Comscore Tracker

5 Keuntungan Mendekorasi Ruangan dengan Tanaman Hias, Mood Booster!

Bikin adem mata dan pikiran, deh #IDNTimesLife

Mendekorasi ruangan dengan tanaman hias menjadi populer akhir-akhir ini. Selain berfungsi untuk menambah landscape ruang, mendekor dengan beragam tanaman hias juga bisa memberikan keuntungan lain. Terutama fungsinya buat menjernihkan pikiran kita. Mood booster, deh.

Banyak yang menjadikan tanaman sebagai aktivitas simpel di akhir pekan sebagai sarana refreshing. Walaupun hanya di dalam ruangan, nyatanya hijaunya dedaunan juga ampuh menambah nuansa kealaman. Sebelum terjun di dunia tanaman hias, berikut beberapa manfaat nyata menanam tanaman di ruangan.

1. Tanaman ampuh memurnikan udara dalam ruangan 

5 Keuntungan Mendekorasi Ruangan dengan Tanaman Hias, Mood Booster!Dekor ruangan (https://www.pexels.com/id-id/@max-artbovich)

Walaupun gak di luar ruangan, tapi kehadiran beberapa tanaman juga sangat baik untuk menghilangkan kandungan racun di udara. Selain itu, menambah dekor ruang dengan tumbuhan juga bisa meningkatkan kualitas udara juga, lho. Keren dan bermanfaat, deh. Wajib banget kamu coba.

Kamu bisa menanam beberapa tanaman hijau penghias ruangan, letakkan di meja kamar tidur untuk memperlancar sirkulasi udara. Kamu juga bisa menata beberapa tanaman hias di samping ruang keluarga. Walaupun hanya di dalam ruangan, yapi kamu tetap harus rutin menyiramnya, ya. Usahakan juga agar si tanaman juga tetap bisa mendapatkan cahaya untuk dia bertahan hidup.

2. Membantu meningkatkan mood 

5 Keuntungan Mendekorasi Ruangan dengan Tanaman Hias, Mood Booster!Dekor tanaman (https://unsplash.com/@srosinger3997)

Siapa sih yang gak suka dengan kesegaran tanaman, semua bakal suka. Karena secara tidak langsung, tanaman juga dapat memberikan efek positif pada suasana hati. Biasanya orang-orang juga melakukan aktivitas bercocok tanam di akhir pekan, sebagai sarana refreshing. Coba, deh.

Kamu bisa merawat beberapa tanaman favoritmu, siram setiap pagi. Ciptakan interaksi dengan si hijau untuk menciptakan suasana hati yang baik. Khususnya di pagi hari, di mana kita memerlukan tenaga dan mental lebih banyak. Kamu juga bisa menaruh beberapa tanaman di tempat yang sering kamu jumpai.

Baca Juga: 5 Tanaman Bunga Ini Cocok Bersanding dengan Tanaman Hias Indoor

3. Tanaman meningkatkan kelembaban 

5 Keuntungan Mendekorasi Ruangan dengan Tanaman Hias, Mood Booster!Dekor tanaman (https://www.pexels.com/id-id/@max-artbovich)

Sudah gak asing lagi, kan? Biasanya orang-orang akan menanam lebih banyak tanaman untuk meningkatkan kesegaran. Karena sebenarnya tanaman juga bisa membantu mengatur suhu di ruanganmu. Jadi makin teduh, deh.

Karena melalui proses fotosintesis, tanaman mengeluarkan uap air ke udara yang dapat membantu mendinginkan dan menghangatkan ruangan tergantung pada suhu. Di ruangan yang dingin, kelembapan tambahan membuat udara terasa lebih hangat karena udara lembab menahan lebih banyak panas. Sedangkan, di ruangan yang hangat, tanaman ampuh membantu meningkatkan kesejukan ruang.

4. Membantu meningkatkan kesehatan mental 

5 Keuntungan Mendekorasi Ruangan dengan Tanaman Hias, Mood Booster!Dekor tanaman (https://unsplash.com/@logannolin)

Banyak beberapa jenis tanaman yang bisa mengurangi kecemasan, mengurangi stres, bahkan mengurangi rasa depresi. Kamu bisa melihat beberapa manfaat jenis tanaman dari sumber terpercaya. Tanam beberapa tanaman yang bermanfaat bagi kesehatan mentalmu. Bermanfaat banget!

Letakkan tanaman di beberapa tempat yang sering kamu jadikan spot tersayangmu. Seperti kamar tidur, ataupun di ruang keluarga. Jika ruanganmu gak terlalu luas, cukup letakkan tanaman di pot kecil atau botol dengan isian air. Simpel banget, kan!

5. Sebagai dekorasi epik dan terjangkau 

5 Keuntungan Mendekorasi Ruangan dengan Tanaman Hias, Mood Booster!Tanaman ( www.pexels.com/id-id/@rachel-claire)

Daripada memakai dekorasi yang mahal dan belum tahu fungsinya, mendingan dekor saja dengan tanaman, deh. Selain terjangkau, tanaman juga bisa dikembang biakan menjadi lebih banyak lagi. Bisa memperluas dekorasi hijaumu, deh. Langsung tanam, yuk.

Kamu bisa menanamnya di pot keren, kemudian letakkan di meja tamu atau di sisi dinding dan jendela. Siram setiap pagi, atau tergantung kebutuhan tanamannya. Usahakan untuk tetap terkena pancaran cahaya, ya. Mudah, kan.

Itulah beberapa manfaat mendekor ruang dengan tanaman. Kebetulan selama pandemik, mendekor ruang dengan tanaman juga menjadi favorit. Kamu pasti juga tertarik, kan?

Baca Juga: 10 Tanaman Hias yang Cocok Dipajang di Balkon, bak di Tengah Hutan!

senja sandera Photo Verified Writer senja sandera

Seekor kupu yg sedang bermetamorfosa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya