Comscore Tracker

Kuasai Rasa Stres, 5 Tips Tetap Tenang Di Tengah Tekanan Pekerjaan

Masa di bawah tekanan adalah masa terbaik untuk upgrade diri

Tidak dipungkiri tekanan di pekerjaan sangat dinamis dan tidak bisa kita prediksi. Kesiapan secara mental dan fisik sangat membantu untuk mengatasi stres yang muncul.

Apabila kita bisa menerapkan gaya hidup mindful di pekerjaan, sedikit demi sedikit stres itu akan berkurang, pikiran lebih tenang, dan tentunya lebih siap menghadapi tekanan itu. Lalu, bagaimana caranya untuk tetap tenang di tengah tekanan pekerjaan kita? Yuk, simak bersama.

1. Sisihkan waktu untuk berpikir lebih tenang

Kuasai Rasa Stres, 5 Tips Tetap Tenang Di Tengah Tekanan Pekerjaanpexels.com/Andrea Piacquadio

Bagaimana bisa kita menyisihkan waktu di saat kerjaan masih menumpuk? Bukannya malah bikin waktunya terbuang, ya? Yang dimaksud menyisihkan waktu di sini adalah untuk merelaksasikan pikiran kita terlebih dahulu dengan tujuan bisa bekerja lebih efektif.

Ketika setumpuk arahan dan pekerjaan sudah menanti untuk diselesaikan satu-persatu, pilihlah untuk tenang dan jangan panik. Karena panik bisa mengarah ke keputusan yang salah dan energi yang terbuang. Tidak apa-apa kalau kamu terlihat lebih lambat di awal. Lets start with slow down to speed up!

2. Berkawan dengan stres

Kuasai Rasa Stres, 5 Tips Tetap Tenang Di Tengah Tekanan Pekerjaanpexels.com/Andrew Neel

Sebuah penelitian di University of Wisconsin Madison yang membahas tentang stress mengungkap bahwa orang yang mengalami tingkat stres tinggi tapi percaya bahwa stres adalah baik baginya maka dia memiliki tingkat bunuh diri yang lebih rendah dibanding mereka yang percaya bahwa stres adalah hal yang buruk. 

Bagaimana kita memandang stres menentukan dampak stres ke dirimu sendiri. Yuk, ubah cara kita memandang stres dan sibuknya pekerjaan sebagai sesuatu yang baik. Bila tidak ada hal positif yang bisa kamu temukan di balik tekanan pekerjaan, setidaknya digunakan untuk meng-upgrade skill dan mental kita.

Baca Juga: 6 Alasan Kenapa Stres Dampak Stres pada Laki-Laki Lebih Parah

3. Penuhi diri dengan rasa syukur

Kuasai Rasa Stres, 5 Tips Tetap Tenang Di Tengah Tekanan Pekerjaanpexels.com/Burst

Rasa syukur akan meningkatkan survival mode. Ya, karena kita bisa melihatnya dari sisi yang positif. Sekalipun tantangan dan tekanan menghampiri, tapi ketika kita bisa menjalaninya dengan penuh rasa syukur maka tekanan itu bukan lagi menjadi masalah yang terlalu besar hingga tidak bisa diatasi. Daya tahan kita terhadap tantangan akan lebih teruji dan beban di pekerjaan bisa kita tanggung lebih ringan. 

4. Adopsi growth mindset, yuk

Kuasai Rasa Stres, 5 Tips Tetap Tenang Di Tengah Tekanan Pekerjaanpexels.com/Vanessa Garcia

Growth mindset adalah sebuah cara pikir yang tidak kaku dan percaya bahwa kemampuan seseorang dapat dikembangkan melalui berbagai cara. Pola pikir ini sangat penting dikembangkan di pekerjaanmu.

Dengan growth mindset, kamu tidak terintimidasi dengan tantangan, justru semakin gigih untuk menyelesaikan pekerjaannya. Lalu dibanding berkata "Itu bukan bidangku", ubah menjadi "Aku akan coba kerjakan."

5. Satu pekerjaan untuk satu rentang waktu

Kuasai Rasa Stres, 5 Tips Tetap Tenang Di Tengah Tekanan Pekerjaanpexels.com/Karolina Grabowska

Menerapkannya sesimpel gunakan waktu istirahat makan siang untuk makan siang. Istirahatlah saat waktunya istirahat. Begitu juga ketika kita bekerja jangan mencampuradukkan 2 pekerjaan sekaligus, mengerjakan laporan sembari membalas pesan akan meningkatkan tingkat stres kita.

Kalaupun kita terpaksa harus multitasking, kelolalah multitasking dengan baik sehingga tidak menimbulkan stres yang berlarut-larut. Yuk, mulai kuasai diri lebih baik!

 

Dinamika pekerjaan memang tidak selalu mulus. Kadang ada saja waktu dimana kita ditekan oleh banyaknya pekerjaan dan itu cukup melelahkan. Tapi semuanya bisa kita atasi bila kita mulai menerapkan kelima cara diatas. Mulai kerja cerdas, yuk!

Baca Juga: 5 Cara Jitu Cegah Stres Berkepanjangan Akibat Tekanan Pekerjaan

Stephanie Priyanka Photo Writer Stephanie Priyanka

Mencoba terus bergerak dengan terus menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya