Comscore Tracker

5 Pelajaran Hidup yang Dapat Dipetik dari Keberadaan Laut, Penting!

Ada nasihat penting bagi setiap manusianya

Bumi terdiri atas lautan dan daratan yang menjadi satu kombinasi seimbang untuk menunjang kehidupan manusia di dalamnya. Tidak hanya berfokus pada daratannya saja, tapi juga lautan yang hampir mendominasi sebagian besar wilayah bumi.

Lautan memang menjadi salah satu area misterius yang mungkin tak banyak orang mengetahuinya. Hal ini semakin didukung karena area lautan seeolah sulit untuk dieksplor secara menyeluruh, karena keterbatasan kemampuan manusia.

Namun, ternyata lautan memiliki banyak filosofi hidup yang penting dan dapat seolah memberikan nasihat tersendiri. Jika kamu tertarik untuk mengambil hikmah dari filosofi tersebut, maka lima hal berikut ini bisa menjadi pelajaran hidup dari lautan.

1. Rumah bagi semua spesies

5 Pelajaran Hidup yang Dapat Dipetik dari Keberadaan Laut, Penting!ilustrasi ikan (pexels.com/@kevin-burnell)

Lautan tentunya menjadi salah satu tempat penting yang membuat segala hal di bumi menjadi lebih seimbang. Bahkan hal ini jugalah yang kemudian membuat lautan seakan memiliki kesannya tersendiri. Melansir Kids National Geographic, para peneliti bahkan mengestimasikan bahwa ada sekitar 1 juta spesies hewan yang tinggal di lautan.

Dari hal ini, ada satu filosofi penting yang bisa dipetik. Tak peduli seberapa menyeramkan stigma seseorang mengenai lautan, tapi nyatanya lautan ada rumah bagi banyak orang. Hal inilah yang semestinya diingat oleh manusia, agar tidak perlu terlalu mendengarkan ocehan negatif dari orang lain. Selama kita bisa memberikan manfaat, maka tak perlu jadi persoalan.

2. Memberikan ketenangan pada setiap yang melihatnya

5 Pelajaran Hidup yang Dapat Dipetik dari Keberadaan Laut, Penting!ilustrasi pantai (pexels.com/@fabianwiktor)

Lautan menjadi salah satu tempat yang kerap dijadikan pilihan destinasi menarik untuk dikunjungi. Salah satunya berkaitan dengan pola angin dan deburan ombak yang ada di sekitar lautan. Mengutip Sea Chest, banyak orang yang bahkan menyukai suasana ombak laut, karena memiliki kesan natural yang menenangkan untuk relaksasi otak.

Hal inilah yang juga bisa memberikan filosofi tersendiri dari keberadaan laut. Meski mungkin laut memiliki banyak misteri di dalamnya, tapi tetap saja ada sisi positif yang seakan mampu memberikan ketenangan bagi orang-orang. Layaknya manusia, meski terus diberikan penilaian negatif, tetap saja akan ada sisi positifnya yang mungkin tidak diketahui oleh orang banyak.

Baca Juga: 5 Filosofi Hidup yang Dapat Dipetik dari Bulan di Malam Hari, Penting!

3. Menjadi sumber harapan bagi banyak orang

5 Pelajaran Hidup yang Dapat Dipetik dari Keberadaan Laut, Penting!ilustrasi nelayan (unsplash.com/@psomas)

Lautan memang menjadi area yang misterius, bahkan seakan tak banyak orang yang berani untuk menjelajahinya. Namun, di lain sisi justru lautan menjadi sumber harapan bagi para nelayan untuk mecari nafkah dari hasil lautnya.

Kono, lautan disebut-sebut menyimpan hingga 3.5 triliun ikan di dalamnya. Tentu saja hal tersebut memberikan banyak harapan bagi orang-orang yang ingin memanfaatkannya secara bijak, seperti dilansir World Atlas.

Melalui hal ini maka ada satu filosofi menarik yang dapat dipetik. Tak perduli seberapa misteriusnya lautan, tapi justru tetap bisa memberikan harapan bagi banyak orang. Sama halnya dengan manusia, tak peduli seburuk apa pun dirimu, tapi setidaknya tetaplah memberi manfaat bagi banyak orang.

4. Hamparan lautan memiliki luas yang luar biasa

5 Pelajaran Hidup yang Dapat Dipetik dari Keberadaan Laut, Penting!ilustrasi ekosistem laut (pexels.com/@francesco-ungaro)

Jika mendeskripsikan lautan tentunya satu hal yang tak boleh terlupakan adalah luas yang ada di dalamnya. Memang tak dapat ditampik bahwa lautan memiliki hamparan yang sangat luas. Bahkan diperkirakan luasnya bisa mencapai sekitar 2,6 juta kilometer persegi, seperti dikutip National Geographic. Angka ini bisa lebih luas dari apa yang diprediksi.

Dari luas luar biasa yang dimiliki lautan, maka ada satu filosofi menarik yang bisa dipetik. Tak peduli sudah seberapa hebat apa yang dimiliki manusia, nyatanya masih ada hal yang jauh lebih hebat dan luar biasa. Jangan sampai justru terjebak dalam sikap arogan sebab merasa diri sendiri paling terbaik.

5. Penghubung antara satu benua dengan benua lainnya

5 Pelajaran Hidup yang Dapat Dipetik dari Keberadaan Laut, Penting!ilustrasi daratan dan laut (unsplash.com/@nasa)

Tidak hanya memiliki banyak manfaat yang bisa diambil, nyatanya lautan merupakan wilayah yang memisahkan dua atau banyak area berbeda. Bahkan beberapa benua pun seakan terpisahkan oleh hamparan lautan yang ada di sekitarnya.

Hal inilah yang menjadi sebuah filosofi menarik untuk dipetik. Tak peduli apa pun kondisi seseorang, jalinan silahturahmi dan sosial dengan orang lain adalah hal yang tetap harus dipegang teguh. Layaknya lautan yang menjadi jembatan dengan banyak benua, manusia juga harus bisa mencontoh hal tersebut agar tetap memiliki kehidupan bersosial yang baik.

Ada banyak filosofi menarik yang bisa dipetik dari keberadaan laut. Bahkan laut seolah mampu memberikan banyak pelajaran hidup yang berharga untuk dipetik.

Baca Juga: 5 Filosofi Hidup yang Dapat Dipetik dari Ikan Paus, Penuh Pesan Moral!

Salsabila Manlan Photo Verified Writer Salsabila Manlan

Jangan bosan menebarkan ilmu baru pada sesama!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya