Comscore Tracker

5 Tanda Kualitas Hidupmu Meningkat, Tak Berlarut dalam Kesedihan!

Butuh kepekaan untuk menyadarinya

Terlalu larut dalam kesedihan dan keputusasaan membuat hidup terasa stagnan. Tidak ada perkembangan maupun kemajuan yang berarti. Oleh karenanya penting untuk kamu melihat hidupmu dari sisi yang lebih baik lagi. Jadi, kamu hanya perlu kepekaan untuk menyadarinya saja. Berikut terdapat lima pertanda baik yang membuktikan bahwa kualitas hidupmu sudah mengalami peningkatan.

1. Bisa mengupayakan kebahagiaan untuk diri sendiri

5 Tanda Kualitas Hidupmu Meningkat, Tak Berlarut dalam Kesedihan!ilustrasi perempuan berfoto di pantai (pexels.com/Yan Krukov)

Kebahagiaan kita adalah tanggung jawab kita. Jangan sesekali menggantungkan kebahagiaan pada orang lain karena hanya akan berakhir kecewa.

Kamu disebut mengalami kemajuan dalam hidup pada saat sudah lebih menyadari dan bisa mengupayakan kebahagiaan untuk diri sendiri. Ini berarti terdapat jiwa yang lebih dewasa dalam dirimu.

2. Tidak memandang negatif pada diri sendiri

5 Tanda Kualitas Hidupmu Meningkat, Tak Berlarut dalam Kesedihan!ilustrasi perempuan sedang bercermin (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Biasanya saat mengalami kegagalan dalam hidup, hal pertama yang akan dilakukan adalah menyalahkan diri sendiri, menganggap diri sendiri payah dan tidak mampu melakukan sesuatu. Jika kamu pernah melakukannya berarti kualitas hidupmu belum cukup baik.

Lain halnya jika kamu mampu berpikiran positif dan terbuka. Kamu pun dapat melihat setiap kejadian dalam hidup sebagai ajang untuk naik kelas menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Justru kamu lebih banyak mengambil hikmah dan pelajaran dari setiap kejadian buruk. Hal ini pun sebagai pertanda hidupmu semakin berkualitas menuju ke arah yang lebih positif.

Baca Juga: Inilah 5 Tanda Kamu Memiliki Kualitas Hidup yang Baik

3. Semakin rajin merawat diri

5 Tanda Kualitas Hidupmu Meningkat, Tak Berlarut dalam Kesedihan!ilustrasi foto perempuan bermain daun kering (pexels.com/Melvin Vito)

Salah satu yang menjadi bukti kamu peduli dengan diri sendiri adalah semakin rajin merawat diri. Bisa dengan mulai mengontrol pola makan, berolahraga secara teratur, hingga menambah pengetahuan dengan membaca buku. Tanpa disadari, merawat diri ternyata dapat meningkatkan nilai positif dalam dirimu. 

Bersedih itu diperbolehkan. Yang tidak diperbolehkan adalah berlarut-larut dalam kesedihan dan menganggap hidup telah hancur. Bagi sebagian orang, untuk kembali bangkit dari kegagalan mungkin tidak mudah. Tapi, bukan berarti kamu tidak dapat melakukannya.

4. Bersemangat menekuni hal-hal yang kamu sukai

5 Tanda Kualitas Hidupmu Meningkat, Tak Berlarut dalam Kesedihan!ilustrasi perempuan bermain ice skating (pexels.com/Gustavo Fring)

Kualitas hidupmu dianggap baik apabila masih memiliki motivasi dan semangat membara untuk menekuni bidang yang disukai. Ini menunjukkan bahwa proses menuju kualitas hidup yang lebih baik sedang terjadi dalam dirimu.

Lantas, bagaimana jika semangat tidak stabil? Tentu tidak apa-apa dan merupakan suatu hal yang wajar karena yang namanya hidup pasti ada pasang surutnya. Yang terpenting ada keinginan dalam diri untuk selalu berproses menjadi pribadi yang lebih baik.

5. Menerima suka duka kehidupan dengan lapang dada

5 Tanda Kualitas Hidupmu Meningkat, Tak Berlarut dalam Kesedihan!ilustrasi perempuan duduk sambil minum (pexels.com/Los Muertos Crew)

Pahami bahwa hidup tidak selamanya diliputi kebahagiaan. Pun juga tak selalu diisi dengan kesedihan.

Kemampuan menerima suka duka kehidupan dengan lapang dada menumbuhkan kekuatan dalam hati. Kekuatan ini lah yang akan membuatmu bertahan menghadapi segala dinamika kehidupan. Kamu memiliki kualitas hidup yang baik pada saat bisa menerima semua proses perjuangan menuju kesuksesan.

Kita tidak dapat menghindari masalah yang tiba-tiba datang dalam hidup. Tapi, kita bisa menghadapinya dengan cara berpikir lebih positif dan yakin bahwa di setiap proses perjalanan hidup selalu mengajarkan kita untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi dari waktu ke waktu.

Baca Juga: 6 Cara untuk Meningkatkan Kualitas Hidup, Tenangkan Hati dan Pikiran

Sinta Listiyana Photo Verified Writer Sinta Listiyana

Terimakasih telah membaca tulisan saya :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya