Comscore Tracker

4 Hal yang Dapat Dilakukan Seorang Millennial untuk Indonesia

#DearFutureIndonesia Jangan malas, ayo kita bantu!

Sebagai seorang millennial yang terlahir di Indonesia, kita mempunyai tanggung jawab yang besar. Kita akan memimpin Indonesia Emas pada tahun 2045, masa di mana kita akan berada di puncak usia produktif kita.

Pada tahun 2045, Indonesia diperkirakan akan mengalami jendela demografi yaitu masa di mana jumlah penduduk usia produktif (15-64 tahun) melebihi dari penduduk usia non-produktif. Semua harapan dan mimpi dari pemimpin-pemimpin bangsa serta rakyat Indonesia di masa kini akan kita pikul bersama di masa yang akan datang. 

Apakah kita sudah siap? Apakah kamu sudah siap?

Pertanyaan yang mungkin terdengar ringan namun sesungguhnya mempunyai makna dan tanggung jawab yang sangat besar. Jangan khawatir, kita masih mempunyai banyak waktu untuk berubah dan melakukan beberapa persiapan.

Nah, berikut adalah beberapa hal yang dapat kita lakukan di kehidupan sehari-hari sebagai salah satu langkah kita untuk berkontribusi di Indonesia Emas, menarik bukan?

1. Pilihlah pekerjaan yang bermakna bukan hanya yang bergaji besar

4 Hal yang Dapat Dilakukan Seorang Millennial untuk Indonesiapexels.com/ rawpixel.com

Jangan percaya bahwa standar kesuksesan orang lain akan membantu kalian untuk mendapatkan kesuksesan dan kepuasan pribadi.

Gaji yang besar mungkin terdengar menggiurkan, namun carilah pekerjaan yang membuat kalian bahagia dan memberi manfaat jauh lebih luas dibanding lingkungan pekerjaan. Pekerjaan-pekerjaan yang bermakna inilah yang akan membuat kalian kerja banting tulang dengan ikhlas karena didasarkan atas hati dan motivasi yang kuat.

Pekerja yang merasa pekerjaannya memberi dampak positif memiliki kemungkinan yang lebih besar untuk merasa terpenuhi dan memiliki kepuasan pribadi. Pada akhirnya, ini akan membuat kita lebih produktif dalam bekerja dan tentunya menjadi salah satu langkah kita untuk memajukan Indonesia.

2. Ambilah kesempatan untuk menjadi pemimpin baik dalam skala kecil maupun skala besar

4 Hal yang Dapat Dilakukan Seorang Millennial untuk Indonesiaunsplash.com/ Mimi Thian

Menjadi pemimpin dalam skala terkecil bisa dimulai dari diri sendiri. Hal ini akan sangat berguna bagi seorang millennial karena dunia telah menjadi lebih global dan terdesentralisasi. Salah satu bukti nyata dari pernyataan ini adalah fakta bahwa kita dapat bekerja dari berbagai lokasi berbeda.

Seiring dengan budaya yang lebih longgar, muncul kebutuhan yang lebih tinggi untuk mulai mendidik diri sendiri dengan cara mengidentifikasi keahlian kita dan memikirkan cara untuk membuat keahlian tersebut menjadi lebih baik. Namun tidak berhenti disini, kita juga harus dapat berani memimpin orang lain.

Generasi millennial yang dilahirkan beriringan dengan kemajuan teknologi yang pesat mengakibatkan kita sering berhadapan dengan layar. Hal ini dapat membuat kita kurang terbiasa untuk berkomunikasi secara langsung, terlebih memimpin orang lain. Mulailah untuk keluar dari zona nyaman dan biasakan diri untuk mencoba hal baru! 

Baca Juga: 5 Tindakan Sederhana yang Membuatmu Berkontribusi Bagi Indonesia

3. Bacalah buku untuk bekal masa depan

4 Hal yang Dapat Dilakukan Seorang Millennial untuk Indonesiaunsplash.com/ David Iskander

Menurut sebuah penelitian dari Central Connecticut State University di Amerika Serikat, Indonesia berada di peringkat kedua terakhir dari 61 negara untuk tingkat literasi dunia. Tidak terduga bukan? Dengan banyaknya sumber informasi yang beredar di masyarakat, tidak sedikit yang lupa untuk membaca.

Membaca dapat menjadi salah satu media terpenting dalam hidup kita untuk membangun karir dan masa depan yang menjanjikan. Semakin banyak referensi dan ilmu yang kita dapatkan maka akan semakin luas pandangan kita terhadap suatu isu atau masalah. Buku adalah salah satu hal paling sederhana yang dapat kita lakukan untuk berinvestasi dan memperkaya diri sendiri.

Dengan hiruk pikuk dunia ini, ambillah waktu sejenak untuk membaca buku dan biarkan imajinasi kita untuk bekerja dan mengembangkan apa yang telah kita baca.

4. Gunakan internet dan media sosial secara bijak

4 Hal yang Dapat Dilakukan Seorang Millennial untuk Indonesiaunsplash.com/ Marvin Meyer

Di dunia di mana media sosial telah mendekatkan kita dan memberi kita kemudahan dalam menjangkau komunikasi yang lebih luas, tidak sulit untuk menjadi ceroboh dan tidak bertanggung jawab di dalamnya. Fakta bahwa apa yang kita tulis di media sosial dapat menghancurkan seseorang, bahkan diri kita sendiri, membuat penggunaan media sosial menjadi jauh lebih penting.

Ingat, internet adalah sebuah kenikmatan pada generasi kita yang patut disyukuri karena kita terlahir di dalamnya. Kebutuhan dan tuntutan masyarakat akan layanan internet semakin lama makin terasa. Oleh karena itu, muncul produk internet dari SMARTFREN yang dapat dilihat di www.smartfren.com/id/super-4g-kuota untuk menjawab semua kebutuhan masyarakat.

Smartfren menyediakan #Super4GKuota yang menawarkan kuota hingga 30GB dengan harga cuma Rp60.000 saja. Terjangkau kan? Maka dari itu, mulai dari sekarang, #KuotakanSuaramu dan gunakanlah internet secara bijak untuk #KuotakanMaumu.

Seperti sebagian besar millenial di generasi sekarang, saya merasa semakin sulit untuk tidak takut tentang masa depan

Tidak ada gunanya mengkritik seseorang karena merasa takut. Namun, dalam sikap kita sebagai calon pemimpin masa depan kita harus berani menjadi optimis. Tidak ada yang bisa menjamin akhir yang bahagia, tetapi selalu ingat bahwa masa depan tergantung pada tindakan kita. Tugas kita yaitu untuk percaya pada dunia yang lebih baik dan berjuang untuk itu.

Baca Juga: Tuangkan Harapanmu untuk Indonesia dan Menangkan Macbook Air!

Saffira Annisa Bening Photo Community Writer Saffira Annisa Bening

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You