4 Kiat Menjaga Diri agar Jauh dari Rasa Kecewa Berlebihan

Jangan sampai terjatuh dalam rasa kecewa yang berkepanjangan

Rasa kecewa tentunya akan kamu rasakan saat mengalami suatu kejadian yang menyakitkan. Namun walau seperti itu, kamu perlu segera mengatasi rasa kecewa tersebut agar gak semakin berlarut-larut dalam. Karena rasa kecewa yang berlebihan hanya akan memberikan dampak buruk yang gak baik bagimu. 

Seperti membuatmu menjadi mudah putus asa dan menyerah, serta membuatmu menjadi sulit bangkit dan enggan untuk berjuang kembali meraih apa yang kamu inginkan. Jika sudah seperti itu, maka kamu akan stuck di tempat dan gak berkembang. Nah untuk itu, kamu perlu menjaga diri dengan empat kiat ini agar gak mudah mengalami rasa kecewa yang berlebihan demi kebaikanmu. 

Baca Juga: 7 Alasan Orang yang Kecewa Memilih Diam, Tak Bisa Memaafkan?

1. Gak berekspektasi secara berlebihan

4 Kiat Menjaga Diri agar Jauh dari Rasa Kecewa Berlebihanilustrasi berekspektasi terlalu tinggi (pexels.com/Nathan Cowley)

Berekspektasi tinggi akan suatu hal merupakan hal yang wajar terjadi. Karena keinginan yang kamu miliki yang membuatmu menjadi berharap lebih. Namun, kamu perlu mengontrol hal tersebut dengan baik agar ekspektasi yang kamu miliki tetap pada batasnya. 

Karena ekspektasi yang berlebihan hanya akan membuatmu menjadi mudah kecewa saat apa yang kamu harapkan ternyata gak sesuai dengan kenyataannya. Maka jangan biarkan diri berekspektasi secara berlebihan agar kamu bisa menerima apabila keadaan yang ada di luar dari harapanmu. Sehingga dampak positifnya kamu akan jauh dari stres. 

2. Menyiapkan diri menerima risiko terburuk

4 Kiat Menjaga Diri agar Jauh dari Rasa Kecewa Berlebihanilustrasi bersikap siap atas apa yang akan terjadi (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Dalam setiap tindakan yang kamu ambil pasti ada risiko di belakangnya. Maka kamu perlu berpikir dengan panjang sebelum melakukan suatu tindakan demi meminimalkan risiko yang mungkin terjadi setelahnya. Namun besar kecilnya risiko tentunya gak bisa kamu prediksi dengan akurat. 

Maka kamu perlu menyiapkan diri dengan sebaik mungkin agar bisa menerima risiko yang terburuk sekalipun. Karena hal tersebut akan mencegahmu mengalami rasa kecewa yang berlebihan. Sehingga dampak buruk yang terjadi dari risiko tersebut gak akan membuatmu terpuruk dalam. 

dm-player

3. Melakukan pertimbangan dengan matang sebelum memutuskan

4 Kiat Menjaga Diri agar Jauh dari Rasa Kecewa Berlebihanilustrasi berpikir dengan matang sebelum mengambil keputusan (pexels.com/David McEachan)

Mengambil keputusan dengan tepat bukanlah hal yang mudah. Namun bukan berarti kamu gak bisa melakukannya. Nah, agar keputusan yang kamu ambil bisa menjadi solusi yang terbaik dari permasalahan yang sedang kamu hadapi. 

Maka kamu perlu mempertimbangkannya dengan matang sebelum mengambil keputusan. Jangan bertindak gegabah agar keputusan yang kamu ambil gak salah langkah dan membuatmu kecewa dalam. Kamu perlu mempertimbangkannya dengan sebaik mungkin agar bisa mencegah hal tersebut terjadi. 

Baca Juga: 4 Alasan Gak Perlu Kecewa Berlebihan ketika Menerima Penolakan 

4. Menyadari bahwa gak ada yang sempurna

4 Kiat Menjaga Diri agar Jauh dari Rasa Kecewa Berlebihanilustrasi berpikir dengan logis (pexels.com/Min An)

Berusaha menjadi yang sempurna bisa menjadi hal yang baik selama kamu melakukannya dalam batas yang wajar. Karena hal tersebut bisa menjadi pendorong yang kuat bagimu untuk bisa memberikan hasil yang maksimal dan terbaik. Yang terpenting kamu perlu menyadari bahwa gak ada yang sempurna di dunia ini, termasuk dirimu. 

Dengan menyadari kelemahan diri, kamu gak akan kecewa terlalu dalam ataupun menyangkal hal-hal buruk yang mungkin saja terjadi. Karena kamu tahu bahwa kekuranganmu tersebut juga bisa menjadi penyebabnya. Sehingga dampak positifnya kamu akan memperbaikinya agar di kemudian hari gak lagi mengalaminya. 

Mengekspresikan rasa kecewa memang perlu kamu lakukan agar bisa menjaga diri dan  meringankan beban yang kamu rasakan. Yang terpenting kamu gak tenggelam dalam rasa kecewa yang berlebihan agar gak terpuruk dalam. Nah, empat kiat di atas akan membantumu untuk melakukannya. 

Baca Juga: 5 Cara Ungkapkan Rasa Cemburu Tanpa Berlebihan, Jangan Gengsi!

Shella Rafika Sari Photo Verified Writer Shella Rafika Sari

Yuk semangat menulis!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Fajar Laksmita

Berita Terkini Lainnya