Comscore Tracker

Apa itu Nunchi? Seni Membaca Pikiran dan Perasaan ala Orang Korea

Salah satu faktor Korea menjadi negara maju

Siapa sangka Korea yang dulunya sebuah negara kecil yang dijajah, kini dapat berdiri sendiri dan termasuk negara maju dengan beragam industri yang mendunia. Jika dilihat dari tahun berdirinya, Indonesia tiga tahun lebih dulu merdeka daripada Republik Korea. Namun, Korea sudah tergolong salah satu negara yang cukup berpengaruh di dunia. Hal ini tak lain dan tak bukan berkat salah satu warisan mereka yaitu nunchi.

Mirip seperti tata krama, nunchi yang baik akan membantu seseorang atau bahkan sebuah negara dalam menjalankan tujuan mereka dengan lancar. Penasaran penjelasan lebih lengkap mengenai nunchi? Yuk, disimak.

1. Makna nunchi

Apa itu Nunchi? Seni Membaca Pikiran dan Perasaan ala Orang Koreailustrasi makan bersama sepulang kerja (pexels.com/ELEVATE)

Dilansir buku dengan judul "NUNCHI, Seni Membaca Pikiran dan Perasaan Orang Lain", nunchi artinya 'tilikan-mata', atau seni waskita dalam menilai pikiran dan perasaan orang lain untuk menciptakan keserasian, kepercayaan, dan kedekatan. Nunchi  merupakan suatu seni untuk memahami apa yang orang-orang pikirkan dan rasakan dengan tujuan meningkatkan kualitas hubungan dalam hidup.

Sederhananya, dengan adanya nunchi,  kita dapat memperkirakan tindakan apa yang sebaiknya kita lakukan sesuai dengan kondisi yang terjadi. Sikap yang tepat pada waktu yang pas ini akan menjadikan hubungan kita dengan orang lain membaik hingga memudahkan kita dalam menjalin kerja sama.

2. Poin penting dalam nunchi

Apa itu Nunchi? Seni Membaca Pikiran dan Perasaan ala Orang Koreailustrasi jam alarm (pixabay.com/congerdesign)

Seringkali kita mendapati orang dengan kepribadian yang baik memilih untuk bersikap terlalu berhati-hati dan mengakibatkan mereka sedikit lebih lama untuk mengambil keputusan. Hal ini tidak sesuai dengan poin penting dalam nunchi yaitu kecepatan. 

Memiliki nunchi yang hebat artinya kita terus-menerus mengasah kemampuan memahami secara langsung apa yang orang lain pikirkan dan rasakan. Jika kita terlalu berhati-hati, bisa saja kesempatan yang di depan mata, hilang begitu saja.

3. Hal yang menghambat nunchi

Apa itu Nunchi? Seni Membaca Pikiran dan Perasaan ala Orang Koreailustrasi terlalu banyak berbicara (pexels.com/Keira Burton)

Nunchi  memang bukan hal yang dimiliki dengan begitu saja. Mereka yang memiliki kemampuan yang hebat dalam nunchi, juga mengalami proses demi memperoleh kemampuan membaca situasi dengan tepat. Banyak cara yang bisa diikuti salah satunya yaitu mengamati dengan cermat dan tidak terlalu banyak berbicara omong kosong. Namun, ada pula yang dapat menghambat nunchi diantaranya,

  • Berempati berlebihan
  • Lebih banyak berbicara ketimbang mendengarkan
  • Menentang sikap tertutup (introvert)
  • Terlalu individualis

Baca Juga: 5 Cara Melatih Pikiran untuk Melihat Sisi Positif dari Segala Hal 

4. Manfaat nunchi

Apa itu Nunchi? Seni Membaca Pikiran dan Perasaan ala Orang Koreailustrasi HRD melakukan interview (pexels.com/Tima Miroshnichenko )

Melihat bagaimana Korea Selatan yang kini menjadi salah satu pusat hiburan dan terkenalnya K-beauty  yang merambah ke dunia internasional merupakan salah satu manfaat yang cukup besar bagi negara Korea Selatan. Hal ini tak lepas dari kemampuan mereka bertahun-tahun yang lalu dalam mengamati pasar hiburan dan kecantikan yang sepertinya sangat berpeluang di masa medatang.

Sebagai seorang yang memiliki nunchi, banyak manfaat yang dapat diperoleh seperti terhindar dari orang jahat yang berkedok sebagai manusia biasa. HRD dengan nunchi  yang hebat pun dapat menyeleksi calon karyawan mana yang sangat berpotensi dan mana yang terlalu membanggakan diri namun tidak memiliki skill yang mumpuni. Tak sedikit juga orang yang dapat bertahan hidup dengan mengandalkan nunchinya ini.

5. Tokoh dengan nunchi yang hebat

Apa itu Nunchi? Seni Membaca Pikiran dan Perasaan ala Orang Koreailustrasi novel Sherlock Holmes (pixabay.com/bluebudgie)

Novel detektif karangan Sir Arthur Conan Doyle memang tak pernah berhenti membuat kita selalu bertanya-tanya mengenai tokoh utamanya yaitu Sherlock Holmes. Bagaimana mungkin ia bisa membaca asal dan pekerjaan seseorang hanya dengan melihatnya sekejap.

Dalam hal ini, Sherlock Holmes memiliki nunchi  yang hebat. Ia dapat membaca ruangan dan mengamati kondisi fisik dari orang yang ia temui. Kemudian menganalisa hingga langsung menarik sebuah kesimpulan terkait apa yang dapati. Semua ini ia lakukan dengan proses yang cepat dan cukup akurat. Kesimpulan yang ia peroleh pun berasal dari pengalamannya bertahun-tahun menghadapi beragam jenis manusia.

Mengetahui tentang banyaknya manfaat yang diperoleh dengan memiliki nunchi yang hebat, sebaiknya kita mulai mempertajam skill yang satu ini. Kamu bisa memulainya dengan membaca buku-buku self improvement seperti buku Euny Hong yang membahas mengenai nunchi.

Baca Juga: Self Healing, 5 Hal Ini Bisa Menenangkan Pikiran dari Stres

Shafira Raihana Photo Verified Writer Shafira Raihana

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya