Comscore Tracker

5 Hal Penting yang Harus Dipelajari Pribadi Berkarakter Plegmatis

Pelajaran penting yang harus diketahui orang tipe plegmatis

Dalam ilmu psikologi, karakter manusia dibagi ke dalam empat golongan, yaitu koleris yang terkenal dominan, sanguis yang terkenal ceria, melankolis yang terkenal perfeksionis dan plegmatis yang terkenal baik hatinya. Namun demikian, masing-masing karakter ini memiliki sifat-sifat unggul dan sifat-sifat yang harus diperbaiki.

Seseorang yang berkarakter plegmatis memiliki hati super baik, tidak mudah marah, supel dan sejumlah karakter menyenangkan lainnya dan karenanya akan membuat orang-orang di sekitarnya merasa betah bergaul dengannya.

Namun, di balik sifat-sifatnya yang baik, seseorang berkarakter plegmatis sering melupakan hal-hal penting dari kehidupan yang sebenarnya akan merugikan masa depannya. Apa sajakah 5 pelajaran penting itu? Yuk simak penjelasannya seperti di bawah ini:

1. Belajar memasang target

5 Hal Penting yang Harus Dipelajari Pribadi Berkarakter Plegmatispexels/Rodnae Production

Seseorang dengan karakter koleris sering berorientasi pada visi dan misi yang tertarget sehingga seringkali dalam hidupnya mendapatkan pencapaian yang memuaskan. Hal ini berbanding terbalik dengan orang tipikal plegmatis yang cenderung santai dan hidup apa adanya. Sehingga, orang plegmatis sering melupakan bahwa hidup butuh visi dan misi yang tertarget untuk mencapai tujuan akhir seperti yang diinginkan. 

Jika kecenderungan ini tidak segera dihilangkan, maka akan membahayakan masa depan orang plegmatis ini. Dimana kelak orang-orang di sekitarnya sudah mencapai tujuan hidup dan cita-cita mereka, sementara si plegmatis masih "berenang dalam kolam mimpi".

2. Belajar menciptakan visi

5 Hal Penting yang Harus Dipelajari Pribadi Berkarakter Plegmatispexels/Luis Quintero

Orang dengan kepribadian plegmatis sering berada dalam situasi "zona nyaman" dan menjalani hidup apa adanya. Hal ini sering membuat si pecinta damai ini kehilangan visi dalam hidup sehingga kurang dalam hal motivasi diri. Hal ini berbanding terbalik dengan seseorang dengan karakter koleris yang berorientasi pada visi.

3. Belajar konsisten

5 Hal Penting yang Harus Dipelajari Pribadi Berkarakter PlegmatisPexels/Lukas

Plegmatis yang secara alam bawah sadar cinta damai ini, memiliki kecenderungan tidak konsisten. Hal ini dikarenakan orang plegmatis sulit membuat sebuah keputusan. Di sisi lain, dalam membuat sebuah keputusan orang plegmatis sulit berpikir secara matang.

Baca Juga: 5 Sifat Cowok Plegmatis Ini gak Pernah Gagal Bikin Orang Terpikat

4. Belajar tepat waktu

5 Hal Penting yang Harus Dipelajari Pribadi Berkarakter Plegmatispexels/Erik Mclean

Orang dengan karakter plegmatis secara alam bawah sadar memiliki pembawaan yang santai. Orang-orang dengan tipe ini cenderung santai hampir dalam segala hal, seperti santai dalam menyelesaikan masalah, santai dalam pencapaian target termasuk santai dalam hal waktu. Sehingga, jangan kaget jika orang tipe plegmatis susah datang tepat waktu.

5. Belajar percaya diri

5 Hal Penting yang Harus Dipelajari Pribadi Berkarakter Plegmatispexels/Snapwire

Tipe plegmatis memang terkenal dengan pembawaannya yang supel, mudah bergaul dan tipikal orang yang banyak disukai teman. Namun, siapa sangka orang dengan karakter plegmatis ternyata menyimpan rasa tidak percaya diri yang besar. Oleh, karena itulah orang dengan tipe kepribadian plegmatis cenderung lebih suka menjadi penonton yang pasif daripada pelaku yang aktif.

Nah, itulah 5 hal yang perlu dipelajari seseorang dengan karakter plegmatis. Pembentukan karakter umumnya berhenti hingga usia SMA. Sehingga, ada baiknya sesegera mungkin mengubah karakter-karakter negatif yang ada dalam diri kita sebelum menginjak usia SMA. Sebab, karakter-karakter negatif tidak akan memberi manfaat bagi masa depan kita.

Baca Juga: 5 Pandangan Tentang Cinta Ini Tunjukkan Kamu adalah Cewek Plegmatis

Sari rachmah Photo Writer Sari rachmah

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya