Comscore Tracker

Penting, 5 Kalimat Self-Talk Ini Bisa Jadi Motivasi Harianmu

Peluk dan beri semangat untuk dirimu yang sedang berjuang 

Kamu adalah teman terbaik untuk dirimu sendiri. Hari ini, coba pikirkan, kalimat apa yang sudah kamu ucapkan untuk dirimu? Pikiranmu adalah sumber dari emosi dan suasana hatimu. Tanpa kamu sadari, kamu mungkin sering mengatakan sesuatu pada dirimu sendiri atau melakukan inner dialogue dalam pikiranmu yang disebut self-talk. Ternyata, self-talk punya kekuatan ajaib untuk meningkatkan kepercayaan diri dan menjadikanmu lebih kuat dalam menghadapi kesulitan ataupun emosi negatif. 

Self-talk yang positif bukan berarti hanya melihat dan mengekspresikan hal-hal yang positif dan baik lalu berpura-pura jika semua baik-baik saja. Kamu perlu memahami situasi yang kamu hadapi untuk mencoba membuat perubahan ketimbang terus mengkhawatirkan dirimu yang merasa dalam masalah besar. Melakukan self-talk yang positif membutuhkan kemauan dirimu memberikan kelegaan, memahami, dan menyayangi dirimu sendiri. 

Nah, sebagai permulaan, bagaimana jika kamu melatih dirimu untuk mengucapkan 5 kalimat di bawah ini sebagai motivasi sederhanamu?

1. "Jika Semesta mendukung, maka kita akan bisa melalui ini"

Penting, 5 Kalimat Self-Talk Ini Bisa Jadi Motivasi Harianmutheguardian.com

Kadangkala, kamu sudah membuat rencana yang matang dan berekspektasi jika semua akan berjalan lancar sesuai rencana dan keinginanmu. Karena inilah, seringkali kamu menjadi khawatir atau kecewa ketika sesuatu tidak berjalan sesuai keinginan.

Dengan mengucapkan kalimat ini, kamu belajar untuk mengikhlaskan hal-hal yang terjadi di luar kendalimu, meskipun itu mungkin mempengaruhi hasil yang kamu perjuangkan. 

2. "Ini kesempatanmu untuk belajar dan bertumbuh menjadi lebih baik"

Penting, 5 Kalimat Self-Talk Ini Bisa Jadi Motivasi Harianmulifeoptimizer.org

Saat dihadapkan pada pilihan, kamu mungkin merasa takut jika kamu mungkin membuat kesalahan atau kegagalan. Kamu juga mungkin takut karena harus menghadapi suatu hal baru yang mengharuskan adanya perubahan dalam hidupmu.

Tapi, ketika kamu dapat melihat pilihanmu sebagai kesempatan untuk belajar dan bertumbuh menjadi pribadi yang lebih baik, kamu akan merasa lebih yakin untuk mengikuti kata hatimu tentang pilihanmu. Semangat, lawan rasa takutmu!

Baca Juga: 5 Self-Talk Positif yang Harus Kamu Biasakan saat Mengalami Depresi 

3. "Semua orang punya waktunya untuk berbunga"

Penting, 5 Kalimat Self-Talk Ini Bisa Jadi Motivasi Harianmubloomthis.co

Kamu mungkin merasa insecure setelah melihat media sosial teman-temanmu yang menunjukkan kehidupan mereka yang rasanya lebih baik dibanding dirimu. Pertanyaan "kapan" dan "mengapa" mungkin muncul dalam benakmu, mempertanyakan kapan perjuanganmu membuahkan kehidupan yang baik seperti mereka.

Tapi sebenarnya, semua orang punya waktunya untuk berbunga, tidak pernah lebih dulu atau terlambat. Kehidupan selalu baik untuk semua orang, jadi kamu juga akan memiliki apa yang memang menjadi buah perjuanganmu jika sudah waktunya.

4. "Terima kasih, aku bangga padamu. Kamu sudah bekerja keras."

Penting, 5 Kalimat Self-Talk Ini Bisa Jadi Motivasi Harianmustudyfinds.org

Ketimbang mengharapkan apresiasi dari orang lain yang mungkin tidak kamu dapatkan, mulailah dari dirimu sendiri untuk berterima kasih atas apa yang kamu lakukan hari ini. Kamu selalu berhak untuk menerima penghargaan atas apa yang bisa kamu lakukan hari ini.

5. "It's okay, ayo berjuang lagi esok hari."

Penting, 5 Kalimat Self-Talk Ini Bisa Jadi Motivasi Harianmuhk.asiatatler.com

Tidak ada manusia yang sempurna. Kegagalan dan kesalahan justru akan jadi guru terbaik dalam perjuanganmu. Meskipun merasa sedih dan kecewa, kamu tetap harus bersemangat dan tetap berjuang untuk hari esok. Kegagalan terbesarmu justru saat kamu berhenti berusaha. 

Jika bukan dirimu sendiri lalu siapa lagi? Jika tidak mulai hari ini kapan lagi? Perjuanganmu masih panjang dan mungkin tidak mudah, tapi kamu akan bisa melaluinya. Tetap semangat ya!

Baca Juga: 5 Pemikiran Sederhana yang akan Membantu Kamu dalam Meraih Impian

Sherin Flaurensia Photo Writer Sherin Flaurensia

A Bachelor Degree in Psychology who loves to write. Communicate with me on Twitter @sherin_flau and visit my personal blog on http://www.sherinflau.blogspot.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya