Comscore Tracker

6 Kerugian yang Bakal Kamu Derita Kalau Terus Pura-pura Bahagia

Gak usah pake topeng lagi ya!

Ketika sedang dalam suasana hati yang tidak baik, beberapa orang memilih menutupi kesedihannya dengan berpura-pura bahagia untuk tujuan yang berbeda-beda. Mereka cenderung tidak ingin terlihat lemah, berusaha terlihat bahagia di depan orang lain, atau mencari perasaan yang aman dan nyaman.

Semua itu sebenarnya tidak salah, namun alangkah lebih baik jika kita bisa mengutamakan kejujuran dan bersikap apa adanya. Karena pura-pura bahagia hanya akan memberimu enam kerugian berikut. Yuk stop dari sekarang!

1. Kamu sudah membohongi diri sendiri

6 Kerugian yang Bakal Kamu Derita Kalau Terus Pura-pura Bahagiapexels.com/@juanpphotoandvideo

Menutupi kesedihan dengan berpura-pura bahagia artinya kamu telah menipu dan berbohong pada diri sendiri. Sedangkan segala kebohongan itu selalu lebih banyak menimbulkan dampak buruk daripada keuntungannya.

Ketika kamu berusaha memperbaiki keadaan dengan mencoba untuk terlihat bahagia, hatimu sebenarnya sedang dibohongi dan malah membuat keadaannya menjadi semakin sakit.

2. Menyebabkan emosimu tidak stabil dan berubah secara tiba-tiba

6 Kerugian yang Bakal Kamu Derita Kalau Terus Pura-pura Bahagiaunsplash.com/@zdeal

Saat kamu berusaha menghilangkan kesedihan dengan pura-pura bahagia, sebenarnya perasaan yang tengah kamu rasakan itu tidak akan sepenuhnya hilang, melainkan akan ditekan ke alam bawah sadar yang sewaktu-waktu bisa muncul bahkan di saat yang tidak tepat.

Jika hal ini dilakukan terus menerus, akhirnya emosimu menjadi tidak stabil dan kamu bisa saja mengalami perasaan sedih secara tiba-tiba, yang diakibatkan oleh rasa yang selama ini kamu tahan.

3. Melukai jiwa kamu sendiri

6 Kerugian yang Bakal Kamu Derita Kalau Terus Pura-pura Bahagiaunsplash.com/@doncarlo

Bukan hanya rasa bahagia saja lho yang perlu kamu keluarkan. Akan tetapi, hati juga perlu meluapkan kesedihan dan perasaan negatif yang menimpanya. Jika kamu hanya memendam dan tidak mengeluarkan itu, tanpa sadar kamu telah melukai jiwa sendiri. Karena beban yang seharusnya jiwa keluarkan malah semakin kamu tekan.

Baca Juga: 5 Hal Sederhana Ini Bisa Bikin Introvert Bahagia Banget Lho

4. Kamu melakukan hal yang sia-sia

6 Kerugian yang Bakal Kamu Derita Kalau Terus Pura-pura Bahagiapexels.com/@tessseymourphotography

Pura-pura bahagia sama sekali tidak akan merubah rasa sakit yang kamu alami. Masalah akan tetap ada sekalipun kamu berusaha untuk menutupinya.

Jika penilaian baik dari orang lain yang kamu kejar, itupun sama sekali tak berarti karena hal yang kamu tunjukan bukan mencerminkan dirimu yang asli. Jadi buat apa melakukannya saat tau hal itu hanyalah pekerjaan sia-sia?

5. Malah membuatmu lebih stres bahkan depresi

6 Kerugian yang Bakal Kamu Derita Kalau Terus Pura-pura Bahagiapexels.com/@pixabay

Secara kesehatan emosional dan mental, perasaan bahagia yang dipaksakan lebih beresiko membuat orang stres dan depresi serta tidak puas dalam hidup. Perasaan sedih yang ditutupi justru akan membuatmu makin intens untuk memikirkan hal itu.

Seperti yang dikutip New York Times, sebuah hasil penelitian yang terbitkan oleh Academy of Journal menyebutkan bahwa berpura-pura tersenyum saat suasana hati sedang tidak baik, atau berusaha menekan pikiran negatif, ternyata bisa jadi membuat pikiran-pikiran negatif tersebut menjadi lebih kuat, alhasil bukannya kebahagiaan sesungguhnya yang kamu rasakan, namun justru sebaliknya.

6. Pura-pura bahagia membuat kamu tidak menghargai rasa

6 Kerugian yang Bakal Kamu Derita Kalau Terus Pura-pura Bahagiaunsplash.com/@axromatik

Semua rasa yang dianugerahkan Tuhan kepada kita, baik itu rasa sedih, marah, bersalah, malu, maupun senang, haruslah kita hargai keberadaannya karena Tuhan menciptakan itu bukanlah tanpa alasan yang indah.

Pikirkanlah bahwa dunia ini tidak selamanya berisi tawa dan bahagia. Adalah hal yang sangat wajar untuk kamu bersedih dan menangis. Segala hal buruk yang terjadi justru membuat kamu lebih memahami kehidupan ini.

Cobalah lebih terbuka dan realistis. Jika kamu tidak ingin kesedihan itu berefek pada orang lain, ambil waktu untuk sendiri sejenak dan luapkan segala perasaan dalam hatimu. Jujur dan mengakui adanya masalah adalah lebih baik daripada berpura-pura bahagia yang justru akan menjadi bumerang dan merugikan diri sendiri.

Baca Juga: Jomblo Wajib Tahu, 5 Hal Sederhana Ini Bisa Bikin Hidupmu Bahagia Lho

Rachel Park Photo Verified Writer Rachel Park

Nothing Impossible!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya