Comscore Tracker

Ditinggal Orang Terkasih Selamanya, Lakukan 6 Hal Ini Supaya Bahagia

Dengan atau tanpamu hidup harus tetap berjalan 

Percayalah Tuhan tidak akan menguji hambanya melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Sekarang mungkin kamu sedang mengalami sedu sedan ditinggal oleh orang tercinta untuk selama-lamanya. Kepergiannya begitu mendadak sehingga tak ada lagi kesempatan untuk menciptakan kebahagiaan bersama, seandainya kita tahu mungkin akan memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya. Tapi, itu terlalu mustahil karena kita takaan pernah tahu kematian akan menjemput dan pergi membawanya kepada pangkuan Ilahi.

Setelah kesedihan melanda pasti akan terbitlah kebahagiaan itu, tentunya kita harus terus bersabar atas segala ujian yang mendera. Kesenangan tidak akan datang jika kita tidak mewujudkannya sendiri. Orang tersayang yang meninggalkanmu selamanya juga telah tenang sekarang di sana, dia hanya perlu doa bukan tangisanmu walaupun hal ini sangatlah wajar.

Untuk dapat menikmati hidup yang terus berjalan tanpa pernah mau berhenti sedikitpun, simak enam tips terbaik ini mengingat bahwa kita harus tetap terus melanjutkan hidup.

1. Kamu harus kuat, saya yakin kamu pasti bisa melewatinya!

Ditinggal Orang Terkasih Selamanya, Lakukan 6 Hal Ini Supaya Bahagiapexels.com/andrea piacquadio

Cara terbaik menerima suatu kesedihan dalam hidup adalah dengan mengikhlaskan yang sudah terjadi. Mempercayai bahwasannya semua memang sudah menjadi bagian dari perjalanan hidup kita. Pertemuan dan perpisahan sudah diatur dalam genggaman sang Kuasa. Ada yang datang, ada juga yang pergi.

Jika kamu memang butuh sendiri untuk menenangkan diri, it’s okay karena sifat orang-orang itu berbeda-beda dalam menyikapi masalah, yang terpenting kamu harus tabah dalam menjalani semuanya dan ikhlaskanlah semua yang telah terjadi. Cause everything’s gonna be ok and you must accept it.

2. Menjadi Lebih Rajin dalam Beribadah

Ditinggal Orang Terkasih Selamanya, Lakukan 6 Hal Ini Supaya Bahagiapexels.com/ali arapoğlu

Kadang Tuhan menegur kita dengan memberikan cobaan karena kita kurang dekat mungkin selama ini? Bisa jadi juga, kita sering melalaikan kewajiban yang sudah semestinya dikerjakan. Kematian mengajarkan bahwa hidup ini hanyalah “titipan” saja.

Dengan sering melakukan ibadah pasti hidupmu akan terasa berarti serta akan menambah amalan-amalan baik kamu. Ingatlah! Di saat kamu meninggal nanti tak ada satu pun yang kamu bawa kecuali dua hal ini, amal dan pertanggungjawaban.

Baca Juga: Semangat! Jangan Merasa Gagal Hanya Karena 5 Hal Ini

3. Menghargai setiap usaha orang lain

Ditinggal Orang Terkasih Selamanya, Lakukan 6 Hal Ini Supaya Bahagiapexels.com/artem beliaikin

Mungkin dulu kita jarang menghargai orang yang telah pergi selamanya, terlalu menyia-nyiakan keberadaannya. Sekarang, waktunya untuk berbenah diri menghargai pemberian ataupun usaha sekecil apa pun itu yang diberikan oleh orang lain.

Menyayangi orang-orang yang senantiasa hadir di sekelilingmu dan selalu ada untukmu. Setidaknya dengan mengucapkan kata “terima kasih” disertai dengan indahnya sebuah senyuman.

4. Rajin berbagi kepada orang yang membutuhkan

Ditinggal Orang Terkasih Selamanya, Lakukan 6 Hal Ini Supaya Bahagiapexels.com/tear cordez

Percayalah, dengan berbagi kepada orang lain kita pasti langsung akan merasa bahagia dan penuh syukur. Saling berbagi berarti mensyukuri nikmat yang telah diberikan oleh Tuhan, dan akan mendatangkan kebaikan pula untuk diri sendiri.

Oh iya, saling berbagi juga akan menambah jumlah saudara-saudara kita yang merupakan sebuah rezeki dari Tuhan. Berbagi terhadap sesama tentu akan membuat hidup ini lebih bermakna bukan?

5. Lakukan kegiatan favoritmu, kalau bisa seharian penuh!

Ditinggal Orang Terkasih Selamanya, Lakukan 6 Hal Ini Supaya Bahagiapixabay.com/free-photos

Misalnya seperti kamu hobi menyanyi, bernyanyilah sekencang mungkin kalau perlu hingga mata sembab atau sampai hilang suara kamu atau kamu hobinya makan, makanlah sesukanya dan hindari hal-hal yang justru malah membahayakan diri sendiri.

Dengan melakukan aktivitas yang kita sukai maka akan muncul kebahagiaan yang hadir dalam diri kita sendiri. Menjadi orang yang sangat berproduktif tentu akan melupakan betapa sedihnya cobaan yang menimpa kamu sekarang.

6. Sering kumpul bareng bersama keluarga, sahabat, ataupun saudara

Ditinggal Orang Terkasih Selamanya, Lakukan 6 Hal Ini Supaya Bahagiapexels.com/fox

Jika kamu merasa belum siap untuk keluar rumah, gak apa-apa kok asalkan kamu tetap menyakini bahwasannya semua makhluk di muka bumi ini pasti akan kembali lagi kepada Sang Pencipta. Percayalah bahwa dunia tidak seburuk yang kamu pikirkan, masih ada orang-orang yang sayang dan peduli kepadamu.

Apa salahnya untuk berkunjung kepada rumah saudara atau berjalan-jalan bersama sahabat, saling bertukar pikiran, pendapat, perasaan atau melakukan hal-hal yang menyenangkan seperti makan bersama atau traveling bareng percaya deh pasti hal tersebut akan melapangkan hatimu.

Memang membutuhkan waktu yang sangat lama untuk menerima luka abadi ini bahkan tak ada obat yang dapat menyembuhkan kecuali hanya bertemu dengan orang yang kita sayangi tersebut. Namun, akan sia-sia bukan jika kita terlalu berlarut lama-lama dalam kesedihan? kebahagiaan dan kesempatan untuk berbuat baik itu lewat begitu saja.

Sejatinya, manusia didesain untuk memaafkan tapi tidak untuk melupakan, bahkan tanpa harus berbuat apa-apa kita sudah dapat mengikhlaskan dan menerima, singkatnya hidup ini seperti komedi putar perlahan-lahan naik, pelan-pelan jua akan membumi.

Baca Juga: 5 Alasan Tepat Mengikhlaskan adalah Obat Sakit Hati Terbaik

Shafira Arifah Photo Writer Shafira Arifah

pagi hari jadi kutu beras, malamnya warga bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya