Comscore Tracker

5 Fakta Fatimah Az-Zahra, Putri Kesayangan Nabi Muhammad SAW

Sekaligus teladan bagi para wanita kini 

Sosoknya begitu lembut, cerdas, dan baik hatinya ialah putri terakhir junjungan kita Nabi Muhammad SAW dengan Khadijah binti Khuwailid, Fatimah az-Zahra. Beliau merupakan keturunan dari manusia agung dan suci, sehingga tak dapat dimungkiri akhlak mulia Fatimah menyerupai sifat dan perilaku terpuji ibu dan ayahandanya tercinta. 

Fatimah semasa hidupnya dikenal sebagai pribadi yang dermawan, taat kepada Allah, senantiasa menjaga kesuciannya, dan ia merupakan sosok wanita sekaligus istri yang sudah sepatutnya kita mengikuti jejaknya dalam mencari inayat serta petunjuk-Nya.

Lalu seperti apa rangkuman kisah perjalanan Fatimah, wanita yang dikaruniai berbagai macam keistimewaan yang langsung diturunkan oleh Allah SWT?  Simak berikut ini penjelasannya, ya.

1. Kehidupan masa kecil Fatimah

5 Fakta Fatimah Az-Zahra, Putri Kesayangan Nabi Muhammad SAWPexels/Janko Ferlic

Kelahiran Fatimah bertepatan pada tanggal 20 Jumadil Akhir atau sebelum ayahnya diangkat menjadi Rasulullah SAW. Semasa mengandung Fatimah, ayahnya sedang melakukan perjalanan 40 hari untuk menjalankan perintah Allah. Tepat pada hari kelahiran Fatimah, Rasulullah sangat begitu gembira mendengarnya, ia sangat bersyukur kepada sang Kuasa karena telah dihadirkan bayi perempuan yang begitu mulia akhlaknya kelak.

Khadijah telah berpulang ke pangkuan sang Ilahi, meninggalkan putrinya yang saat itu masih berumur 5 tahun. Tak hanya Rasulullah yang bersedih karena telah kehilangan istri yang amat dicintainya, Fatimah pun tak luput dirundung kesedihan atas meninggalnya ibunda tercinta.

Semasa kecil, Fatimah telah banyak melewati kegetiran hidup, beliau kerap kali dicaci oleh kaum Quraisy. Tetapi sebab itulah ia menjadi wanita yang tangguh dan pemberani dalam menghadapi cercaan dan hinaan dari kaum yang memusuhinya.

2. Wanita yang paling baik akhlaknya

5 Fakta Fatimah Az-Zahra, Putri Kesayangan Nabi Muhammad SAWmuslimcouncil.org.hk

Begitu mulianya putri Rasulullah, beliau senantiasa mengutamakan kepentingan orang lain ketimbang diri sendiri. Fatimah tak pernah pelit dalam berbagi atau sedekah kepada siapapun itu, meskipun mereka juga sedang dirundung kesulitan, akan tetapi tetap saja tangan Fatimah selalu terbuka bagi mereka yang sedang membutuhkan.

Alkisah, suatu hari Fatimah dan Ali kedatangan tamu yang sudah tua. Fatimah tidak merasa kenal dengan orang tua itu, lalu dia menjelaskan bahwa kini tengah dalam kondisi kelaparan dan tak memiliki sebuah baju, berharap semoga Fatimah memberikannya makanan dan pakaian. Padahal, Fatimah dan Ali pun juga sudah tiga hari tidak makan.

Kebaikan hatinya yang selalu terpancar, Fatimah menghasihaninya dengan memberikan kulit domba yang telah disamak biasanya digunakan sebagai alas tidur kedua putranya yaitu Hasan dan Husain.

Lalu, ia juga memberikan kalung yang berupa pemberian dari pamannya yaitu Hamzah bin Abu Thalib, untuk dijual agar orang tersebut mendapatkan suatu kebaikan yang lebih. Rasulullah yang mengetahui hal tersebut, menangis seketika dibuatnya.

Sungguh, betapa mulia akhlak Fatimah ia sangat terkenal dermawan, ramah pada kaum fakir, meskipun tengah berada di dalam kesulitan.

Baca Juga: Lahir di Bulan Rajab, Ini 5 Fakta Khalifah Ali yang Wajib Kamu Tahu! 

3. Mempunyai banyak julukan, tidak hanya Az-Zahra

5 Fakta Fatimah Az-Zahra, Putri Kesayangan Nabi Muhammad SAWPexels/Samuel Silitonga

Abu Abdillah berkata, “Fatimah memiliki sembilan nama di sisi Allah SWT yaitu, Fatimah, ash-Shiddiqah (wanita yang terpercaya), al-Mubarakah (wanita yang selalu kelimpahan berkah), ath-Thahirah (wanita yang suci), az-Zakiyyah (wanita yang senantiasa menjaga kesucian), ar-Radhiyyah (ridha atas apa saja yang telah ditetapkan), al-Mardhiyyah (orang yang diridhai), al-Muhaditsah (wanita yang menggunakan kata yang cermat), dan az-Zahra (yang berkilauan).

Adapun nama az-Zahra, hal ini berdasarkan pada hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas bahwa Rasulullah bersabda: “Sesungguhnya putriku Fatimah adalah penghulu kaum perempuan dari awal hingga akhir zaman. Fatimah adalah bidadari berwujud manusia, yang kapanpun mendirikan shalat di hadapan Tuhannya, sinarnya menyinari langit bagi para malaikat, seperti bintang-bintang menyinari manusia di bumi.”

Sungguh, patut diteladani untuk kita semua atas berbagai julukan terpuji yang Fatimah miliki.

4. Kisah romantika Fatimah az-Zahra dengan Ali bin Abi Thalib

5 Fakta Fatimah Az-Zahra, Putri Kesayangan Nabi Muhammad SAWislamicpreacher.org

Kisah cinta mereka sangat romantis, mereka saling memendam perasaan sejak lama hingga akhirnya cinta agung mereka dipersatukan oleh Allah SWT. Bahkan tiga diantara empat Khulafaur Rasyidin, yaitu Abu Bakar ash-Shiddiq, Umar bin Khaththab, dan Ali bin Abi Thalib menaruh perasaan pada Fatimah. Namun, sang ayah menolak secara halus permintaan Abu Bakar dan Umar bin Khaththab, sebab atas perintah Allah SWT dipilihlah Ali menjadi suami dari putri Rasulullah SAW.

Sesaat ingin mempersunting Fatimah, Ali kebingungan karena tidak memiliki harta yang dapat dijadikan sebagai mahar. Namun, Rasulullah sangat memberikan kemudahan bagi Ali. Pada akhirnya, berlangsunglah pernikahan mereka dengan mas kawin sebanyak 400 dirham yang didapati dari penjualan baju perangnya kepada Utsman bin Affan setelah dikurangi pembelian perlengkapan alat perkawinan.

Pernikahan mereka membuahkan empat orang anak di antaranya Hasan, Husein, Zainab, dan Ummu Kultsum. Selama menjalani hidup sebagai seorang ibu, Fatimah selalu menanamkan sikap budi pekerti luhur kepada anak-anaknya dan beliau juga tidak mengeluh dalam menjalani sulitnya kehidupan berumah tangga.

Pasangan ini tak pelak menjadi panutan bagi kita semua dalam mengarungi bahtera rumah tangga, karena selain harus berlandaskan kasih sayang antara satu dengan yang lain, juga harus mampu bertahan menghadapi berbagai kesulitan yang mendera. Inilah, yang menjadi problematika kehidupan rumah tangga kini.

5. Bentuk kasih dan cinta Fatimah kepada ayahandanya

5 Fakta Fatimah Az-Zahra, Putri Kesayangan Nabi Muhammad SAWPixabay/valentinusardo5

Selain sikap kedermawanannya yang begitu mengunggah hati para pembacanya, Fatimah juga merupakan sosok wanita yang sangat menyayangi keluarganya hingga umatnya sekalipun. Sepeninggal Khadijah, Fatimah lah yang menggantikan posisi sang ibunda. Begitu dekatnya Rasulullah SAW dengan Fatimah sehingga orang ada yang memanggilnya Ummu Abiha atau ibu dari ayahnya, sebab beliau yang senantiasa yang berada di sisi ayahnya itu.

Bentuk kasih dan sayang Fatimah kepada ayahnya yaitu salah satunya pada suatu ketika, Nabi Muhammad SAW sedang bersujud di Kabbah, namun begitu kejamnya kaum Quraisy ia melemparkan kotoran unta pada tubuh Rasulullah. Lalu, Fatimah membersihkan kotoran itu dan sekaligus ia marah atas perbuatan tak berbiadab itu.

Fatimah memiliki beragam keistimewaan dalam bersikap, karena beliau selalu menghabiskan waktu bersama ayahnya tersebut, dan juga Rasulullah selalu memberi pelajaran-pelajaran agar senantiasa tetap berada di jalan Allah SWT. Sikap dan perilaku Fatimah terbilang sama seperti Nabi Muhammad SAW, sebut saja seperti ketaatan beribadahnya, kesuciannya, sikap qanaah dan zuhud-nya, serta sabar atas berbagai cobaan dari Allah SWT.

Waktu telah tiba, Rasulullah kembali ke pangkuan sang Ilahi, Fatimah pun sangat berduka atas kehilangan sosok ayah yang sangat dicintainya itu. Tak berselang lama, Fatimah juga meninggalkan dunia ini untuk selama-lamanya menuju keabadian yang sesungguhnya. 

Itulah, tadi perjalanan hidup dari seorang Fatimah az-Zahra yang menjadi pembelajaran bagi kita semua, agar senantiasa tetap teguh menjalankan segala syariat Allah, bersikap baik kepada siapa pun itu tanpa mengenal harkat dan martabat serta selalu sabar dalam menjalani sukarnya kehidupan di dunia yang fana ini.

Baca Juga: 5 Fakta Aisyah, Istri Rasulullah yang Patut Diteladani Perempuan

Shafira Arifah Photo Verified Writer Shafira Arifah

...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya