Comscore Tracker

5 Alasan yang Membuatmu Tidak Boleh Berhenti Bersyukur, Catat Ya!

Jangan melulu melihat kehidupan orang lain

Terlepas dari berbagai ujian hidup yang menerpa, kamu masih memiliki banyak hal yang patut untuk disyukuri setiap harinya. Rasa syukur yang sudah diterapkan dapat mengubah perspektif manusia tentang makna kehidupan. Bersyukur bisa membuat kita lebih bahagia, lebih sehat dan lebih menikmati jalan hidup apa pun yang terjadi di masa depan.

Berikut beberapa alasan bahwa kamu tidak boleh berhenti mensyukuri nikmat hidupmu. Simak ulasannya di bawah ini, ya!

1. Memiliki tubuh yang sehat 

5 Alasan yang Membuatmu Tidak Boleh Berhenti Bersyukur, Catat Ya!ilustrasi wanita berolahraga (pexels.com/Cliff Booth)

Sebagian orang saat tertimpa musibah pasti pernah mendengar sebuah pernyataan "setidaknya kamu masih diberi kesehatan". Rasa syukur tidak hanya sekadar ucapan terima kasih atas nikmat diberi kesehatan. Lebih dari itu, ini adalah tentang sebuah penerimaan dalam hati dengan tulus dan penuh rasa sabar menjalani hidup. 

Memiliki kesehatan yang baik membuat kita bisa menikmati berbagai momen dalam hidup terutama bersama orang tersayang. Kamu bisa saja kehilangan momen berharga ketika jatuh sakit. Maka dari itu sudah saatnya kesehatan yang kamu miliki untuk dijaga, dinikmati dan selalu disyukuri.

2. Dikelilingi oleh orang-orang yang kamu sayangi

5 Alasan yang Membuatmu Tidak Boleh Berhenti Bersyukur, Catat Ya!ilustrasi bahagia bersama teman (pexels.com/Kindel Media)

Menghabiskan waktu bersama orang-orang tersayang adalah hal sederhana yang bisa memberimu kebahagiaan. Kamu tentu akan menyesal bila tidak memanfaatkan waktumu untuk berkumpul bersama orang tersayang. Tidak harus dengan hal yang mewah cukup lakukan hal-hal kecil yang bisa membuatmu bahagia seperti makan dan berlibur bersama.

Bahagia bersama orang tersayang bisa meningkatkan rasa syukurmu terhadap kehidupan. Hal itu karena mereka selalu ada untuk memberimu dukungan dan kasih sayang. Dikelilingi oleh orang tersayang juga dapat membantu membangun kepercayaan diri dan citra positif dalam dirimu. 

Baca Juga: 5 Kesalahan yang Sering Dilakukan saat Bersyukur, Gak Sepenuh Hati

3. Berada di lingkungan keluarga yang harmonis

5 Alasan yang Membuatmu Tidak Boleh Berhenti Bersyukur, Catat Ya!ilustrasi kebersamaan keluarga (pexels.com/Askar Abayev)

Hubungan keluarga yang harmonis memiliki banyak manfaat bagi satu individu maupun lingkungan sosial. Ikatan hubungan keluarga yang sehat dapat meningkatkan rasa saling memiliki dan menjaga kasih sayang antar anggota keluarga. Setiap orang pasti membutuhkan dukungan ketika melewati masa sulit dalam hidup. Orang terdekat yang akan membantu pertama kali tentu adalah keluarga. 

Keluarga adalah mereka yang menjadi satu-satunya tempat paling damai untuk pulang dan yang akan membantumu berkembang. Keluarga yang kamu punya mungkin tidak dapat melindungimu dari segalanya, tetapi mereka akan membantumu melewati masa-masa sulit dan meredakanmu dari berbagai macam masalah yang menerpa. Jadi, sudah sepatutnya kamu bersyukur bila memiliki hubungan keluarga yang baik karena itu tidak akan bisa ditukar dengan apa pun. 

4. Bisa melakukan banyak hal yang kamu senangi

5 Alasan yang Membuatmu Tidak Boleh Berhenti Bersyukur, Catat Ya!ilustrasi melakukan hobi (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Ketika kamu melakukan suatu hal yang kamu senangi, kamu tentu akan memiliki dorongan motivasi yang baik setiap harinya. Beban hidup yang berat bisa terasa ringan dan kamu terus terpacu untuk menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan tenggang waktu yang ada. Ini adalah suatu berkah dan nikmat yang harus disyukuri.

Hidup yang kamu jalani seharusnya bisa membuatmu memiliki rasa emosional yang baik. Menjalaninya sesuai dengan keinginan dan yang kamu suka bisa membantumu menikmati kehidupan karena kebahagiaan tidak harus selalu dinilai dengan harta. Ketika kamu termotivasi oleh dirimu sendiri kamu tentu akan melakukan yang terbaik dalam hidupmu.

5. Memiliki kesempatan untuk berbagi kepada orang lain

5 Alasan yang Membuatmu Tidak Boleh Berhenti Bersyukur, Catat Ya!ilustrasi wanita berbagi kebahagiaan (pexels.com/Anna Shvets)

Berbagi kepada sesama memberikan kebahagiaan tersendiri bagi yang melakukannya. Berbagi juga membantu kita meningkatkan rasa syukur atas kehidupan yang kita jalani. Ketika kamu mengungkapkan rasa syukur terima kasihmu baik dalam perkataan maupun tindakan berarti kamu telah membangun citra yang positif dalam dirimu sendiri. 

Selain itu berbagi juga dapat memperkuat hubungan antar teman, saudara maupun keluarga. Penelitian juga membuktikan bahwa berbagi dalam segala hal adalah cara paling ampuh untuk membuat hidupmu lebih bahagia. Sekalipun dengan hal sederhana seperti berbagi senyuman kepada orang lain tentu akan berdampak baik bagi keduanya. 

Banyak hal tak terduga yang akan terjadi ketika kamu meningkatkan rasa syukurmu setiap hari. Semakin kamu bersyukur maka kamu juga akan semakin bahagia dan menikmati setiap momen dalam hidup. Jadi tidak ada alasan lagi untukmu mengeluh dan tidak bersyukur, ya!

Baca Juga: 7 Hal Sederhana Ini Membuat Sahabat Bersyukur Memilikimu

Sheyna R Photo Writer Sheyna R

good things take time

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya