Comscore Tracker

Lebih Hemat! Ini 5 Ide Simpel Agar Staycation Di Rumah Makin Asik

Liburan di rumah gak melulu membosankan kok

Di era yang semakin sibuk dan padat ini, banyak hal yang bisa bikin pikiran makin bertambah. Beban di pekerjaan dan lingkungan bisa jadi pemicu stress.

Masa-masa liburan pasti jadi sesuatu yang dinanti-nanti. Ide staycation bisa jadi salah satu opsi tercepat dan termurah untuk saat ini. Tapi terbayangkah kalau kita juga bisa menikmati suasana staycation walau hanya dari rumah? Selain lebih aman, secara biaya pasti lebih hemat. Penasaran? Catat lima ide di  bawah ini ya.

1. Buat mini piknik di teras rumah

Lebih Hemat! Ini 5 Ide Simpel Agar Staycation Di Rumah Makin Asikunsplash.com/Annie Spratt

Cuaca di luar rumah sedang cerah? Manfaatkan momen ini untuk piknik ala-ala! Kamu bisa menikmati suasana rumah dengan cara yang berbeda.

Siapkan beberapa snack ringan dan minuman untuk disantap selama piknik. Sembari menghabiskan makanan bikin games-games kecil atau karaoke bersama agar makin seru.

Aktivitas ini juga bisa digunakan untuk mengakrabkan antar anggota keluarga. Eits, kalau di halaman atau teras rumah sedang tidak memungkinkan, tidak perlu khawatir karena kamu tetap bisa lakukan piknik di ruang keluarga.

2. Movie Time!

Lebih Hemat! Ini 5 Ide Simpel Agar Staycation Di Rumah Makin Asikpexels.com/cottonbro

Buat list film yang akan ditonton dan sebagai pertimbangan, pilih film yang bisa dinikmati oleh semua anggota keluargamu kemudian segera agendakan nonton bareng anggota keluargamu. Sebelum mulai nonton, kalian bisa buat homemade popcorn atau pizza untuk menemani waktu menonton tersebut.

Untuk menambah suasana nonton, set ruangan lebih proper  dengan matikan beberapa lampu agar lebih redup. 

Baca Juga: 7 Rekomendasi Penginapan untuk Staycation di Yogyakarta saat Pandemik

3. Makan-makan bareng

Lebih Hemat! Ini 5 Ide Simpel Agar Staycation Di Rumah Makin Asikpexels.com/August de Richelieu

Staycation tidak akan terasa lengkap, tanpa adanya makanan. Oleh karena itu, bikin momen staycation ala rumah makin berkesan dengan memasak bersama keluarga.

Kamu bisa re-create beberapa menu, yang sudah dirindukan sejak lama untuk memanggil kembali memori liburan bersama. Libatkan seluruh anggota keluarga dalam kegiatan ini.

Kalau keluargamu bukan tipe yang suka memasak, kamu bisa juga pesan di layanan online dan nikmati bersama-sama di meja makan. Tata meja makan seolah-olah sedang makan di restoran, untuk memberikan suasana baru.

4. Camping dirumah? Boleh dicoba

Lebih Hemat! Ini 5 Ide Simpel Agar Staycation Di Rumah Makin Asikpexels.com/cottonbro

Merindukan suasana alam dengan langit penuh bintang? Camping bisa jadi solusinya. Dirikan tenda buatan dari kain-kain yang saling dibentangkan. Kamu bisa lakukan ini di halaman rumah atau di ruang keluarga. Agar suasana camping makin syahdu, matikan beberapa lampu dan taruh beberapa bantal di dalam tenda.

Jika did alam ruangan, camping sembari marathon film bisa jadi opsi yang menarik. Bawa snack dan minuman untuk menemani nonton film. Jika diluar ruangan, kamu bisa benar-benar menikmati langit berbintang ditemani musik yang lambat sambil minum susu coklat hangat. Wah, sangat menyenangkan!

5. Main board game juga jadi opsi seru

Lebih Hemat! Ini 5 Ide Simpel Agar Staycation Di Rumah Makin Asikunsplash.com/National Cancer Institute

Agar staycation di rumah bisa berhasil, singkirkan gadget dari hadapan seluruh anggota keluarga. Prioritaskan interaksi secara langsung antar anggota keluarga.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan bermain board game, permainan seperti ular tangga, monopoli dapat digunakan sebagai opsi mengisi waktu selama staycation dirumah. Agar permainan lebih seru, kamu bisa menerapkan hukuman kepada siapa saja yang kalah dalam permainan tersebut. 


Itu dia lima ide yang bisa kamu realisasikan, untuk staycation di rumah bersama keluarga. Gak kalah seru dengan staycation di luar kan?

Baca Juga: Senyum Bahagia, 5 Potret Laudya Cynthia Bella Staycation di Bandung

Stephanie Priyanka Photo Verified Writer Stephanie Priyanka

Mencoba terus bergerak dengan terus menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya