Comscore Tracker

7 Alasan Mengapa Solo Traveling Harus Menjadi Target Kamu Tahun Ini

Sekali-kali kamu harus mencoba solo traveling

Melakukan traveling, tidak harus selalu bersama teman atau orang-orang terdekat saja. Kamu juga bisa melakukan traveling sendirian, tanpa ditemani oleh siapapun. Biasanya traveling sendirian sering sekali kita sebut dengan nama solo traveling.

Memang tidak semua orang mampu dan berani melakukan solo traveling. Bisa gara-gara takut, kurang percaya diri, hingga kurangnya pemahaman untuk melakukan solo traveling.

Sebelum kamu mengatakan tidak untuk solo traveling, coba deh, kamu lihat dulu beberapa alasan mengapa kamu harus menjadikan solo traveling sebagai salah satu target kamu dalam tahun ini.

1. Dapat mengenali diri sendiri lebih dalam lagi

7 Alasan Mengapa Solo Traveling Harus Menjadi Target Kamu Tahun Inipixabay/free photos

Kamu sudah benar-benar mengenal diri kamu sendiri? Cobalah melakukan solo traveling. Dijamin kamu akan lebih mengenali diri sendiri lebih dalam dan lebih jauh lagi dari sebelumnya.

Mislanya, dengan melakukan solo traveling, kamu bisa mengetahui diri kamu sendiri. Dari ketakutan yang kamu miliki saat ini, kapasitas diri, hingga kamu bisa mengetahui bagaimana cara untuk mengendalikan diri kamu sendri.

2. Belajar tanggung jawab terhadap diri sendiri

7 Alasan Mengapa Solo Traveling Harus Menjadi Target Kamu Tahun Inipixabay/pexels

Melakuakan solo traveling juga akan mengajarkan kepada kamu tentang arti dari sebuah tanggung jawab. Seperti kamu harus mengatur akomodasi, keuangan, hingga layanan dan keperluan-keperluan lainnya.

Melakukan travling berkelompok atau bersama teman memang akan lebih aman. Namun di saat salah satu di antara kalian melakukan kesalahan. Biasanya kalian akan saling menyalahkan satu sama lain dan ini sangat berbeda sekali jika kamu melakukan solo traveling.

3. Menghilangkan rasa takut yang menjadi salah satu musuh terbesar

7 Alasan Mengapa Solo Traveling Harus Menjadi Target Kamu Tahun Inipexels/Chanaka Madushan Sugathadasa

Sering kali kamu masih takut untuk bepergian sendirian. Lebih baik kamu lawan rasa takut tersebut dengan melakukan solo traveling. Keluar dai zona nyaman akan lebih baik daripada kamu harus berdiam diri dan terus bergantung kepada orang lain.

Baca Juga: 12 Destinasi Terbaik untuk Solo Traveler Pemula, Bikin Gak Mau Pulang

4. Mempunyai kuasa penuh dengan jadwal liburan

7 Alasan Mengapa Solo Traveling Harus Menjadi Target Kamu Tahun Inipexels.com/@i-love-simple-beyond-388899

Saat traveling sendirian, kamu juga akan sangat bebas dan mempunyai kuasa penuh dengan jadwal hingga lokasi yang akan kamu tuju saat berlibur. Hal ini akan berbeda disaat kamu harus melakukan traveling bersama orang lain. Pasti akan banyak pembahasan untuk menentukan jadwal atau lokasi yang akan kalian pilih dan sepakati bersama.

5. Belajar mengontrol keuangan

7 Alasan Mengapa Solo Traveling Harus Menjadi Target Kamu Tahun Inipexels.com/@nurseryart

Solo traveling pasti mengharuskan kamu untuk bisa mengatur keuangan sebaik dan semaksimal mungkin. Seperti kamu harus bisa mengatur uang untuk penginapan, makan hingga berbelanja. Disini kamu harus bisa belajar mengatur uang selama traveling. Agar kamu tidak kehabisan uang dan tetap menikmati liburan yang kamu lakukan.

6. Merasakan kebebasan dan kedamaian yang belum pernah dirasakan sebelumnya

7 Alasan Mengapa Solo Traveling Harus Menjadi Target Kamu Tahun Inipixabay.com/en/users/stocksnap-894430

Jika selama ini kamu pernah bertanya kapan akan mempunyai waktu untuk sendirian? Mungkin ini adalah salah satu cara agar kamu bisa menikmati waktu sendirian yang kamu inginkan sebelumnya.

Kamu bisa mencari lokasi wisata yang cukup damai dan jarang dikunjungi oleh orang banyak. Disana kamu bisa menyendiri dan menikmati waktu liburan kamu sendirian.

7. Menambah teman dan pengalaman baru

7 Alasan Mengapa Solo Traveling Harus Menjadi Target Kamu Tahun Inipexels.com/@rawpixel

Setelah kamu sudah cukup peka dengan lingkungan sekitar. Akhirnya solo traveling kamu akan membuat kamu menjadi orang yang lebih mudah untuk bersosialisasi dengan orang lain yang belum kamu kenal. 

Salah satu manfaat dari kamu pandai bersosialisasi adalah kamu menjadi mempunyai teman baru dan banyak pengalaman baru, yang bisa akan bermanfaat dalam kehidupan kamu.

Nah itu dia 7 alasan mengapa kamu harus melakuakn solo traveling dan menjadikan solo traveling sebagai salah satu target kamu tahun ini. Ingat, solo traveling itu seru dan mempunyai banyak manfaat lho.

Baca Juga: Tips Santai, Ini 5 Hal yang Harus Kamu Hindari Saat Solo Traveling

sandinugraha Photo Verified Writer sandinugraha

Kepoin aja dulu, Siapa tahu jodoh

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya