Comscore Tracker

5 Mindset Agar Lebih Legowo saat Mengikhlaskan Sesuatu

Kalau kata BTS, life goes on like this again~

Bagi yang pernah mengalami penolakan, kegagalan, masa lalu yang menyakitkan, putus hubungan, dilupakan, dianggap tidak berguna, semua momen itu adalah momen yang tidak enak. Segala perasaan sedih, kecewa, marah, sakit hati, terus menyatu dalam hati. 

Semua yang sudah terjadi di masa lalu itu sangat berpengaruh ke kehidupan kita di masa kini loh. Apalagi jika masih tersisa perasaan-perasaan negatif tersebut. Tentu sangat menghambat diri kita sendiri. 

Tapi tidak dipungkiri untuk move on dan merelakan apa yang sudah terjadi di masa lalu bukan hal yang mudah. Sudah berapa banyak cara kamu coba dan masih belum berhasil? Mungkin sebaiknya kamu mulai dulu dengan mindset yang benar seperti di bawah ini. 

1. Embrace the feeling

5 Mindset Agar Lebih Legowo saat Mengikhlaskan Sesuatuilustrasi merasa sedih (pexels.com/Anastasia Shuraeva)

Memaksakan diri untuk move on bukan cara yang tepat. Karena semakin dipaksakan justru perasaan itu semakin susah dilupakan. Mindset awal yang harus disadari adalah embrace the feeling. Sadari jika kamu merasa terluka, sakit hati, susah memaafkan, dan berbagai perasaan negatif yang membayangi pikiran selama ini.

Jujur ke diri sendiri bukanlah hal mudah. Karena kita punya banyak alasan untuk menyangkal setiap perasaan pahit dan merasa baik-baik saja. Nikmati proses itu, karena dengan cara itulah kita bisa "sembuh" dan lebih legowo untuk let go sesuatu. 

2. Kamu yang punya kendali atas hidupmu sendiri

5 Mindset Agar Lebih Legowo saat Mengikhlaskan Sesuatuilustrasi percaya diri (unsplash.com/Sasha Freemind)

Yang punya kendali atas hidupmu adalah dirimu sendiri, bukan lingkungan sekelilingmu atau orang lain. Orang lain bisa memberi saran tapi keputusan akhir ada di kamu. Jangan ijinkan perasaan buruk itu terus menghantuimu dan membuatmu tidak bisa berkembang. 

Terus hidup di masa lalu atau mau melanjutkan hidup hari ini adalah keputusan. Dalam setiap keputusan itu ada konsekuensinya. Jika kamu sudah mengerti setiap konsekuensinya, mana keputusan yang akan kamu pilih?

3. Life must go on and you deserve better

5 Mindset Agar Lebih Legowo saat Mengikhlaskan Sesuatuilustrasi life must go on(unsplash.com/Eliott Reyna)

Merasa hidup stuck disitu-situ saja? Mungkin sumbernya karena kamu belum bisa move on dan let go. Hidup harus terus berlanjut, guys. Bahkan hidupmu tidak lantas berhenti karena masa pahit yang kamu alami itu. Masih ada harapan untuk masa depanmu. 

Fase yang lalu biarlah terjadi di masa lalu. Sekarang bagian kita untuk menjalani hari ini dan terus berharap ke masa depan yang lebih baik.
Kamu berhak mendapatkan yang terbaik. Yakini hal ini!

Baca Juga: 6 Penampilan BTS 'Life Goes On' di Berbagai Acara, Memukau Banget!

4. Masa pahit ini adalah salah satu bagian dari hidup

5 Mindset Agar Lebih Legowo saat Mengikhlaskan Sesuatuilustrasi berdoa bersama (unsplash.com/Ben White)

Bukan tanpa alasan kadang kamu diijinkan melewati masa yang tidak enak. Bisa jadi ini adalah salah satu bagian terbaik dalam hidupmu. Ada banyak pelajaran yang bisa didapat dari masa tersebut. Mindset yang harus dibangun agar lebih legowo saat melepaskan dan move on adalah menyadari bahwa fase pahit ini adalah salah satu bagian dari hidup yang tidak terpisahkan.

Bahkan kamu bisa bersyukur dengan adanya fase pahit itu karena dengan melaluinya maka mengajarkanmu untuk lebih dewasa menyikapi segala sesuatu, karaktermu lebih terbentuk, dan mentalmu lebih tangguh. So, be grateful!

5. Kontrol hal yang ada dalam kendali kita

5 Mindset Agar Lebih Legowo saat Mengikhlaskan Sesuatuilustrasi berbahagia (unsplash.com/Brooke Cagle)

Dalam hidup ini ada beberapa hal yang memang berada diluar kendali kita. Misalnya saat kita mengalami putus pacar, bukan berarti sepenuhnya karena kesalahan kita, tapi ada berbagai faktor luar yang memengaruhi. Awalnya pasti terasa sakit, sedih, dan kecewa. Tetapi, apakah kita mau berlarut-larut dalam perasaan itu? Sementara dia sudah bisa move on dan melanjutkan hidup, apakah kamu masih terpuruk di lubang yang sama?

Fokuslah ke hal yang bisa kita kontrol, sikap orang lain terhadap kita, situasi diluar tidak bisa kita kontrol. Tapi yang bisa kita kendalikan adalah bagaimana respon kita menyikapi situasi tersebut. Pilihlah respon yang benar agar ga buang-buang waktu dan energi.

Jika mindset tersebut sudah tertanam dalam diri kita, maka harapannya proses melepaskan dan move on akan terasa lebih ringan. Proses ini tidak bisa instan, perlu waktu. Jadi tidak perlu terburu-buru, just enjoy the moment and get ready to be the better you!

Baca Juga: 5 Penyebab Kamu Susah Melakukan Kebaikan dengan Ikhlas

Stephanie Priyanka Photo Verified Writer Stephanie Priyanka

A daily learner. Having a balance life through writing.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya