Comscore Tracker

5 TED Talks yang Wajib Kalian Tonton Saat Merasa Putus Asa

Percayalah bahwa ada alasan baik dibalik kesulitan kita!

Hidup tak pernah mudah bagi sebagian orang. Kita semua dituntut berjuang dan bertahan dalam menjalaninya. Namun, wajar jika dalam suatu waktu, kita tak bisa lagi membendung beban yang kita bawa. Semuanya menjadi semakin berat dan seperti dunia tak berpihak padamu.

Kita semua pernah merasakan putus asa di tengah perjuangan, seakan tak punya harapan menjalani rintangan yang tak usai. Namun, menyerah bukanlah jawaban yang tepat. Percayalah bahwa ada alasan bahwa kita semua perlu untuk berjuang.

Di sisi lain, mulailah menggali motivasi diri salah satunya melihat 5 video TED Talks yang akan membangkitkanmu dari keputusasaan. Yuk simak!

1. What happens when you lose everything dari David Hoffman

https://www.youtube.com/embed/nqSLlS1WZmE

David Hoffman adalah sutradara film terkenal Amerika. Tetapi dia kehilangan segalanya karena kebakaran di rumahnya. David Hoffman kehilangan hampir semua miliknya dalam kebakaran yang menghancurkan rumah, kantor, dan 30 tahun pekerjaannya yang ia rintis.

Dia melihat kembali betapa ia kehilangan semua yang berharga dalam sekejap. Namun, dalam pesannya ini ia berkata bahwa kita dapat membuat sesuatu yang lebih baik dari kejadian yang buruk sekalipun. Karena tak ada waktu terlambat untuk kembali bangkit. Begitu pun, tak ada hal yang akan berubah jika kita hanya meratapinya. 

2. Living beyond limits oleh Amy Purdy

https://www.youtube.com/embed/N2QZM7azGoA

Ketika berusia 19 tahun, Amy Purdy kehilangan kedua lutut kakinya. Dan sekarang, dia adalah seorang pemain papan seluncur profesional. Dalam videonya kali ini, dia menunjukkan kepada kita cara bahwa kekuatan diri bisa ditemukan dari kehancuran sekalipun.

Alih-alih memandang keterbatasan kita sebagai sesuatu yang negatif atau buruk, kita bisa mulai melihatnya sebagai berkah dan membantu kita melangkah lebih dari apa yang tak pernah kita kira. Jika Amy saja bisa melalui keterbatasannya, kenapa kamu tidak?

Baca Juga: 5 TED Talks Ini Akan Membantumu Menemukan Jati Diri

3. The 3 A’s of awesome dari Neil Pasricha

https://www.youtube.com/embed/uPE0G00XFV0

Neil Pasricha adalah penulis buku New York Time Best Seller berjudul The Happiness Equation. Ia sempat memiliki hidup yang bisa dibilang sempurna, dia memiliki segalanya seperti orang tua yang hangat, pekerjaan, teman yang baik, dan seorang istri yang cantik.

Namun, hidupnya berubah seketika saat keadaan finansialnya memburuk, istrinya menceraikannya, teman baiknya ditemukan bunuh diri. Semua terjadi dalam satu waktu. Ia pun mencoba kembali bangkit dari hidup yang sekejap menjadi mimpi buruk.

Dalam pembicaraan yang menyentuh ini, dia mengungkapkan 3 rahasia untuk menjalani kehidupan yang benar-benar mengagumkan. Rahasia itu adalah sikap, kesadaran diri dan ketulusan. Coba deh lihat video inspiratifnya ini!

4. Yes I survived cancer, but that doesn’t define me dari Debra Jarvis

https://www.youtube.com/embed/4n8qT0vQbWk

Debra Jarvis telah bekerja sebagai seorang perawat rumah sakit selama hampir 30 tahun. Namun suatu ketika ia dia didiagnosis menderita kanker payudara. Dari ini dia belajar bagaimana memosisikan dirinya sebagai pasien.

Di sisi lain, ia pun tak mau mengkalim penyakitnya ini sebagai identitas diri yang harus dikasihani yaitu penderita kanker. Ia berpesan bahwa jangan biarkan pengalaman buruk mengklaim dirimu. Kita semua tahu bahwa cara untuk mengatasi trauma, kehilangan, dan pengalaman yang mengubah hidup, adalah menemukan makna dibaliknya.

Dan satu-satunya orang yang bisa memaknai pengalaman hidup kita adalah diri kita sendiri. Dalam sesi ini, ia pun memberikan diri kita ruang untuk tumbuh dan berkembang.

5. Choose yourself oleh James Altucher

https://www.youtube.com/embed/xmndCPvXiik

James Altucher sebelum menjadi pengusaha sukses, investor dan penulis buku, ia menceritakan bahwa ia pernah mencoba untuk bunuh diri, dan bagaimana ia mengubah hidupnya dengan mengikuti lima praktik utama yang ia bagikan di video TED Talks ini. Ia pun menjelaskan bagaimana dia percaya diri kembali setelah mengalami depresi panjang dan bangkit dari kegagalan yang berulang. Lima kunci utamanya adalah menjaga kesehatan, hubungan cinta, spiritualitas, beri ruang diri untuk menghasilkan ide-ide buruk sekalipun.

Nah, itulah 5 TED Talks inspiratif untuk kalian dapat kembali bangkit dari keputusasaan. Ingatlah bahwa masalah apapun yang terjadi di hidupmu, itu bukanlah akhir dunia. Tetap semangat, ya!

Baca Juga: 6 TED Talks Inspiratif Ini Menuntunmu Menemukan Arti Kebahagiaan

Siska Arifa Photo Community Writer Siska Arifa

Amateur who doesn't quit @siscaaryf

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You