Comscore Tracker

#GreenBeauty Tampil Stunning Tapi Ramah Lingkungan? Ini 5 Tipsnya! 

Ikut peduli lingkungan tapi tetap glowing dong… 

Bagi perempuan, makeup dan skincare sama pentingnya dengan makanan sehat. Bahkan, beberapa di antaranya rela merogoh kocek lumayan dalam untuk mendapatkan kulit yang yang lebih sehat dan bersinar. Kamu yang sudah menghabiskan berbotol-botol produk demi tampil glowing, apakah kamu termasuk teliti dalam memeriksa bahan dalam sebuah produk? Karena, faktanya, gak semua bahan kimia dalam produk kecantikan aman jika digunakan dalam jangka panjang, lho.

Tapi tenang saja, sekarang ini sudah banyak produk yang mengusung sustainable beauty atau dengan kata lain, mereka meminimalisir dampak buruk terhadap lingkungan lewat produk-produk yang mereka produksi. Jadi, bahannya aman untuk dipakai dalam jangka waktu lama baik untuk kulit, maupun untuk lingkungan. Keren gak sih?

Nah, sekarang gimana sih caranya bisa tampil stunning dan glowing tapi juga tetap berkontribusi dalam menjaga lingkungan? Simak tipsnya di bawah ini dan siap-siap keracunan!

1. Melek sama bahan produk sebelum membeli itu yang utama 

#GreenBeauty Tampil Stunning Tapi Ramah Lingkungan? Ini 5 Tipsnya! ilustrasi makeup (unsplash.com/Globencer)

Gak hanya fokus sama khasiat dan kegunaannya, kamu juga harus lebih teliti pada bahan apa saja yang terdapat di dalamnya. Nah, ada beberapa istilah yang biasanya ada dalam produk kecantikan seperti:

  • Organic: Jika kamu melihat istilah ini dalam salah satu produkmu, tandanya produk tersebut dibuat dari bahan pertanian organik yang dikembangkan dan diproses khusus serta gak mengandung pestisida kimia.
  • Clean: Istilah ini pasti sering kamu temui dalam pola makan atau yang biasa disebut clean eating. Hampir sama artinya dengan produk kecantikan, istilah ini berarti produk tersebut dibuat dari bahan-bahan yang tidak beracun.
  • Vegan: Dalam proses pembuatannya, produk dengan label vegan berarti menghindari bahan-bahan hewani. Atau dalam kata lain, produk tersebut gak mengandung bahan apa pun yang bersumber dari hewan.
  • Cruelty free: Kamu mungkin sudah sering mendengar istilah ini. Artinya adalah produk tersebut tidak melalui proses pengujian atau diujicobakan pada hewan.

2. Jangan hanya fokus pada bahan, kemasannya juga harus diperhatikan 

#GreenBeauty Tampil Stunning Tapi Ramah Lingkungan? Ini 5 Tipsnya! Garnier Green Beauty (instagram.com/garnierindonesia)

Setelah memerhatikan dan memilih produk dengan kandungan yang benar, selanjutnya kamu perlu mempertimbangkan kemasannya. Apakah produk tersebut menggunakan bahan yang ramah lingkungan atau tidak. Nah, gak perlu bingung untuk memilih produk yang tepat, karena Garnier ternyata sudah berkomitmen untuk menggunakan kemasan yang ramah lingkungan, lho.

Bukan hanya itu, formula dalam produk Garnier dapat terurai kembali ke alam, jadi di setiap penggunaan produknya kamu sama saja sudah berkontribusi untuk melindungi bumi, dengan mendapatkan hasil kulit sehat yang kamu inginkan. Pabrik Garnier Indonesia sendiri sudah mengurangi 60 persen penggunaan air dan 84 persen emisi karbon berkat penggunaan teknologi mini power system.

Dalam sesi Ngobrol Seru oleh IDN Times bersama Garnier (27/10/2020), Diana, Senior Product Manager Garnier Indonesia juga mengatakan bahwa Green Beauty yang diusung oleh Garnier merupakan transformasi rantai bisnis mulai dari kemasan, formula, manufaktur, sampai aksi lawan polusi plastik. Pokoknya #GarnierGreenBeauty bikin kamu bisa lebih glowing, sambil tetap memerhatikan kesehatan lingkungan, deh!

Baca Juga: 6 Konsep Sustainable Living yang Bisa Kamu Terapkan Sekarang

3. Jaga kebersihan kulit sambil tetap memerhatikan penggunaan air 

#GreenBeauty Tampil Stunning Tapi Ramah Lingkungan? Ini 5 Tipsnya! ilustrasi wanita mandi (unsplash.com/Bruce Mars)

Aksi peduli lingkungan juga termasuk penghematan dalam menggunakan air. Dalam tujuan memberikan yang terbaik untuk tubuh apalagi kulit, coba deh kamu ingat-ingat apakah kamu termasuk boros air saat mandi atau cuci muka? Jika ya, maka kamu perlu mengurangi kebiasaan buruk tersebut, nih. Gunakan air secukupnya, tutup keran yang tidak digunakan dan terus ingat bahwa kamu bisa ikut melestarikan lingkungan dengan cara ini, ya.

4. Tempat penyimpanan alat makeup harus pilih yang ramah lingkungan juga, ya

#GreenBeauty Tampil Stunning Tapi Ramah Lingkungan? Ini 5 Tipsnya! ilustrasi wanita menggunakan makeup (unsplash.com/Annie Spartt)

Setelah memilih bahan dan kemasan yang ramah lingkungan, kamu juga harus peka tentang benda-benda apa saja yang kamu gunakan untuk menyimpan skincare dan makeup di rumah. Contohnya saja untuk tempat brush, pastikan kamu gak menggunakan tempat berbahan plastik mengingat polusi plastik di dunia yang semakin meningkat setiap tahunnya. Plastik yang butuh ratusan tahun untuk terurai ini tentu bisa merusak bumi, termasuk organisme di dalamnya.

5. Ganti cotton bud bertangkai plastikmu sekarang!

#GreenBeauty Tampil Stunning Tapi Ramah Lingkungan? Ini 5 Tipsnya! ilustrasi makeup (unsplash.com/Sonia Roselli)

Kamu yang sering menggunakan makeup pasti sedikit banyak memiliki alat ini di tas makeup atau kamar mandimu. Cotton bud memang menjadi pilihan tepat untuk menghapus sisa maskara atau membersihkan cat-eye yang gagal. Dari manfaat tersebut, banyak yang gak tahu bahwa cotton bud mendatangkan malapetaka. Cotton bud bertangkai plastik di tempat pembuangan sampah atau yang dibuang ke toilet akan berakhir di lautan di mana tangkai tersebut dimakan oleh burung dan ikan yang dapat menyebabkan kerusakan serius.

Dilansir Harper’s Bazaar, pemerintah Inggris bahkan telah menetapkan larangan menggunakan cotton bud bertangkai plastik mulai Oktober 2020 lalu karena diperkirakan ada 1,8 miliar cotton bud yang digunakan setiap tahun dan menambah sebanyak 150 juta ton plastik di lautan dunia

Demi lebih ramah lingkungan, alangkah baiknya kamu menggunakan cotton bud bertangkai bambu yang bahannya mudah terurai kembali ke alam. Di Indonesia sendiri, harga cotton bud bambu ini masih tergolong murah berkisar Rp20 ribu sampai Rp30 ribu saja.

Dengan melakukan semua hal di atas, kamu bisa mendapat banyak keuntungan bukan hanya untuk dirimu sendiri tapi juga bumi dan orang lain. Jangan lupa juga untuk tetap menjaga lingkungan dengan memilah sampah secara benar, mengolah, dan melakukan recycle atau daur ulang untuk #onegreenstep yang lebih nyata.

Dalam menentukan produk kecantikan yang aman dan ramah lingkungan, Garnier merupakan pilihan tepat untuk menemanimu menjadi versi dirimu yang terbaik. Oh ya, kamu juga bisa membaca informasi lengkap tentang #GarnierGreenBeauty di https://www.garnier.co.id/green-beauty, ya! #GarnierxIDNTimes.

Baca Juga: Cara yang Bisa Diajarkan Orangtua untuk Menjaga Lingkungan Sejak Dini

Stella Azasya Photo Verified Writer Stella Azasya

A chronic daydreamer || IG: @stellaazasya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya