Comscore Tracker

5 Dampak Positif yang Akan Kamu Rasakan saat Berhenti Overthinking

Overthinking merupakan kebiasaan buruk!

Di zaman sekarang, sepertinya overthinking sudah menjadi suatu kebiasaan yang dilakukan oleh banyak orang. Pengertian overthinking secara umum merupakan suatu perilaku atau kebiasaan seseorang memikirkan segala sesuatu secara berlebihan. Mereka terlalu memikirkan berbagai macam kemungkinan di masa depan yang bahkan belum tentu terjadi.

Dilihat dari pengertiannya saja, overthinking termasuk kebiasaan buruk yang tentu membawa banyak dampak negatif. Oleh karena itu, sudah seharusnya kebiasaan ini ditinggalkan.

Saat berhasil melakukannya, maka kamu akan mendapatkan banyak manfaat dalam hidupmu seperti yang akan dijelaskan dalam artikel berikut ini. Simak ya.

1. Hidup lebih tenang dan bahagia

5 Dampak Positif yang Akan Kamu Rasakan saat Berhenti Overthinkingilustrasi perempuan tersenyum bahagia (pexels.com/mellamed)

Kebiasaan overthinking membuatmu terus mengalami kegelisahan. Akhirnya kamu pun menjadi sulit menemukan ketenangan dalam hidup.

Lain halnya jika kamu berhasil meninggalkan kebiasaan tersebut. Kamu akan menjadi lebih santai menjalani kehidupan. Bagaimana pun keadaan masa depan nanti, itu tidak terlalu kamu pikirkan. Yang terpenting kamu selalu mengusahakan yang terbaik.

2. Hidup menjadi lebih tertata

5 Dampak Positif yang Akan Kamu Rasakan saat Berhenti Overthinkingilustrasi perempuan bekerja dengan ponsel dan laptop (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Overthinking membuatmu sulit memikirkan segala sesuatu dengan jernih. Melakukan overthinking artinya kamu hanya menghabiskan waktu untuk melakukan kegiatan yang tidak bermanfaat.

Tapi jika kamu sudah berhasil meninggalkan kebiasaan overthinking, kamu akan memiliki waktu untuk melakukan hal-hal yang lebih berguna. Salah satunya menyusun rencana-rencana hidup ke depan agar lebih tertata.

Baca Juga: 5 Kebiasaan yang Memicu Kamu Sering Overthinking, Yuk, Hentikan!

3. Lebih fokus menjalankan aktivitas

5 Dampak Positif yang Akan Kamu Rasakan saat Berhenti Overthinkingilustrasi perempuan sedang bekerja (pexels.com/Antoni Shkraba)

Terbiasa overthinking membuat pikiranmu hanya akan terfokus pada hal itu saja. Akibatnya, kamu menjadi lebih sulit fokus pada aktivitas lain yang lebih penting. Pekerjaanmu pun akan terhambat.

Jika kamu ingin mengembalikan fokusmu, maka tidak ada cara yang lebih tepat selain menghilangkan kebiasaan overthinking. Mulai sekarang sibukkan saja dirimu untuk berusaha mencetak berbagai prestasi yang membanggakan.

4. Kamu tidak membuang-buang waktu

5 Dampak Positif yang Akan Kamu Rasakan saat Berhenti Overthinkingilustrasi perempuan memegang ponsel (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kamu mungkin tidak sadar bahwa overthinking cukup banyak menghabiskan waktu. Rasanya hanya sebentar, tapi siapa sangka jika overthinking adalah kebiasaan buruk yang mengambil banyak waktu berhargamu.

Waktu milikmu pun terbuang sia-sia lantaran tidak memberikan banyak manfaat pada kehidupanmu. Namun jika kebiasaan buruk tersebut berhasil kamu tinggalkan, maka itu dapat menghemat waktu yang kamu miliki dan dapat digunakan untuk melakukan kegiatan yang lebih bermanfaat.

5. Mampu menerima bahwa realita tidak selalu sesuai ekspektasi

5 Dampak Positif yang Akan Kamu Rasakan saat Berhenti Overthinkingilustrasi perempuan duduk di sofa (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Biasanya orang-orang jadi overthinking karena takut jika keadaan di realita tidak sesuai dengan ekspektasi yang telah dia bangun dalam pikirannya. Rasa takut ini mengakibatkan kamu sulit bertumbuh dan berkembang karena takut mencoba.

Agar overthinking hilang, pertama harus kamu sadari bahwa di dunia ini tidak semua hal yang terjadi harus sesuai dengan keinginanmu. Jika hal ini sudah tertanam dalam pikiranmu, sudah pasti kamu menjadi lebih lega untuk menerima kenyataan tersebut.

Guys, kamu harus paham bahwa overthinking tidak akan menyelesaikan masalah yang kamu alami. Overthinking juga tidak akan membuat dirimu bahagia. Oleh karena itu, yuk mulai sekarang belajar menghilangkan kebiasaan tersebut!

Baca Juga: Selain Overthinking, 5 Kebiasaan Ini Bisa Menguras Energimu

Sinta Listiyana Photo Verified Writer Sinta Listiyana

Terimakasih telah membaca tulisan saya :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya