Comscore Tracker

6 Trik untuk Bahagiakan Harimu, Biar Gak Gampang Stres!

Hiasi hari-harimu dengan rasa bahagia

Jika kamu perhatikan lingkungan sekitar, pasti kamu pernah melihat orang yang terlihat bahagia dalam menjalani kehidupan sehari-harinya. Karena kebahagiaan tidak selalu berpatokan dari materi dan kelebihan yang kamu miliki. Yaitu dengan melakukan enam trik ini, agar kamu bisa lebih bahagia dalam menjalani kehidupanmu Sehari-hari dan agar kamu juga gak gampang stres. 

1. Hentikan pikiran pesimis

6 Trik untuk Bahagiakan Harimu, Biar Gak Gampang Stres!ilustrasi berpikir (pexels.com/cottonbro)

Orang yang kamu pikir terlihat bahagia belum tentu dia tidak memiliki masalah. Bisa saja bahkan dia memiliki masalah yang mungkin lebih besar dari yang kamu hadapi. Hanya saja bedanya, dia tidak menjadikan masalah tersebut sebagai hal yang menghalangi kebahagiaannya.

Yaitu keyakinan bahwa dia bisa menyelesaikan masalah tersebut dengan baik dan dia juga tidak menjadikan masalah tersebut sebagai beban yang membuatnya tidak bisa merasa bahagia. 

Caranya? Tentu saja dengan sikap optimis bahwa dja bisa menyelesaikannya sehingga tidak mengganggu kehidupannya sehari-hari. Jadi, ciptakanlah kebahagiaanmu dimulai dari menghentikan pikiran-pikiran pesimis bahwa kamu tidak bisa menyelesaikan masalah di dalam hidupmu.

Yang namanya problematika dalam hidup pastinya ada, tinggal bagaimana kamu menyikapinya. Jadi, jangan berpikir pesimis dengan bersikap galau kalau kamu tidak bisa menyelesaikan masalah yang kamu miliki. 

2. Tidak memprioritaskan pendapat orang lain di atas pendapatmu sendiri

6 Trik untuk Bahagiakan Harimu, Biar Gak Gampang Stres!ilustrasi bicara dengan teman (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Dalam hidup bersosial tentunya pendapat orang sekitar perlu kamu pertimbangkan, apalagi jika pendapat tersebut membantumu agar menjadi pribadi yang lebih baik lagi atau dapat membantu perkembangan kariermu.

Yang terpenting adalah jangan pernah mengataskan pendapat orang lain di atas pendapatmu sendiri. Mengapa? Karena ada kalanya kamu tidak perlu terlalu berlebihan dalam menerima dan memperhatikan pendapat orang lain terhadap dirimu. 

Jika kamu terlalu khawatir dan memikirkan pendapat orang lain mengenai dirimu, maka akan membuatmu merasa tidak tenang, cemas, hingga akhirnya kamu berpikir ada yang kurang pada dirimu sendiri, baik itu dalam hal penampilan, kemampuan maupun hal lainnya.

Pikiran negatifmu akan semakin menggiring opini ke hal-hal yang bisa membuatmu justru tidak bahagia. Jika sudah seperti itu seolah kebahagiaanmu bergantung pada pendapat orang lain. 

Jadi, jangan pernah lakukan itu demi kebahagiaanmu sendiri. Cukup perhatikan pendapat orang yang benar-benar kamu sayangi dan menyayangimu dengan tulus, serta orang yang memikirkan kebahagiaanmu. Tidak perlu ambil pusing pendapat-pendapat negatif orang lain yang suka tidak berpikir panjang saat mengeluarkan opininya megenaimu. 

3. Tidak perlu ikut campur, apalagi sampai terlalu jauh terlibat dalam urusan orang lain

6 Trik untuk Bahagiakan Harimu, Biar Gak Gampang Stres!ilustrasi bicara dengan teman (pexels.com/Mikhail Nilov)

Jika orang lain memiliki masalah dan dia memintamu membantunya menyelesaikan masalah tersebut, maka kamu bisa mempertimbangkannya untuk ikut campur di dalam urusannya tersebut. Namun jika yang bersangkutan bahkan tidak meminta bantuanmu, maka kamu tidak perlu ikut campur, apalagi sampai terlalu jauh terlibat di dalam urusannya. Mengapa? Karena itu sama saja kamu yang mencari masalah. 

Bukankah kamu memiliki masalahmu sendiri yang harus kamu selesaikan? Lalu mengapa kamu harus ikut campur masalah orang lain, yang bahkan mereka tidak memintamu untuk membantunya. Apalagi jika dia tidak terima apabila kamu ikut campur urusannya, maka akan membuat hubunganmu dengannya menjadi retak. Jadi, cukup bahagiakan dirimu dengan memusatkan diri pada hidupmu sendiri. Sebisa mungkin cobalah untuk tidak terlibat jauh dan ikut campur di dalam kehidupan orang lain. 

Baca Juga: 6 Cara Menciptakan Kebahagiaan Kecil untuk Hidup yang Lebih Seru

4. Jangan pernah gantungkan kebahagiaanmu pada orang lain, termasuk pasanganmu sendiri

6 Trik untuk Bahagiakan Harimu, Biar Gak Gampang Stres!ilustrasi pasangan (pexels.com/Leah Kelley)

Jangan pernah gantungkan kebahagiaanmu pada orang lain, termasuk pasanganmu sendiri. Percayalah kamu bisa membahagiakan dirimu sendiri tanpa harus bergantung pada orang lain.

Jika kamu menggantungkan kebahagiaanmu pada orang lain, maka hal tersebut akan membuatmu menjadi posesif terhadap orang tersebut. 

Mengapa? Karena kamu akan selalu merasa cemas, was-was atau khawatir sumber kebahagiaanmu akan pergi suatu saat nanti kalau kamu tidak bisa menjaganya untuk tetap berada di sisimu.

Yang harus kamu sadari bahwa sejatinya kebahagiaan itu dapat kamu ciptakan dengan tanganmu sendiri, terlepas ada atau tidak adanya seorang pendamping di sampingmu. Kamu bisa meraih kebahagiaanmu sendiri di dalam hidupmu selama kamu menginginkannya. 

5. Jangan suka menyimpan dendam di dalam hati

6 Trik untuk Bahagiakan Harimu, Biar Gak Gampang Stres!ilustrasi kesal (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Tahukah kamu? Menyimpan dendam akibat sakit hati atau emosi negatif malah akan menghalangi kebahagiaanmu. Karena hal tersebut hanya akan membuatmu mengingat masa lalu dan berkutat pada kesulitan-kesulitan yang sedang kamu hadapi.

Jadi, jangan biarkan dirimu terpaku pada masa lalu, jangan biarkan dirimu tidak bisa lagi memandang hal-hal baik yang ada dan terjadi di sekitarmu. 

Memang tidak mudah untuk melakukannya, namun menyimpan dendam juga tidak baik untuk kesehatan mentalmu. Jauh lebih baik jika kamu perlahan-perlahan mencoba untuk memaafkan dan menerima hal-hal yang pernah terjadi.

Hal tersebut perlu kamu lakukan agar kamu tidak terhanyut atau berlarut-larut memikirkannya. Karena bisa saja mengubahmu menjadi pribadi yang negatif dalam memandang hal-hal yang terjadi di dalam hidupmu dan akhirnya malah membuatmu jauh dari kata bahagia. 

6. Jangan terlibat terlalu jauh dengan orang-orang yang bisa memberikan dampak negatif di dalam hidupmu

6 Trik untuk Bahagiakan Harimu, Biar Gak Gampang Stres!ilustrasi kumpul dengan teman (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Percayalah saat kamu sering berinteraksi dan menghabiskan banyak waktu dengan orang-orang yang suka berpikir negatif, maka kamu akan tertular seperti mereka, yaitu jadi suka berpikir negatif tentang dirimu sendiri dan kemampuan yang kamu miliki. Jika sudah seperti itu maka akan sulit bagimu merasa bahagia, karena kamu saja memandang negatif dirimu sendiri. Oleh karena itu, agar hal tersebut gak terjadi padamu, kamu harus bisa membatasi pergaulanmu dengan baik. 

Terutama pada orang-orang yang suka berpikir negatif. Usahakan untuk jangan terlibat terlalu jauh dengan orang-orang yang bisa memberikanmu dampak negatif di dalam hidupmu. Jadi, jika kamu ingin memiliki kebahagiaan di dalam menjalani hidup, kamu perlu memiliki sikap positif dan pola pikir optimis. Caranya tentu saja dengan memilih lingkungan pertemanan yang bisa mendukungmu memiliki sikap positif dan pola pikir optimis. 

Kebahagiaan akan kamu dapatkan saat kamu bisa menciptakannya sendiri di dalam hidupmu. Jangan berpikir bahwa kamu tidak akan bisa bahagia karena kekurangan yang kamu miliki atau karena kamu belum memiliki segalanya. Kamu bisa mencobanya dengan enam trik di atas, agar kamu bisa bahagia dalam menjalani hari-harimu dan jauh dari kata stres.

Baca Juga: 5 Ilusi Kebahagiaan yang Bikin Kamu Menderita, Apa Saja?

Shella Rafika Sari Photo Verified Writer Shella Rafika Sari

.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya