Comscore Tracker

7 Kebiasaan Minimalis yang Bakal Bikin Ketagihan, Ubah Gaya Hidup Yuk!

Dijamin bikin kamu bahagia deh

Minimalis merupakan gaya hidup modern yang saat ini banyak diminati, dan bertumbuh sangat cepat di kalangan masyarakat. Bukan tanpa alasan, di tengah kehidupan yang semakin kompleks, rasanya manusia perlu mengadaptasi diri supaya gak terbawa stres.

Gaya hidup minimalis inilah yang menawarkan prinsip sederhana, sehingga hidup terasa lebih seimbang. Mengajarkan bahwa hidup gak harus selalu banyak tuntutan, ini lho 7 minimalist habit yang bakal mengubah hidupmu jadi lebih bahagia!

1. Kumpulkan momen, bukan materi

7 Kebiasaan Minimalis yang Bakal Bikin Ketagihan, Ubah Gaya Hidup Yuk!Unsplash/Wanaporn Yangsiri

Salah satu penyebab hidup terasa rumit, yakni ketika seseorang selalu merasa kurang. Terutama dalam hal bersifat materi, banyak dari kita pasti sering berusaha memenuhinya, bahkan ketika kemampuan kita tidak menjangkaunya. 

Dalam gaya hidup minimalis, seseorang akan terbiasa lebih memilih momen ketimbang barang-barang, apalagi benda yang sebenarnya tidak terlalu penting dan kita suka. 

Kamu akan menyadari betapa hidup tanpa mengejar materi akan membuatmu ketagihan. Mencari dan mengumpulkan momen atau pengalaman bisa memberimu kenangan abadi, dan membuka perspektif baru. Itulah mengapa menjadi minimalis sangat menyenangkan!

2. Selalu penuhi diri dengan pikiran-pikiran positif

7 Kebiasaan Minimalis yang Bakal Bikin Ketagihan, Ubah Gaya Hidup Yuk!Unslash/Jacob Mejicanos

Minimalis tak hanya berlaku untuk hal-hal bersifat fisik. Lebih penting dari itu, gaya hidup satu ini sebenarnya berkaitan dengan pola pikir seseorang, termasuk ketika berhadapan dengan masalah-masalah tertentu. 

Menjadi minimalis berarti seseorang harus mengeliminasi pikiran-pikiran yang merumitkan diri sendiri. Dengan menjadi seseorang yang selalu berpikir positif, kita sebenarnya sedang menyederhanakan hidup, sehingga energimu nggak akan terbuang untuk hal-hal yang tidak perlu. 

Baca Juga: 5 Cara Sederhana Memulai Gaya Hidup Minimalis

3. Bersikap asertif tentang pilihanmu, jalani hidup seringan mungkin

7 Kebiasaan Minimalis yang Bakal Bikin Ketagihan, Ubah Gaya Hidup Yuk!Unsplash/Brooke Cagle

Gaya hidup minimalis mengharuskan seseorang menjadi lebih tegas akan pilihan yang ingin diambilnya. Karena tujuannya menjauhi semua yang bersifat ruwet, kamu juga harus membiasakan diri untuk tegas dengan apa yang kamu suka atau tidak suka lakukan, terutama pada teman-teman sepergaulan. 

Katakan tidak jika kamu tak suka nongkrong sampai larut, sambil bergosip tentang keburukan orang. Teman sejati pasti akan mendukungmu.

Namun, jika mereka tak bisa menerima pilihan yang kamu ambil, berita bagus, artinya mereka adalah orang-orang toxic yang sudah waktunya untuk kamu sisihkan dari hidup. 

4. Jangan terbebani hanya karena kamu belum memiliki rumah sendiri

7 Kebiasaan Minimalis yang Bakal Bikin Ketagihan, Ubah Gaya Hidup Yuk!Unsplash/Jared Rice

Prinsip hidup minimalis adalah membuat hidup seseorang menjadi lebih mudah. Untuk itu, kamu punya kebebasan memilih untuk mewujudkan kemudahan tersebut, tanpa peduli standar yang berlaku di masyarakat. 

Bahkan saat hal tersebut berkaitan dengan tujuan memiliki tempat tinggal sendiri. Jangan pernah malu karena belum mampu mewujudkannya, dan masih menyewa tempat tinggal. Dalam gaya hidup minimalis, kamu bahkan dibebaskan jika memang tak berpikiran memiliki rumah. 

Minimalis tak akan memaksamu memiliki hal yang tidak sesuai kemampuanmu. Jangan demi gengsi, kamu sampai rela mengubur diri dalam hutang yang justru membuatmu terbebani sepanjang hidup. 

5. Kalahkan kebiasaan membeli secara impulsif

7 Kebiasaan Minimalis yang Bakal Bikin Ketagihan, Ubah Gaya Hidup Yuk!Unsplash/Erik Mclean

Hal yang pasti terjadi sesaat setelah belanja impulsif, apa lagi jika bukan penyesalan. Benda yang seharusnya tidak terlalu di butuhkan, namun karena mendadak menginginkannya, kamu akhirnya membawa benda tersebut pulang. Ujung-ujungnya, kamu menyesal uangmu terbuang sia-sia untuk benda yang tidak akan kamu pakai. 

Nah, dalam kebiasaan hidup minimalis, hal semacam ini gak seharusnya terjadi. Berlawanan dengan sikap spontan, hidup minimalis justru berarti seseorang harus memiliki rencana, terutama berkaitan dengan pengeluaran. Karena gak bisa dimungkiri, finansial kerap kali menjadi masalah yang cukup bikin pusing kalau salah perhitungan. 

6. Lupakan tren, jadilah diri sendiri

7 Kebiasaan Minimalis yang Bakal Bikin Ketagihan, Ubah Gaya Hidup Yuk!Unsplash/Allef Vinicius

Sama seperti belanja secara impulsif, belanja hanya karena mengikuti tren juga menjadi salah satu gaya hidup yang harus dikurangi saat kamu ingin berubah menjadi minimalis. 

Bukan hanya karena merupakan pemborosan, esensi sebenarnya dari minimalist lifestyle yakni hidup berdasarkan pilihanmu sendiri. Kamu tahu bagaimana seleramu, jadi pakailah pakaian atau apapun yang membuatmu nyaman dan menjadi diri sendiri.

Milikilah sesuatu yang benar-benar bisa kamu hargai dan sukai. Jangan membeli apapun hanya karena tren jika kamu tidak benar-benar suka. 

7. Jalani hidup yang fokus untuk hari ini

7 Kebiasaan Minimalis yang Bakal Bikin Ketagihan, Ubah Gaya Hidup Yuk!Unsplash/Bruce Mars

Walaupun hidup menjadi lebih mudah saat semua tertata, bukan berarti menjadi minimalis membuat seseorang harus obsesif terhadap rencana masa depan. 

Sebaliknya, gaya hidup satu ini sebenarnya mengajarkan seseorang untuk membiarkan beberapa hal berjalan apa adanya. Sama seperti istilah "Carpe diem,"  kamu akan jauh lebih bahagia saat bisa memetik hari, dan menikmati momen detik ini. Bukannya tergesa memikirkan hal-hal yang belum tentu terjadi.

Nah, itu dia tujuh kebiasaan yang diterapkan dalam gaya hidup minimalis, yang sekali kamu coba pasti bikin ketagihan. Mulai sekarang, berbahagia dengan cara sederhana yuk! 

Baca Juga: 10 Desain Meja Kerja Minimalis yang Minim Distraksi untuk WFH 

Sinta Wijayanti Photo Verified Writer Sinta Wijayanti

“Failure is a feeling long before it becomes an actual result." -Michelle Obama

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya