Comscore Tracker

5 Sikap Negatif yang Harus Kita Kurangi Mulai Sekarang

Bisa bikin lebih sederhana!

Menjalankan hal baik dan menjauhi hal yang negatif, susah tidak jarang lagi kita dengar. Namun secara tidak sadar ada beberapa sikap negatif yang sering kita tunjukkan, nih, dan tidak jarang bisa membuat orang lain dan diri sendiri menjadi tidak nyaman. 

Berikut di bawah ini adalah lima sikap negatif yang harus kamu kurangi mulai sekarang, yuk, simak! 

1. Menolak kekurangan

5 Sikap Negatif yang Harus Kita Kurangi Mulai SekarangIlustrasi sedang sedih (unsplash.com/Angello_pro)

Setiap orang memiliki kekurangannya masing-masing. Terlihat sempurna mungkin menjadi keinginan setiap orang, namun dengan menolak kekurangan yang kita miliki bukanlah hal yang tepat. Bahkan orang-orang hebat di luar sana masih memiliki kekurangan dalam dirinya. 

Tidak menerima kekurangan yang dimiliki, sama seperti kita tidak menghargai diri sendiri. Selain itu, mulai menerima kekurangan juga membuat kita menjadi lebih sederhana. 

2. Suka menyalahkan

5 Sikap Negatif yang Harus Kita Kurangi Mulai SekarangIlustrasi sedang kecewa (unsplash.com/Fernanddecanne)

Bukan hanya menyalahkan orang lain, kita juga harus mulai mengurangi untuk menyalahkan diri sendiri dan keadaan. Terkadang ada beberapa hal memang berjalan tidak sesuai dengan keinginan, meski begitu menyalahkan keadaan akan semakin membuat pikiran negatif terus bermunculan. 

Daripada terus merasa bersalah dengan kegagalan yang terjadi, kita bisa mulai melakukan hal baru dengan bercermin dari kegagalan yang susah terjadi. 

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Kamu Enggan Mengekspresikan Perasaan Negatif

3. Meragukan kemampuan sendiri

5 Sikap Negatif yang Harus Kita Kurangi Mulai SekarangIlustrasi sedang sedih (unsplash.com/Tjump)

Melihat orang lain terlebih yang sudah lebih hebat dari kita, terkadang memang membuat iri. Tidak jarang juga kita mulai meragukan kemampuan yang kita miliki, namun jangan biarkan itu terus berlarut. 

Setiap orang memiliki kemampuan yang berbeda, mungkin kita juga bisa tidak sadar dengan kemampuan yang dimiliki. Alih-alih merasa tidak memiliki kemampuan, kamu menggunakannya sebagai motivasi untuk terus berusaha. 

4. Tidak mau mendengarkan saran orang lain

5 Sikap Negatif yang Harus Kita Kurangi Mulai SekarangIlustrasi sedang marah (unsplash.com/Ffabyp)

Percaya pada diri sendiri memang penting, tapi ada saat di mana kita juga butuh saran dari orang lain. Salah satunya ketika sedang diskusi di dalam kelompok, kita tidak bisa menjadi hanya menyusun atau menjalankan rencana sendiri. 

Dalam sebuah kelompok kita perlu mendengar pendapat dari sisi anggota kelompok yang lain, dan menyusunnya sesuai kesepakatan. Tidak mendengarkan saran orang lain bukan hanya akan membuat kita terlihat egois, tapi juga membuat orang lain merasa tidak nyaman. 

5. Berpikiran negatif terhadap orang lain

5 Sikap Negatif yang Harus Kita Kurangi Mulai SekarangIlustrasi sedang marah (unsplash.com/Obiefernandez)

Mungkin tidak sedikit yang sering memiliki pertanyaan ketika melihat orang yang kita kenal hidupnya bahagia, berkecukupan di sosial media, namun tidak terlihat memiliki pekerjaan. Itu juga salah satu sikap negatif yang perlu kita ubah mulai sekarang, nih! 

Tidak semua hal harus diunggah dalam sosial media. Ada banyak orang yang memilih hal-hal menyenangkan untuk mereka perlihatkan seperti liburan, melakukan kegiatan menyenangkan, keindahan alam, dan masih banyak lagi. 

Meski kita sering tidak sadar melakukan sikap-sikap seperti di atas, tapi kita bisa coba kurangi sedikit demi sedikit. 

Baca Juga: 5 Hal Ini Bisa Bantu Hapus Pikiran Negatif, Patut Dicoba!

Suandewi Oka Photo Verified Writer Suandewi Oka

Stay happy!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya