Comscore Tracker

5 Filosofi Hidup yang Dapat Dipetik dari Sebuah Rumah, Penuh Makna!

Filosofi rumah bisa dijadikan nasehat hidup

Berbicara mengenai rumah mungkin akan ada banyak hal yang bisa dibahas di dalamnya. Rumah bukan hanya digambarkan sebagai tempat tinggal, melainkan juga tempat untuk pulang dan berkumpul bersama keluarga.

Sebagai manusia tentunya ada banyak cara dalam memperoleh banyak nasehat hidup, termasuk salah satunya melalui rumah. Rumah juga memiliki banyak filosofi hidup yang dapat dipetik di dalamnya. Tidak mengherankan bahwa beberapa filosofi mengenai rumah berikut ini bisa dijadikan sebagai nasihat hidup.

1. Seperti apa pun kondisi rumah, tapi tetap menjadi tempat yang terhangat

5 Filosofi Hidup yang Dapat Dipetik dari Sebuah Rumah, Penuh Makna!ilustrasi rumah (unsplash.com/@surface)

Setiap orang memiliki kondisi rumah yang berbeda-beda. Mungkin ada yang memiliki rumah yang besar, kecil, luas, dan banyak lagi hal lainnya. Namun, secara umum rumah tetaplah menjadi tempat penting untuk menghabiskan waktu di dalamnya.

Melansir Study Moose, rumah adalah tempat di mana kebahagiaan dan rasa tenang berada. Hal ini membuat semua orang patut bersyukur apa pun keadaan rumah, tentu tetap saja menjadi tempat yang terhangat. Sama halnya dengan apa pun keadaanmu, tapi pastikan jangan sampai hal tersebut melenyapkan rasa syukurmu.

2. Seberapa jauh kamu pergi, rumah adalah tempat untuk kembali

5 Filosofi Hidup yang Dapat Dipetik dari Sebuah Rumah, Penuh Makna!ilustrasi keluarga (unsplash.com/@jimmydean)

Ada banyak hal yang bisa mendeskripsikan rumah, salah satunya adalah keluarga. Mengutip Stack Exchange, rumah bisa diartikan sebagai keluarga atau orang-orang yang berada dekat denganmu.

Hal inilah yang kemudian memunculkan filosofi tersendiri, bahwa seberapa jauh kamu pergi, maka rumahlah tempat terbaik untuk kembali. Tidak perduli sebanyak apa kamu bertemu orang-orang atau sejauh apa pun kamu berkelana, keluarga tetaplah prioritas utama untuk kembali.

Baca Juga: 5 Filosofi Hidup yang Dapat Dipetik dari Ikan Paus, Penuh Pesan Moral!

3. Rumah terbentuk dari berbagai bahan yang tertata dan sesuai dengan porsinya

5 Filosofi Hidup yang Dapat Dipetik dari Sebuah Rumah, Penuh Makna!ilustrasi rumah (unsplash.com/@scottwebb)

Rumah secara khusus baru dapat ditinggali apabila telah memenuhi kriteria-kriteria khusus. Meski demikian, membangun rumah adalah hal yang sulit dan perencanaannya juga harus ekstra matang, seperti dilansir My Move.

Tidak mengherankan bahwa dari hal tersebut maka bisa disimpulkan bahwa rumah terbentuk dari berbagai bahan yang telah tertata dan semuanya telah sesuai dengan porsinya. Sama halnya dengan manusia, apabila semua aspek dalam hidupnya telah sesuai dengan porsi masing-masing, maka akan jauh lebih mudah dalam menjalaninya.

4. Rumah bisa terasa hidup bila terdapat keluarga di dalamnya

5 Filosofi Hidup yang Dapat Dipetik dari Sebuah Rumah, Penuh Makna!ilustrasi pasangan di rumah (unsplash.com/@soroushkarimi)

Mungkin kamu akan berpikir bahwa rumah adalah bangunan biasa yang bahkan sering kali diabaikan. Padahal orang-orang di dalam rumah dapat membawa jiwa tersendiri di dalamnya, sehingga rumah jadi tampak lebih hidup, seperti dikutip House of Cindy.

Tidak mengherankan bahwa tak perduli seberapa luas, besar, atau megahnya rumah, tapi bila tak terdapat kehangatan keluarga di dalamnya, maka rumah akan sulit terasa hidup. Penting untuk tetap menjaga kehangatan keluarga di dalam rumah melalui quality time, bercengkrama, dan masih banyak lagi hal lainnya untuk menghidupkan suasana.

5. Gaya rumah menentukan personalitas seseorang

5 Filosofi Hidup yang Dapat Dipetik dari Sebuah Rumah, Penuh Makna!ilustrasi pasangan di rumah (unsplash.com/@beccatapert)

Setiap orang jelas memiliki gaya dan selera yang berbeda-beda, termasuk dalam urusan menata rumahnya. Hal ini ternyata memiliki pesan tersendiri yang dapat dilihat dari gaya rumah seseorang.

Dilansir Times of India, gaya hidup dan personalitasmu ternyata dapat terlihat dari tempat kamu berada, serta rumah yang kamu tinggali. Hal inilah yang kemudian memberikan perbedaan tersendiri dari setiap rumah yang dimiliki orang-orang.

Ternyata memang ada banyak filosofi khusus yang berasal dari rumah. Sebagai tempat yang ditinggali orang-orang, jelas saja rumah menjadi lokasi ternyaman setelah lelah beraktivitas. Mana filosofi rumah yang paling cocok untukmu?

Baca Juga: 5 Filosofi Hidup dari Smartphone di Genggamanmu yang Penuh Makna!

Salsabila Manlan Photo Verified Writer Salsabila Manlan

Jangan bosan menebarkan ilmu baru pada sesama!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya