Comscore Tracker

Lebih Disiplin, Ini 5 Tips Jitu agar Bisa Bangun Tidur Tanpa Alarm

Mulai kebiasaan baru yang lebih baik, yuk

Pengen bisa rutin bangun tidur tepat waktu walaupun tanpa alarm? Untuk kebiasaan yang satu ini memang menjadi tantangan tersendiri dan butuh banyak latihan agar bisa konsisten untuk melawan rasa kantuk.

Selain melatih konsisten, bangun pagi tanpa alarm juga melatih kedisiplinan kita dari hal-hal yang kecil. Tapi kamu masih bingung gimana memulainya? Lima tips ini akan membantumu untuk membangun kebiasaan baru tersebut.

1. Agendakan waktu tidurmu setiap hari

Lebih Disiplin, Ini 5 Tips Jitu agar Bisa Bangun Tidur Tanpa Alarmpexels.com/Andrea Piacquadio

Ga cuma pekerjaan yang butuh diagendakan dengan baik, tidurpun juga. Karena tidur sangat erat kaitannya dengan kesehatan, kalau kamu tidak mengatur waktu tidurmu dengan baik, kesehatanmu akan terganggu dan aktivitasmu jadi berantakan.

Kenali berapa waktu yang kamu butuhkan untuk tidur, menurut National Sleep Foundation, kebanyakan orang butuh waktu 7 hingga 9 jam untuk tidur. Untuk mengetahui waktu tidur idealmu kamu bisa melatihnya dengan tidur di waktu yang sama setiap malam selama satu minggu dan bangunlah tanpa alarm.

Selama satu minggu itu kamu akan menilai berapa sebenarnya jam ideal yang kamu butuhkan untuk tidur. Dengan mengenal waktu idealmu sendiri, kamu mampu untuk memperkirakan jam berapa saat yang tepat untuk tidur, sehingga kamu ga perlu takut untuk tidur tanpa memasang alarm.

2. Lakukan ritual sebelum tidur

Lebih Disiplin, Ini 5 Tips Jitu agar Bisa Bangun Tidur Tanpa Alarmpexels.com/fotografierende

Agar bisa tidur lebih rileks, ritual sebelum tidur ini wajib kamu lakukan. Selain membantumu untuk lebih rileks, aktivitas ini membantumu untuk melatih otak mengenali waktu yang tepat untuk tidur. Aktivitas yang dilakukanpun tidak terlalu susah.

Kamu bisa mencuci muka, menyikat gigi, atau melakukan meditasi, membaca buku, dan minum secangkir teh atau susu. Ritual lain adalah matikan lampu dan letakkan handphone maupun segala sesuatu yang adalah sumber cahaya. Karena cahaya akan menghambat produksi melatonin.

Melatonin ini hormon yang bertanggung jawab mengatur pola tidur tidur, dia mengetahui kapan waktu untuk tidur dan waktu terjaga. Sehingga kalau hormon melatonin terganggu, maka siklus tidur dan terjaga akan terganggu. Yuk mulai disiplinkan diri!

Baca Juga: Lakukan 5 Kebiasaan Sehat Ini di Pagi Hari agar Harimu Makin Produktif

3. Konsistensi adalah kunci!

Lebih Disiplin, Ini 5 Tips Jitu agar Bisa Bangun Tidur Tanpa Alarmpexels.com/Kampus Production

Kebiasaan yang dilakukan berulang-ulang akan membantu otakmu untuk otomatis mengingat aktivitas tersebut. Setelah kamu melakukan kebiasaan tidur tanpa alarm selama beberapa minggu, badanmu secara alami akan bergerak untuk tidur dan terjaga di waktu yang sudah kamu tentukan di awal.

Memang, di awal akan terasa susah untuk disiplin dan konsisten, tetapi kalau mau memiliki kebiasaan yang lebih baik, mau tidak mau harus memaksa dirimu sendiri melawan kesulitan tersebut. Berani untuk mengambil tantangan ini?

4. Kebiasaan sehat lain juga harus dilakukan

Lebih Disiplin, Ini 5 Tips Jitu agar Bisa Bangun Tidur Tanpa Alarmpexels.com/Philip Ackermann

Selain harus disiplin dengan waktu tidur, pola makan sehat dan olahraga yang reguler juga alasan agar memiliki kualitas tidur yang baik. Dengan kualitas tidur yang baik, kamu akan lebih mudah untuk bangun tidur tanpa alarm.

Rutin berolahraga seperti aerobic, cardio, lari, yang dilakukan di sore hari atau menjelang malam akan membantumu tidur di malam harinya. Menurut Sleepfoundation.org, workout juga bisa membantu mengurangi risiko permasalahan tidur seperti insomnia.

Selain itu, apa yang kita makan juga memengaruhi kualitas dan durasi tidur. Makanan atau minuman yang mengandung kafein, waktu makan yang terlalu dekat dengan jam tidur justru membuatmu susah tidur.

Menurut sleepadvisor.org, setidaknya 2 sampai 3 jam sebelum tidur adalah waktu maksimal untuk kamu makan sebelum tidur. 

5. Miliki backup plan

Lebih Disiplin, Ini 5 Tips Jitu agar Bisa Bangun Tidur Tanpa Alarmpexels.com/Acharaporn Kamornboonyarush

Tetap pasang alarm, just in case kalau kamu masih belum bisa bangun tanpa alarm. Tapi, jangan jadikan itu sebagai patokan untuk kamu terjaga dari tidur.

Oleh karena itu, sebelum tidur selalu miliki mindset untuk bisa tetap terjaga sekalipun tanpa alarm. Kalaupun kamu sudah berusaha tetapi tetap saja belum bisa mencapai tujuan tersebut, jangan menyerah dan coba terus. 

 

Kebiasaan sederhana ini bisa melatihmu untuk membangun kebiasaan baik lainnya. Belajar untuk jadi disiplin memang susah-susah gampang, tapi kalau kita mau terus mencoba pasti kebiasaan baik ini bisa kita raih. Semangat untuk memiliki kebiasaan baru di tahun yang baru!

Baca Juga: Sering Dikira Aman, 5 Kebiasaan Sehari-hari Ini Ternyata Berbahaya

Stephanie Priyanka Photo Verified Writer Stephanie Priyanka

Mencoba terus bergerak dengan terus menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya