Comscore Tracker

5 Hal Seputar Kehidupan Pribadimu yang Tak Perlu Diketahui Orang

Tak semua soal masalah pribadi perlu diumbar

Membagikan kisah atau cerita seputar kehidupan kamu kepada orang lain, terkadang menjadi hal yang patut kamu waspadai. Karena pastinya tidak semua hal dalam kehidupan kamu, bisa diceritakan kepada orang-orang yang ada di sekitarmu. Ada saatnya, kamu memberikan batasan, akan hal-hal yang boleh dan tidak boleh kamu ceritkan kepada orang banyak.

Ingat, apa yang kamu ceritakan kepada mereka, belum tentu berdampak positif. Makanya, lebih baik kamu membatasi hal-hal seputar kehidupan kamu, dari sekarang. Misalnya, seperti lima hal di bawah ini yang tidak perlu diketahui oleh banyak orang. Cek sekarang!

1. Seputar ibadah atau seputar hal-hal yang bersangkutan dengan amal baik yang pernah kamu lakukan

5 Hal Seputar Kehidupan Pribadimu yang Tak Perlu Diketahui Orangpexels.com/id-id/@abdghat

Beribadah dan melakukan sebuah hal yang baik adalah sebuah kewajiban yang harus dilakukan oleh semua orang. Bahkan, ada banyak pahala dan banyak balasan yang akan diberikan kepada orang-orang yang senantiasa melakukan ibadah atau berbuat baik kepada sesama manusia.

Namun, tidak sedikit dari mereka yang membicarakan kebaikan-kebaikan yang pernah mereka lakukan kepada orang banyak. Padahal, hal ini jelas-jelas sangat kurang baik. Takutnya, nanti ibadah kamu menjadi kurang ikhlas dan tidak mendapatkan pahala seperti yang kamu harapkan. So, ibadah dan amal baik, cukuplah hanya kamu dan sang pencipta saja yang tahu.

2. Sebuah rencana besar yang ingin kamu wujudkan

5 Hal Seputar Kehidupan Pribadimu yang Tak Perlu Diketahui Orangpexels.com/id-id/@cottonbro

Siapa bilang kalau rencana-rencana besar yang akan kamu lakukan boleh diceritakan kepada orang banyak? Justru, alangkah baiknya kamu simpan rapat-rapat rencana yang akan kamu lakukan ini, dari sepengetahuan orang lain.

Alasannya adalah supaya kamu bisa tetap fokus dalam mengejar mimpi atau rencana yang ingin kamu raih tersebut. Karena biasanya, akan ada banyak orang yang mencibir kamu dengan mimpi yang terlalu tinggi dan alhasil, membuat kamu menjadi takut untuk mewujudkan mimpi itu.

Jika memang harus ada yang mengetahui rencana besar tersebut. Usahakan bahwa orang-orang tersebut merupakan orang yang sangat dekat dengan kamu saja dan mintalah doa atau dukungan semangat dari orang-orang tersebut.

Baca Juga: 6 Hal Manis yang Datang Ketika Kamu Berlapang Hati dengan Kehidupan

3. Kisah hubungan asmara kamu dengan sang kekasih

5 Hal Seputar Kehidupan Pribadimu yang Tak Perlu Diketahui Orangpexels/guiverg-910810

Hampir semua orang yang mempunyai pasangan atau kekasih hati. Biasanya mereka akan sering sekali membagikan atau menceritakan kisah asmara mereka, melalui media sosial. Padahal, hal ini jelas-jelas sangat keliru dan bisa menimbulkan masalah-masalah yang bisa mempengaruhi keromantisan hubungan asmara kalian.

Jika memang kamu tetap ingin membagikan kisah asmara kamu di media sosial. Cobalah untuk mengetahui batasan-batasannya dari sekarang. Kamu dan pasangan pun, harus mempunyai privasi yang tidak boleh menjadi konsumsi publik. Misalnya, di saat kamu dan pasangan sedang mempunyai masalah, adegan romantis yang berlebihan, keburukan dari pasangan dan masih banyak lagi yang harus kamu simpan baik-baik.

4. Seputar masalah yang sedang keluarga kamu sedang hadapi

5 Hal Seputar Kehidupan Pribadimu yang Tak Perlu Diketahui Orangpexels.com/id-id/@harrisonhaines

Hubungan atau masalah keluarga pun, tidak kalah pentingnya untuk kamu rahasiakan dari banyak orang. Lagi pula, membicarakan keburukan atau masalah keluarga yang sedang dihadapi kepada orang lain, tidak akan ada manfaatnya. Justru, hal ini hanya akan membuat pandangan orang lain menjadi buruk terhadap keluarga kamu.

Tanpa kamu sadari anggota keluarga yang lain akan merasa dirugikan, jika kamu membicarakan masalah keluarga kepada orang lain. Kalau pun ada masalah, alangkah baiknya diselesaikan dengan baik-baik dan dengan cara kekeluargaan. Intinya, masalah dalam hubungan keluarga , hanya kamu dan anggota keluarga saja yang boleh tahu.

5. Seputar gaji atau pendapatanmu

5 Hal Seputar Kehidupan Pribadimu yang Tak Perlu Diketahui Orangpexels.com/id-id/@fauxels

Terakhir, seputar gaji atau seputar pendapatan kamu dari dari tempat kerja. Merasa bahagia dan merasa bangga dengan penghasilan dari kerja kerasmu merupakan hal yang wajar. Namun, jangan sampai kamu menceritakan nominal pendapatanmu kepada orang lain dan rekan kerja kamu. 

Gaji atau pendapatan merupakan rahasia bagi setiap orang. Maka, sangat tidak sopan jika kamu menceritakan gaji yang kamu dapatkan kepada teman atau bahkan, kamu yang bertanya seputar gaji yang teman kamu dapatkan. Bukan tanpa alasan, kebiasaan ini bisa menimbulkan rasa iri, membuat kamu menjadi haus akan pujian dan pastinya atasan kamu kurang suka dengan hal ini. 

Mulai dari sekarang, Ceritakanlah apa yang boleh kamu ceritakan kepada orang lain dan rahasiakanlah hal-hal di atas. Karena, takutnya akan berdampak negatif dan bisa menimbulkan sebuah masalah baru.

Baca Juga: 5 Manfaat Mengembangkan Sifat Dermawan dalam Kehidupan Sehari-hari

sandinugraha Photo Verified Writer sandinugraha

Kepoin aja dulu, Siapa tahu jodoh

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya