

5 Tanda Kamu Memiliki Hati yang Beku, Jangan Dibiarkan! Dramabeans.com

Jika kamu adalah tipe orang yang tidak mau peduli, apakah sikapmu bisa menyakiti orang lain atau tidak, sudah bisa dipastikan kamu memiliki hati yang beku. Ingat ya, manusia itu diciptakan sebagai makhluk sosial, yang dimana kita ajaib menjalani hubungan baik dengan satu sama lain. Lalu, bagaimana mungkin kamu bisa menjalin hubungan sosial yang baik dengan orang lain, jika kamu saja tidak mau peduli apakah sikapmu menyakiti orang lain atau tidak? Oleh karena itu, mulailah menjadi orang yang lebih peka terhadap perasaan orang lain. 

2. Perkataan yang keluar dari mulutmu, bukanlah kalimat yang membangun 

5 Tanda Kamu Memiliki Hati yang Beku, Jangan Dibiarkan! Unsplash.com/João Silas

Ketika kamu berbicara tak ada satu pun kalimat yang membangun. Melainkan, kalimat yang keluar dari mulutmu selalu bersifat menjatuhkan orang lain. Jika kamu memilki kebiasaan ini, mulailah untuk memperbaikinya. Jangan sampai ada orang yang melakukan hal nekat, karena perkataan yang keluar dari mulutmu. 

3. Tidak memiliki rasa belas kasihan terhadap orang-orang yang membutuhkan pertolongan

5 Tanda Kamu Memiliki Hati yang Beku, Jangan Dibiarkan! Unsplash.com/Juri Gianfrancesco

Sebagai manusia yang memiliki hati nurani, sudah sepantasnya jika kita memiliki rasa belas kasihan dan membantu orang yang membutuhkan bantuan kita. Namun bagi orang yang memiliki hati beku, rasa belas kasihan tidak pernah ada di dalam hidup mereka. Bagi mereka, kesusahan orang lain tak ada hubungannya dengan dirinya. 

Jika hal ini terus-menerus dilakukan, bisa dipastikan tak ada satupun orang yang akan membantu dirinya di masa depan nanti. 

Baca Juga: Kami Tahu Lho Apakah Kamu Termasuk Saudara yang Buruk atau Tidak!

4. Sulit untuk memaafkan orang lain 

5 Tanda Kamu Memiliki Hati yang Beku, Jangan Dibiarkan! Unsplash.com/Eliott Reyna

Sulit memaafkan orang lain merupakan salah atau ciri bahwa kamu memiliki hati yang beku. Memang bukan hal mudah untuk bisa memaafkan orang yang telah menyakiti perasaan kamu. Namun, bukan berarti kamu tidak akan pernah bisa memaafkan orang tersebut. Cobalah untuk melembutkan hatimu sedikit demi sedikit, pasti kamu akan bisa memaafkan orang tersebut. Selain itu, rasa tenang pun akan lebih kamu dapatkan. 

5. Tak ada rasa hangat di dalam hatimu 

5 Tanda Kamu Memiliki Hati yang Beku, Jangan Dibiarkan! Unsplash.com/Etty Fidele

Jika kamu memiliki hati yang beku, sudah pasti kamu tidak memiliki rasa hangat di dalam hatimu. Rasa hangat itu antara lain ialah merasa mencintai, dicintai, damai, tenang dan bersyukur. Bagimu apa yang terjadi di dalam hidup hanyalah sekedar rutinitas membosankan yang tak memiliki arti apapun. 

Cobalah untuk mencairkan hatimu sedikit saja, maka kamu akan melihat hal yang sangat berbeda di dalam hidupmu. 

Intinya, hati yang beku tak akan membawa kebaikan apapun di dalam hidupmu. Selain menyakiti orang lain, kamu pun bisa menyakiti dirimu sendiri juga. Oleh karena itu, tak ada salahnya untuk lebih mencairkan hatimu. 

Baca Juga: 5 Hal Buruk Ini Akan Terjadi Kalau Kamu Dikuasai oleh Sifat Serakah

Ruth Cikita Photo Verified Writer Ruth Cikita

[kosong]

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya