Comscore Tracker

5 Sebab Kenapa Lebih Seru Nonton di Bioskop Dibanding Lewat TV atau HP

Ada ambiance yang berbeda saat nonton di bioskop, setuju?

Menonton apa pun itu, baik lewat televisi ataupun menyaksikannya di bioskop sebenarnya punya sisi plus dan minusnya masing-masing. Kamu pun juga akan merasakan suasana yang berbeda, bukan?

Namun, ada beberapa alasan khusus mengapa menonton tayangan di bioskop terasa lebih seru dibanding menonton di rumah. Baik itu lewat gawai pintarmu atau televisi layar datar sekalipun. Mengapa demikian? Berikut lima alasannya.

1. Bebas menonton tanpa hambatan

5 Sebab Kenapa Lebih Seru Nonton di Bioskop Dibanding Lewat TV atau HPilustrasi menonton di bioskop (pexels.com/cottonbro)

Ketika sedang asyik-asyiknya menonton televisi, terkadang ada saja hambatan yang secara tiba-tiba hadir. Contohnya, sinyal siaran yang mendadak jadi buruk atau listrik yang padam seketika.

Menonton lewat smartphone pun gak jauh beda. Sebab, persoalannya pun masih seputar masalah jaringan internet yang kadang tidak stabil. Meskipun ada fitur untuk mengunduh tayangan. Namun, fitur streaming masih sering jadi pilihan utama bagi orang yang ingin segera menyaksikan tayangan kesukaannya.

Nah, enaknya menonton lewat bioskop adalah kamu akan sangat minim menemui kendala saat menyaksikan film. Ruangan yang kedap suara gak akan mengganggu keseruan saat menonton, meski di luar sedang hujan lebat sekalipun. Selain itu, kamu juga gak perlu takut lagi soal pemadaman listrik. Sebab, setiap bioskop pasti punya cara jitu untuk mengantisipasi hal tersebut, seperti dengan menyiapkan genset khusus.

2. Dapat pengalaman menonton yang lebih seru

5 Sebab Kenapa Lebih Seru Nonton di Bioskop Dibanding Lewat TV atau HPilustrasi ruangan bioskop (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Membeli tiket bioskop gak cuma berarti bahwa kamu membayar untuk mendapatkan akses ke film yang diinginkan. Namun, kamu juga membayar untuk merasakan pengalaman menonton yang lebih baik.

Dengan menonton lewat bioskop, kamu akan dimanjakan dengan berbagai fasilitas keren yang pastinya berbeda dari yang ditemukan di rumah. Mulai dari kursi yang nyaman, layar yang lebih lebar dan luas, kualitas audio yang baik, ruangan kedap suara, dan lain sebagainya.

Baca Juga: 5 Kursi Bioskop Paling Nyaman untuk Nonton Bersama Gebetan

3. Bisa lebih fokus menyimak jalan ceritanya

5 Sebab Kenapa Lebih Seru Nonton di Bioskop Dibanding Lewat TV atau HPilustrasi menonton film di bioskop (unsplash.com/Felipe Bustillo)

Menonton di rumah, baik lewat televisi ataupun smartphone sangat mudah mengalihkan perhatianmu dari tayangan yang sedang disaksikan. Penyebabnya bisa karena tiba-tiba ada yang menyuruh, mendadak ingin buang air, atau ada tugas lain yang harus diselesaikan.

Semua hal tersebut terkadang membuat mood menontonmu juga ikut berubah. Awalnya excited ingin menyaksikan alur cerita, berujung jadi menunda untuk menyelesaikan tontonan.

Berbeda dengan bioskop, yang mana dengan menonton di sana, mau gak mau membuatmu harus menaruh perhatian penuh terhadap apa yang kamu tonton. Sebab kalau terlewat sedikit saja, mungkin bakal agak sedikit kesusahan untuk mengikuti alur ceritanya.

4. Bisa reaksi film bareng orang lain

5 Sebab Kenapa Lebih Seru Nonton di Bioskop Dibanding Lewat TV atau HPilustrasi menonton film (unsplash.com/Krists Luhaers)

Keadaan di dalam bioskop umumnya ramai, sehingga kamu juga bisa mendengar reaksi orang lain saat sedang menonton tayangan di layar. Tentunya hal tersebut membuat momen menonton terasa tidak membosankan. Sebab, kamu bisa ikut serta merasakan euforia orang-orang saat menyaksikan film yang ditampilkan.

Jika ada adegan lucu, satu studio bisa saling ngakak bareng. Pun bila di dalam film mendadak ada adegan jumpscare, mungkin semua orang bakal sama-sama senam jantung saat itu juga. Setuju?

5. Efek visual tertentu hanya bisa didapatkan dengan menonton lewat bioskop

5 Sebab Kenapa Lebih Seru Nonton di Bioskop Dibanding Lewat TV atau HPilustrasi menonton di bioskop (freepik.com/master1305)

Sedikit berkaitan dengan poin sub judul kedua. Selain menyajikan pengalaman menonton yang lebih baik, hal lain yang juga membuat momen menonton di bioskop terasa seru adalah karena hadirnya fitur efek visual.

Format film sendiri terbagi ke dalam banyak jenis. Beberapa diantaranya adalah 2D, 3D, dan 4D. Masing-masing dari format film tersebut akan menghasilkan efek yang berbeda saat ditonton. Ada yang hanya menampilkan gambar serta audio semata. Ada pula yang dilengkapi efek khusus seperti animasi yang keluar dari layar.

Bahkan, di beberapa bioskop masa kini juga menghadirkan efek yang bisa dirasakan secara langsung oleh penonton, seperti efek kursi gerak, lighting, cipratan air, hembusan angin, aroma, dan suhu ruangan yang diatur menyesuaikan suasana film. Terbatasnya fasilitas di rumah tentu membuat kamu gak bisa ikut merasakan berbagai efek menakjubkan tersebut.

Itu dia lima alasan kenapa menyaksikan tayangan di bioskop terasa lebih seru dibanding menonton lewat TV atau gawai pintarmu. Kalau menurut kamu sendiri, lebih enak nonton di mana, nih?

Baca Juga: 5 Etika Penting Saat Nonton Film di Bioskop, Wajib Dicatat!

Hay Lee Photo Verified Writer Hay Lee

Nulis karena bingung mau ngapain lagi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya