Comscore Tracker

10 Monster Batin yang Harus Diwaspadai, Hambat Kemajuan Hidup

Kenali dan singkirkan itu mulai dari sekarang!

Kebanyakan dari kita tidak menyadari bahwa perasaan negatif sering kali lebih menonjol daripada perasaan positif. Perasaan negatif yang terakumulasi dan dilakukan terus menerus dapat kita sebut sebagai monster batin. Monster batin inilah yang sering kali menghambat seseorang untuk maju dan berhasil dalam hidup. Ingin tahu ada monster batin apa saja yang ada pada dalam diri kita? Jika iya, simak 10 monster batin yang harus diwaspadai di bawah berikut!

1. Keraguan

10 Monster Batin yang Harus Diwaspadai, Hambat Kemajuan Hidupilustrasi wanita yang terlihat ragu dan sedih (pixabay.com)

Salah satu monster batin yang membatasi diri paling kuat adalah keraguan. Rasa ragu membuat seseorang tidak yakin tentang potensi yang ada pada dirinya sendiri. Keraguan telah menghantui sebagian besar banyak orang dan menghancurkan mimpi.

Keraguan adalah salah satu alasan utama orang tidak pernah mengambil langkah untuk melakukan sesuatu yang berharga dalam hidup mereka. Keraguan membuat mereka melakukan sedikit atau menghindari melakukan apa pun. Singkirkan keraguan yang kamu miliki atau jika tidak maka kamu tidak akan pernah melakukan sesuatu yang berharga pada hidupmu.

2. Takut

10 Monster Batin yang Harus Diwaspadai, Hambat Kemajuan Hidupilustrasi anak kecil yang sedang ketakutan (pixabay.com)

Rasa takut adalah monster batin lain yang kita ciptakan sendiri untuk diri kita sendiri yang pada akhirnya membatasi kita untuk maju dalam hidup. Ini adalah pemikiran yang dipaksakan sendiri yang menunjukkan bahwa segala sesuatunya akan buruk atau tidak akan berjalan dengan baik.

Karena perasaan ini, sering kali banyak proyek besar tidak pernah dimulai. Pada akhirnya, hidup kita hanya stagnan di situ saja karena kita tidak berani memulai atau takut akan rasa sakit dan hal yang tidak sesuai ekspektasi. Inilah saatnya untuk menghadapi ketakutan yang ada pada dirimu, menghadapinya membuat kamu dapat mengatasinya.

3. Penundaan

10 Monster Batin yang Harus Diwaspadai, Hambat Kemajuan Hidupilustrasi wanita yang bermain HP sambil berbaring (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Selain ragu dan takut, salah satu monster batin yang menghambat orang mencapai apa pun dalam hidup, yakni penundaan. Penundaan adalah cara orang menanggapi impuls untuk menyelesaikan sesuatu yang baik dengan lambat atau membuatnya terlambat.

Banyak orang ragu-ragu tentang apa yang seharusnya mereka lakukan ketika mereka masih muda sampai mereka tidak memiliki kekuatan lagi untuk melakukannya. Jika kamu terus menunda, kamu mungkin tidak akan pernah bisa melakukannya lagi. Kamu perlu membunuh monster batin ini dengan mengambil tindakan segera.

4. Kepercayaan diri yang rendah

10 Monster Batin yang Harus Diwaspadai, Hambat Kemajuan Hidupilustrasi wanita yang menutup wajahnya (pexels.com/Godisable Jacob)

Ketika orang tidak tahu siapa mereka yang sebenarnya dan apa yang bisa mereka lakukan, mereka sering kali akan memiliki kepercayaan diri yang rendah. Orang-orang dalam kategori ini hanya mengabaikan kemungkinan apa yang bisa keluar dari mereka. Jadi, mereka tidak pernah melihat diri mereka melakukan sesuatu yang berharga ataupun sebagai sesuatu yang berharga.

Beberapa juta orang di seluruh dunia tidak pernah mencoba sesuatu yang berharga karena merasa diri rendah. Jika kamu salah satunya, inilah saatnya untuk bangkit dan mengumpulkan kembali rasa percaya diri. Ubah cara pikirmu dan hargailah dirimu sendiri.

5. Rasa sulit mengampuni

10 Monster Batin yang Harus Diwaspadai, Hambat Kemajuan Hidupilustrasi wanita yang sedang kesal (pexels.com/David Garrison)

Selama kita adalah manusia, kita akan selalu memiliki seseorang yang akan menyinggung kita maupun kita yang akan menyinggung orang. Ketika ada orang menyinggung kamu, kamu harus belajar untuk melepaskan dan memaafkan karena itu adalah hal terbaik yang harus dilakukan untuk memberi ruang bagi kreativitas kamu.

Ketika kamu menahan orang di penjara hati kamu karena kesalahan yang pernah mereka lakukan kepadamu, kamu sebenarnya juga berada di penjara itu bersama mereka. Tidak mau mengampuni membuat kamu menutup diri sedangkan orang yang kamu benci itu telah melanjutkan hidup mereka. Pada akhirnya, kamu akan segera menyadari bahwa kamu adalah satu-satunya yang tertinggal.

Baca Juga: 5 Dampak Positif yang Datang setelah Memaafkan Kesalahan Orang Lain

6. Kebencian

10 Monster Batin yang Harus Diwaspadai, Hambat Kemajuan Hidupilustrasi wanita yang menatap benci (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kebencian adalah ketidaksukaan yang intens terhadap seseorang atau sesuatu. Kebencian sering muncul karena apa yang mungkin telah dilakukan seseorang atau sekelompok orang padamu di masa lalu. Biasanya hal ini akan memicu sikap tidak memaafkan secara ekstrem.

Banyak yang tidak tahu bahwa kebencian adalah racun yang dapat membunuh kreativitas. Kebencian akan membuat kamu kehilangan orang yang seharusnya dapat menjadi daya ungkit kamu. Lepas dari penjara kebencian. Siapa pun yang menyakitimu, maafkan saja, bertemanlah dengannya dan move on!

7. Alasan 

10 Monster Batin yang Harus Diwaspadai, Hambat Kemajuan Hidupilustrasi wanita yang tidak semangat (pexels.com/Liza Summer)

Beberapa orang akan selalu memberikan alasan mengapa mereka tidak bisa melakukan sesuatu. Mereka tidak akan pernah melihat alasan mengapa mereka harus melakukannya.

Alasan adalah cara lain bagi orang-orang yang tidak serius dan malas untuk mengelak dari suatu pekerjaan atau menghindar dari tanggung jawabnya. Ini adalah jalan yang paling banyak dilalui oleh banyak orang, tetapi itu juga adalah jalan menuju kehancuran. Kamu perlu menghilangkan kebiasaan ini dan menyadari bahwa kehebatan tidak pernah datang dengan membuat alasan.

8. Gangguan

10 Monster Batin yang Harus Diwaspadai, Hambat Kemajuan Hidupilustrasi wanita yang sedang tidak fokus (pexels.com/Pixabay)

Gangguan adalah pencuri perhatian. Mereka mencuri perhatian dan kreativitas dari apa yang penting per waktu. Apa pun yang menarik perhatian kamu sudah ada di dalam diri kamu, itulah mengapa gangguan adalah monster batiniah.

Sesuatu yang tidak menarik bagi kamu tentu tidak akan pernah bisa menarik perhatian kamu. Jadi, perbaiki gangguan yang ada padamu. Gangguan atau distraction adalah benih yang kamu tanam dalam diri kamu yang tumbuh untuk menghalangi tujuanmu.

Jika kamu benar-benar fokus pada tujuan, kamu tidak boleh terganggu karena fokus membutakan kamu terhadap semua hal lain di sekitarnya. Tetap fokus dan kamu dapat terhindar dari monster batin ini.

9. Rasa puas

10 Monster Batin yang Harus Diwaspadai, Hambat Kemajuan Hidupilustrasi pria yang sedang memegang trofi (pexels.com/RODNAE Productions)

Rasa puas adalah tingkat di mana seseorang tidak lagi termotivasi, tergerak, atau mau menekan lebih jauh dalam mengejar hal-hal besar. Mereka hanya merasa telah melakukan cukup. Ini adalah titik berbahaya bahkan jika kamu telah berhasil mencapai beberapa tujuan sebelumnya.

Artinya tidak ada lagi cita-cita atau tujuan yang hendak dicapai. Jika ini adalah yang kamu rasakan sekarang, itu adalah monster batin yang harus kamu bunuh dengan cara apa pun. Beri dirimu untuk istirahat dan mengunjungi lingkungan baru untuk mendapat ide-ide baru.

10. Imposter syndrome

10 Monster Batin yang Harus Diwaspadai, Hambat Kemajuan Hidupilustrasi wanita yang sedang sedih (pexels.com/Austin Guevara)

Hampir mirip dengan low self esteem, namun bedanya adalah orang dengan imposter syndrome cenderung merasa dirinya tidak pantas dan adalah seorang penipu atas keberhasilan dan prestasi yang ia raih. Imposter syndrome adalah kondisi di mana seseorang merasa tidak pantas atau tidak layak meraih kesuksesan yang dicapainya.

Kalau kamu memiliki sindrom ini, maka buang jauh-jauh perasaan tersebut. Kamu layak untuk berhasil! Selama yang kamu kerjakan adalah hal yang benar dan murni hasil kerja kerasmu dengan cara yang tepat, kamu berhak berbangga atas pencapaianmu.

Sekarang saatnya bagi kamu untuk mengintropeksi diri. Manakah dari 10 monster batin di atas yang kamu miliki saat ini? Kalau kamu sudah mengetahui monster batin apa saja itu yang menghalangi kemajuan hidup kamu, sudah saatnya bagi kamu untuk bangkit dan berbenah diri!

Baca Juga: Mengenal Imposter Syndrome: Apakah Sukses adalah Keberuntungan?

Sintya Yoo Photo Verified Writer Sintya Yoo

nothing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya