Comscore Tracker

7 Cara Membangun Mental Lebih Kuat Buat Kamu yang Gampang Khawatir

Jangan mau kalah sama rasa takut!

Satu di antara banyak hal yang selalu didengung-dengungkan orang ketika membicarakan kesuksesan, yakni ketangguhan mental yang merupakan syaratnya. Namun secara manusiawi, semua di dunia ini terlahir dengan rasa takut, yang berbeda tiap seorang dengan yang lainnya.

Kendati demikian, tidak lantas kita begitu saja takluk pada hal tersebut, yang justru akan merampas kedamaian seumur hidup. Sebaliknya, pribadi dengan kesuksesan sejati tentu punya strategi untuk mengontrol rasa takutnya.

Dan kamu yang sedang mencari cara membangun mental yang lebih kuat, 7 langkah berikut bisa menjadi solusinya!

1. Evaluasi lagi keyakinanmu selama ini

7 Cara Membangun Mental Lebih Kuat Buat Kamu yang Gampang Khawatirunsplash.com/Darius Bashar

Entah menyadarinya atau tidak, seringkali yang membuat seseorang tak bisa berkembang justru adalah diri sendiri. Kita kerap membatasi dan menutup diri, hanya karena keyakinan dan sugesti bahwa kamu tak mungkin bisa menyelesaikan ini, atau tak sanggup menangani itu. Dengan kata lain, kita lebih senang memilih mundur sebelum perang dibanding mencobanya.

Selamanya kamu tak akan lepas dari keragu-raguan, jika tak mau memberi kesempatan bagi diri sendiri. Untuk itu, cobalah identifikasi mana keyakinan yang kurang pas yang membelenggumu selama ini. Ubah dan lihat apa yang akan kamu dapatkan kemudian.

2. Berhenti mengasihani diri sendiri

7 Cara Membangun Mental Lebih Kuat Buat Kamu yang Gampang Khawatirunsplash.com/Scott Warman

Atau lebih tepatnya berlindung di balik alasan mengasihani diri sendiri. Karena sebenarnya, lebih rugi lagi untukmu, jika kamu mau terus menerus ditekan rasa takut. Berada di bawah tekanan malah cenderung menyebabkan seseorang fokus pada hal negatif.

Maka dari itu, salah satu cara agar kamu dapat membangun ketahanan mental adalah, bingkai ulang cara kamu melihat atau memutuskan sesuatu. Jangan terus mentoleransi keputusan yang membuatmu sama seperti seorang pengecut.

Baca Juga: Buang Jauh, 9 Kebiasaan Buruk Ini Bikin Cewek Gak Bermental Kuat

3. Berhenti memikirkan pendapat orang lain

7 Cara Membangun Mental Lebih Kuat Buat Kamu yang Gampang Khawatirunsplash.com/Markus Spiske

Tidak mudah memang untuk menjadi acuh dan menutup telinga terhadap penilaian orang terhadapmu. Namun kamu juga tak boleh menjalani kehidupan hanya untuk mencari validasi orang lain. 

Kamu adalah orang yang paling mengerti diri sendiri. Hanya kamu yang tahu apa tujuanmu dan bagaimana cara mencapainya. Orang tak mungkin bersedia melakukannya untukmu. Maka, belajarlah untuk tak menggubris suara-suara negatif yang hanya mencoba membuatmu putus harapan.

4. Selalu ingat bahwa dirimu punya kualitas istimewa

7 Cara Membangun Mental Lebih Kuat Buat Kamu yang Gampang KhawatirUnsplash.com/Alexandra Kirr

Pikirkan semua situasi sulit yang pernah dialami selama hidup, dan coba ingat bagaimana kamu telah membuktikan pada diri sendiri bahwa kamu sanggup bertahan sejauh ini. Semua tak akan terjadi jika kamu tak punya kemampuan dan kualitas tertentu dalam mengambil tindakan.

Kamu punya sumber daya dalam dirimu, yang terlalu besar jika hanya dibandingkan dengan sekelumit permasalahan hidup.

5. Berlatihlah terbiasa dengan ketidaknyamanan

7 Cara Membangun Mental Lebih Kuat Buat Kamu yang Gampang Khawatirpexels.com/Luis Fernandes

Menjadi kuat secara mental bukan berarti kamu akan kebal terhadap emosi. Sebaliknya bermental kuat justru mengharuskan kamu sepenuhnya sadar akan emosi yang sedang dihadapi, dan memilih cara terbaik untuk meresponnya. Sederhananya, kekuatan mental adalah tentang bagaimana kamu menerima emosi tanpa dikendalikan olehnya.

Begitu juga dengan rasa cemas dan ragu. Dua emosi tersebut seringkali mencegahmu mencoba hal-hal baru. Kamu harus berani menantang diri sendiri, keluar dari zona nyaman, dan cari sebanyak mungkin kesempatan untuk berlatih membiasakan diri dengan ketidaknyamanan.

6. Catat setiap kemajuanmu

7 Cara Membangun Mental Lebih Kuat Buat Kamu yang Gampang Khawatirunsplash.com/Cathryn Lavery

Kamu perlu sering-sering menyegarkan ingatan, yang berkenaan dengan langkahmu dalam mengambil keputusan, mulai dari yang remeh hingga yang sangat krusial. Dalam hal ini, menulis jurnal bisa membantumu mengukur sejauh mana kamu sudah melakukan perubahan.

Membaca tulisan-tulisan dari masa lalu akan memudahkanmu dalam membingkai kesimpulan, sekaligus akan memberimu energi. Karena dari sana, secara nyata kamu dapat melihat masa-masa terburuk yang ternyata kini tak lagi ada apa-apanya.

7. Jadilah sahabat bagi diri sendiri

7 Cara Membangun Mental Lebih Kuat Buat Kamu yang Gampang Khawatirunsplash.com/Ernest Brillo

Berbagi masalah dan perasaan pada orang lain memang sangat membantu. Namun tak seorang pun yang dapat memahamimu sebaik diri sendiri. Dan ketika kamu merasa hampir putus asa, cobalah untuk menjadi sahabat terbaik untuk dirimu.

Dengarkan apa yang paling kamu butuhkan, besarkan hati untuk melawan takut, serta beri solusi paling potensial yang bisa kamu lakukan. Dengan begitu kamu tak akan terlalu terpuruk.

Itulah 7 langkah sederhana yang akan membantumu membentuk mental yang tangguh, dan mengurangi kebiasaan cemas. Kesimpulannya, kamu tak akan bisa lari dari badai.

Yang perlu dilakukan adalah menjadi lebih berani, dan yakin bahwa toh semua hanya akan berakhir sebagai masa lalu dan pelajaran hidup. Sekarang, sudah siap untuk meng-upgrade diri?

Baca Juga: 6 Sikap yang Hanya Dilakukan Orang Bermental Lemah, Bukan Kamu, Kan?

Sinta Wijayanti Photo Verified Writer Sinta Wijayanti

“Failure is a feeling long before it becomes an actual result." -Michelle Obama

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya