Comscore Tracker

Masih Belajar dari Rumah, Simak 5 Tips Menata Ruang Belajarmu!

Kenyamanan tentunya mempengaruhi konsentrasi belajar

Setelah hampir setahun menjalani pembelajaran dari rumah, mungkin beberapa dari kalian sudah mulai merasa bosan, nih. Selain mencoba berbagai strategi belajar yang baru, ternyata mengubah interior ruang belajar bisa dicoba, lho.

Mengutip Impressive Interior Design, penataan ruang yang baik akan menstimulasi konsentrasi dan koneksi terhadap suatu ruangan, termasuk ruang belajar. Kamu bisa memperhatikan warna, peralatan di dalam ruangan, maupun pencahayaan yang membantumu lebih berkonsentrasi selama sesi pembelajaran daring di rumah.

Berikut lima tips menata ruang belajar agar kamu bisa lebih fokus dan nyaman selama belajar di rumah.

1. Sesuaikan ukuran ruang belajar

Masih Belajar dari Rumah, Simak 5 Tips Menata Ruang Belajarmu!Homeartmania.com

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memilih ruang yang tepat sebagai ruang belajarmu. Jika kamu memutuskan untuk memiliki ruang belajar yang terpisah dari kamar tidur, pertimbangkan kebebasanmu untuk bergerak di ruang belajar.

Tentunya, ruangan yang terlalu sempit juga akan membuatmu kesulitan memilih furniture yang kamu perlukan di ruang belajar, seperti misalnya meja dan rak buku. Namun, jika akan belajar di kamar tidur, pertimbangkan dengan tepat berapa persen kamar tidurmu yang akan menjadi ruang belajar agar tetap merasa nyaman.

2. Warna ruang belajar

Masih Belajar dari Rumah, Simak 5 Tips Menata Ruang Belajarmu!Designcafe.com

Warna menjadi salah satu elemen yang mempengaruhi suasana hati seseorang. Kamu mungkin ingin menjadikan warna favorit sebagai warna dominan dari ruang belajar. Tapi, kamu juga bisa menambahkan warna-warna tertentu yang bisa membantumu lebih fokus selama pembelajaran daring. 

Warna merah dapat meningkatkan konsentrasi dan kewaspadaan, sedangkan warna hijau dapat mempertahankan stabilitas dan ketahanan serta membantu menciptakan lingkungan belajar yang tenang dan produktif. Jika tidak terlalu menyukai warna-warna tertentu, kamu dapat mengkombinasikannya dengan warna-warna lain yang terlihat cocok dalam ruang belajar. 

Kombinasi warna classic cream dan putih dapat memberikan suasana yang nyaman dan tenang, terutama jika kamu sering belajar hingga larut malam. Kombinasi dua warna ini juga dapat menyerap sinar matahari, sehingga kamu tidak membutuhkan terlalu banyak lampu tambahan di ruang belajar.

Kombinasi warna putih, abu-abu dengan lantai berwarna cokelat kayu, cokelat gelap dan abu-abu, atau biru dan cokelat dengan sedikit sentuhan warna putih, tampaknya cocok untuk memberikan suasana positif untuk sesi belajar daringmu. 

Baca Juga: Coba 6 Tips Ini untuk Meredakan Stres selama Masa Belajar Online

3. Pencahayaan

Masih Belajar dari Rumah, Simak 5 Tips Menata Ruang Belajarmu!Homeartmania.com

Pencahayaan yang baik untuk ruang belajar dapat membantumu mengurangi gejala mata lelah, terutama jika menggunakan banyak perangkat elektronik selama belajar daring.

Selain itu, kamu juga dapat menciptakan suasana ruang belajar yang nyaman dan menenangkan dengan memilih sumber pencahayaan yang tepat. Pilihlah lampu ruangan atau lampu belajar dengan temperatur yang hangat.

Cobalah memilih ruangan yang memiliki jendela sehingga memiliki pencahayaan alami yang baik di siang hari. Selain itu, pemandangan pepohonan, padang rumput hijau di ruang terbuka, atau taman di depan rumah juga bisa membuatmu lebih fokus dan produktif selama pembelajaran daring.

4. Furniture yang tepat untuk ruang belajar

Masih Belajar dari Rumah, Simak 5 Tips Menata Ruang Belajarmu!Homeartmania.com

Dekorasi berupa furniture untuk ruang belajar perlu disesuaikan dengan fungsi dan ukuran ruang belajarmu. Pilih beberapa furniture yang memerlukan ruang minimal jika ruang belajar berukuran kecil. Untuk ruang belajar, tentunya kamu membutuhkan beberapa rak penyimpanan untuk menyimpan buku dan tugas-tugas.

Pilihlah rak buku yang dapat diletakkan di bawah meja atau beberapa rak gantung yang dapat dipasang di tembok, sehingga lebih menghemat ruang. Ukuran meja yang akan digunakan untuk mencatat materi ataupun menempatkan laptop sebagai sarana pembelajaran daring juga sesuai dengan kebutuhan.

Kamu dapat memilih kursi dengan roda atau tanpa roda, tentunya dengan bantalan yang cukup nyaman agar dapat tetap fokus belajar daring dalam jangka waktu yang cukup lama. Bisa juga memilih kursi dengan sandaran di bagian belakang atau kursi yang juga menopang lehermu sesuai dengan kenyamanan. 

5. Tambahkan aksesoris favoritmu

Masih Belajar dari Rumah, Simak 5 Tips Menata Ruang Belajarmu!Designcafe.com

Setelah memastikan ruang belajar nyaman dengan space yang cukup lega, coba tambahkan beberapa aksesoris atau perlengkapan favorit sebagai bagian dari penyemangat. Kamu dapat menambahkan lukisan favorit, foto bersama teman-temanmu saat liburan sekolah, atau time schedule

 

Kamu bisa mulai melihat-lihat inspirasi desain ruang belajar untuk mulai mendesain ruang belajar yang nyaman. Tetap semangat belajar dari rumah, ya!

Baca Juga: 5 Tips agar Ruang Belajar Anak Terasa Aman dan Menyenangkan

Sherin Flaurensia Photo Writer Sherin Flaurensia

A Bachelor Degree in Psychology who loves to write. Communicate with me on Twitter @sherin_flau and visit my personal blog on http://www.sherinflau.blogspot.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya