Comscore Tracker

5 Cara Menyampaikan Emosi Negatif dengan Positif, Bikin Lega

Cobain dan rasakan manfaatnya

Secara harfiah, manusia diciptakan dengan berbagai macam emosi. Marah, kecewa, sedih, kesal, dan lainnya adalah emosi yang umum dirasakan oleh manusia. Namun, apa jadinya bila emosi negatif tidak tersampaikan dengan benar? 

Selain merugikan diri sendiri, hal tersebut bisa merugikan orang lain juga. Nah, biar gak bingung, simak lima cara menyampaikan emosi negatif dengan positif berikut ini ya. 

1. Bercerita atau curhat

5 Cara Menyampaikan Emosi Negatif dengan Positif, Bikin Legailustrasi dua perempuan sedang berbicara(Pexels.com/fauxels)

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan bercerita atau curhat. Mungkin sudah banyak orang yang melakukannya, namun beberapa di antaranya mungkin di-judgekarena cerita mereka tersebut. 

Oleh karena itu, sebelum menyampaikan segala perasaan yang ada, kamu harus pastikan dulu bahwa orang yang akan mendengarkan cerita kamu adalah orang yang tepat. Sehingga, nantinya kamu tidak merasa terintimidasi karena mereka menghargai cerita kamu. 

2. Menulis

5 Cara Menyampaikan Emosi Negatif dengan Positif, Bikin Legailustrasi perempuan sedang menulis(Pexels.com/cottonbro)

Bagi beberapa orang, mungkin menulis adalah cara yang ampuh untuk meluapkan perasaan. Apalagi, jika seseorang tersebut sulit mengekspresikan emosi dan isi hatinya. Coba tulislah semua perasaan yang kamu rasakan di buku catatan kamu, tidak perlu menyaring kata- katanya, tulis saja sebebas yang kamu mau. 

Kegiatan menulis sangat baik untuk kesehatan mental. Selain itu, lewat menulis stres dan rasa cemas bisa lenyap seketika. Jadi, kalau belum mampu menyampaikannya secara langsung, kamu bisa cobain dengan cara menulis, ya. 

Baca Juga: 5 Alasan untuk Berhenti Memendam Emosi Negatif Sendirian, Salurkan!

3. Bernyanyi

5 Cara Menyampaikan Emosi Negatif dengan Positif, Bikin Legailustrasi perempuan sedang bernyanyi(Pexels.com/Papa Yaw)

Tidak jarang, banyak lagu yang tercipta berasal dari perasaan atau pengalaman nyata hidup seseorang. Jika kamu sedang merasakan kecewa, sedih, kesal, kamu bisa meluapkan semua emosi negatif tersebut dengan bernyanyi. 

Apalagi jika lagu yang kamu nyanyikan sesuai dengan suasana hatimu, rasanya lirik lagu tersebut mewakili perasaan bukan? Jadi, bernyanyi bisa jadi pilihan untuk menyampaikan emosi negatif dengan positif, nih. 

4. Berteriak

5 Cara Menyampaikan Emosi Negatif dengan Positif, Bikin Legailustrasi perempuan berteriak(Pexels.com/Andrea Piacquadio)

Pernah lihat adegan film yang tokohnya mencari tempat tinggi untuk berteriak? Barangkali tokoh tersebut sedang meluapkan segala perasaan negatifnya. 

Ya, cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk menyampaikan emosi negatif dengan positif adalah dengan berteriak. Coba deh, teriak sekencang- kencangnya, lepaskan semua perasaan yang kamu pendam selama ini. Dijamin deh, setelah itu kamu bisa merasa lega dan tenang. 

Tapi, jangan lupa cari tempat yang tepat ya. Biar orang di sekeliling kamu gak kaget. Selamat mencoba! 

5. Menonton film

5 Cara Menyampaikan Emosi Negatif dengan Positif, Bikin Legailustrasi perempuan sedang menonton(Pexels.com/Sam Lion)

Terakhir, kamu bisa meluapkan emosi negatif yang kamu punya dengan menonton film. Cari waktu yang tepat untuk menyendiri dan luangkan untuk menonton film favorit kamu. Tanpa disadari, dengan menonton film bisa menghilangkan mood kamu yang negatif dan menimbulkan perasaan positif. 

Jika akhir cerita dari film yang ditonton adalah happy ending, tentunya hal ini akan mempengaruhi perasaan kamu juga. Gimana, tertarik untuk mencobanya?

Daripada harus menyampaikan perasaan negatif dengan cara yang salah, kamu bisa coba lima cara di atas untuk menyampaikan dengan cara yang lebih positif. Semoga membantu, ya!

Baca Juga: Tetap Tenang, Ini 5 Langkah Sederhana untuk Mengelola Emosi Negatif

Srikandy Indah Karina Photo Verified Writer Srikandy Indah Karina

Hello! welcome to my page where I share my creative journey here✨ I am a full time dreamer and am in the process of creating my dream life. Enjoy readers!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya