Comscore Tracker

5 Tips Mengatasi Rasa Minder, Jangan Pernah Meremehkan Dirimu Sendiri!

Hargai dirimu dengan tidak memandang rendah dirimu sendiri

Apakah kamu sulit bergaul dengan orang lain karena merasa gak percaya diri? Jika iya, maka rasa tidak percaya dirimu itulah yang membuatmu minder dan rendah diri hingga tak berani berinteraksi dengan orang lain. Jangan pernah merasa minder, apalagi karena pemikiranmu sendiri. Kamu bisa mengatasi rasa mindermu tersebut dengan lima tips ini. 

1. Ingat kelebihan dan bakat yang kamu miliki. Hal tersebut patut untuk kamu banggakan

5 Tips Mengatasi Rasa Minder, Jangan Pernah Meremehkan Dirimu Sendiri!ilustrasi bekerja (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Jangan selalu melihat dan menilai diri dari kekurangan dan kelemahan yang kamu miliki. Karena jika seperti itu, maka akan semakin membuatmu minder. Jauh lebih baik jika kamu mengingat kelebihan yang kamu miliki agar bisa meningkat rasa percaya diri di dalam dirimu. 

Apalagi jika kamu memiliki bakat yang tidak dimiliki oleh kebanyakan orang. Maka hal tersebut merupakan nilai tambahmu dan patut untuk kamu banggakan. Jangan tunjukkan kekurangan dan kelemahanmu. Tapi perkuat, asah dan kembangkan terus kelebihan dan bakat yang kamu miliki. Dengan begitu kamu akan menyadari bahwa kamu juga bisa berprestasi seperti halnya orang lain, sehingga kamu tidak perlu merasa minder. 

2. Belajarlah untuk bisa menghargai dirimu sendiri

5 Tips Mengatasi Rasa Minder, Jangan Pernah Meremehkan Dirimu Sendiri!ilustrasi melihat diri (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Mendiamkan rasa minder bersarang lama di dalam diri tentunya tidak baik untuk kamu lakukan. Karena hal tersebut hanya akan semakin membuatmu merasa tidak berharga dan tidak berdaya dalam memandang diri. Jadi, belajarlah untuk bisa menghargai diri dimulai dari dirimu sendiri. 

Kemudian lihatlah orang-orang yang berada di sekitarmu, seperti keluarga, sahabat terdekat atau pasangan yang menyayangimu. Mereka akan sedih dan kecewa saat kamu tidak bisa menghargai dirimu sendiri, sedangkan bagi mereka kamu merupakan orang yang sangat berharga.

Oleh karena itu, tingkatkan kepercayaan dirimu dengan menghargai diri demi dirimu sendiri dan orang-orang yang kamu cintai. Jangan kecewakan mereka karena pemikiranmu sendiri yang merasa rendah diri. 

Baca Juga: 5 Tips Merantau tanpa Beban, Jangan Minder dengan asalmu!

3. Ingat hal-hal yang berhasil kamu lewati dengan kemampuanmu sendiri hingga sampai di titik ini

5 Tips Mengatasi Rasa Minder, Jangan Pernah Meremehkan Dirimu Sendiri!ilustrasi berpikir (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Buang pikiran bahwa kamu lemah dan tidak lebih baik dari orang lain. Karena kamu bisa sampai di titik saat ini adalah dengan kemampuanmu sendiri. Jadi, ingatlah hal-hal yang berhasil kamu lewati secara mandiri tanpa campur tangan orang lain agar bisa memunculkan rasa percaya diri yang kamu miliki. 

Baik itu misalnya dalam hal pendidikan, karier maupun usaha yang sedang kamu rintis saat ini. Jika kamu bisa melewati setiap ujian, cobaan atau hambatan yang datang menghampiri hingga sekarang maka kamu bukanlah orang yang lemah. Hanya saja kamu yang tidak menyadari betapa kuatnya dirimu sendiri. Jadi, jangan pernah merasa minder, di mana sebenarnya kamu merupakan seorang pejuang yang tangguh di dalam hidup. 

4. Jangan hanya selalu melihat kesempurnaan orang lain. Apalagi sampai membandingkannya dengan diri sendiri

5 Tips Mengatasi Rasa Minder, Jangan Pernah Meremehkan Dirimu Sendiri!ilustrasi membandingkan diri (pexels.com/George Milton)

Cobalah untuk tidak selalu melihat betapa sempurnanya orang lain. Apalagi sampai membandingkannya dengan dirimu sendiri. Hal tersebut hanya akan membuatmu tidak percaya diri dan minder dibuatnya. Jauh lebih baik jika kamu mengingat bahwa sehebat apa pun orang lain pasti juga memiliki kekurangan, hanya saja mereka bisa menutupi kekurangannya tersebut. 

Nah jika orang lain saja bisa melakukannya, maka mengapa kamu tidak? Tutupi kekuranganmu dan perkuat kelebihanmu. Jangan selalu menganggap bahwa dirimu paling lemah atau tidak layak dibandingkan orang lain. Kemudian, berhentilah membandingkan dirimu dengan orang lain karena setiap orang memiliki kelebihannya masing-masing. 

5. Jauhkan dirimu dari orang yang suka mengkritik dan dekatkan diri dengan orang yang bisa memberikan pengaruh positif

5 Tips Mengatasi Rasa Minder, Jangan Pernah Meremehkan Dirimu Sendiri!ilustrasi teman positif (pexels.com/Alexander Suhorucov)

Salah bergaul juga bisa menjadi penyebab rasa minder yang kamu miliki. Seperti berteman dengan orang-orang yang suka sekali mengkritik dalam segala hal. Terutama kekurangan atau kelemahan yang kamu miliki. Semakin sering kamu berinteraksi dengan mereka, maka akan semakin menurunkan kepercayaan diri yang kamu miliki. Kata-kata yang mereka sampaikan dalam kritikan akan semakin membuatmu rendah diri dan tidak berguna, karena semua yang kamu lakukan seolah salah di mata temanmu itu. 

Oleh karena itu, jauhi dirimu dari orang-orang yang seperti itu agar bisa mengatasi minder yang kamu miliki. Kemudian jauh lebih baik untuk bergaul dengan orang yang bisa memberikan pengaruh positif padamu. Hal tersebut agar menghilangkan pikiran negatif pada dirimu sendiri. Teman yang positif akan selalu memberikan dukungan dan memotivasimi untuk terus berkembang tanpa menjelekkan kekuranganmu. Dengan begitu maka kepercayaan dirimu juga akan meningkat dengan sendirinya karena pengaruh positif dari orang-orang di sekitarmu. 

Jangan pernah merasa dirimu lemah ataupun tidak layak. Karena perasaan tersebut akan memicu rasa minder di dalam dirimu dan membuatmu menjadi tidak percaya diri. Jauh lebih baik jika kamu mensyukuri dan mengapresiasi hal-hal baik yang pernah kamu lakukan selama ini di dalam hidupmu. Namun jika rasa minder sudah terlanjur menghampiri, maka kamu bisa mengatasinya dengan lima tips di atas. 

Baca Juga: 5 Tips Gak Minder Saat akan Belajar Ilmu ke Orang yang Berpengalaman

Shella Rafika Sari Photo Verified Writer Shella Rafika Sari

.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya