Comscore Tracker

5 Alasan Mengapa Orang Berhati Baik Hidup Lebih Bahagia 

Hidup bahagia, umurnya juga lebih panjang

Orang-orang dengan hati yang baik akan menjalani kehidupan yang lebih bahagia dan lebih bermanfaat. Coba pikirkan tentang itu. Jumlah orang yang hidupnya dipenuhi kegembiraan mungkin kurang dan apa sebabnya? Percayakah kalian jika menjadi orang baik dan berbuat kebaikan bisa mengubah hidup yang tadinya suram menjadi lebih bahagia?

Berikut adalah lima alasan mengapa orang berhati baik cenderung hidup lebih bahagia dibanding yang lain.

1. Menjadi baik meningkatkan kebahagiaan

5 Alasan Mengapa Orang Berhati Baik Hidup Lebih Bahagia ilustrasi perempuan memakai mahkota bunga (unsplash.com/Anthony Tran)

Bayangkan betapa berbedanya dunia ini jika orang-orang secara otomatis membantu mengangkat belanjaan milik warga lanjut usia, membuka pintu untuk ibu yang tengah menggendong bayinya, dan melakukan tindakan kebaikan lainnya tanpa alasan lain selain untuk merasakan kehangatan dan kebahagiaan yang dibawanya. Ketika kalian melakukan sesuatu untuk orang lain, hal itu akan memberikan kalian perasaan puas tersendiri.

2. Hanya berfokus pada hal-hal baik di sekitar 

5 Alasan Mengapa Orang Berhati Baik Hidup Lebih Bahagia ilustrasi perempuan serius (unsplash.com/Allef Vinicius)

Berapa kali kalian melihat kebaikan di sekitar kalian? Mungkin kalian melihat ada keran yang bocor di rumah kalian, karpet yang sudah rusak, dan lampu yang perlu diganti. Namun, hati yang baik dan orang yang bahagia akan bersyukur mereka memiliki tempat untuk berlindung dari terik dan hujan. Kalian dapat menyebarkan kebaikan kepada orang lain ketika kalian melihat berkat yang kalian miliki dan memikirkan mereka yang kurang beruntung.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Validasi Orang Tak Bikin Hidup Bahagia

3. Meluangkan waktu untuk menikmati hal-hal sederhana

dm-player
5 Alasan Mengapa Orang Berhati Baik Hidup Lebih Bahagia ilustrasi perempuan tersenyum (unsplash.com/Pradeep Ranjan)

Orang yang baik senang menikmati hal-hal sederhana. Mereka menemukan kedamaian dalam aroma memabukkan dari sebatang mawar atau keindahan pelangi setelah hujan yang lebat. Mereka bisa membawa semua orang ke dalam kehidupan sederhana mereka.
Orang-orang ini cenderung santai dan tidak membiarkan kesenangan paling sederhana dalam hidup terlewatkan begitu saja.

4. Memaafkan dengan mudah

5 Alasan Mengapa Orang Berhati Baik Hidup Lebih Bahagia ilustrasi perempuan serius (unsplash.com/ Korie Cull)

Hati mereka yang penuh pengampunan terlihat ketika kesulitan datang dalam hidup. Orang-orang ini biasanya tidak memendam dendam atau marah terlalu lama. Mereka mudah memaafkan dan melupakan masa lalu karena mereka tidak ingin membiarkannya mempengaruhi masa depan mereka.

5. Tidak pernah berhenti mengejar mimpi

5 Alasan Mengapa Orang Berhati Baik Hidup Lebih Bahagia ilustrasi perempuan tersenyum (unsplash.com/Leohoho)

Hanya karena orang yang baik ingin membantu orang lain, bukan berarti mereka berhenti mengejar mimpinya. Orang-orang ini seringkali memiliki motivasi yang tinggi. Mereka dapat menetapkan tujuan dan memastikan bahwa mereka akan mencapainya. Ketekunan dan semangat mereka menarik perhatian orang lain.

Setiap hari saat kalian bangun dari tempat tidur, kalian membuat pilihan. Salah satunya adalah memilih apakah kalian akan hidup bahagia atau sedih. Kalian memiliki kekuatan untuk mengubah seluruh hidup kalian hanya dengan mengubah pola pikir yang ada. Jadilah orang baik yang melakukan kebaikan setiap harinya, meskipun itu kecil, tetapi bagi orang lain bisa saja itu merupakan perbuatan yang besar dan bermakna.

Baca Juga: 5 Upaya Dapatkan Ketenangan untuk Hidup Bahagia

YOOL Photo Verified Writer YOOL

Focus on me, like a meditation.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya