Comscore Tracker

5 Alasan Kamu Harus Tarawih Berjamaah di Masjid

#RamadanMasaKini Tentu saja pahalanya berlipat-lipat!

Sudah tak terasa ternyata sudah memasuki minggu kedua. Gimana puasamu? Apakah masih penuh? Apakah amalan-amalan selama bulan suci ini juga masih kamu lakukan? Tak seperti jamaah tarawih di masjid yang kian berkurang, semoga ibadahmu makin kencang ya.

Salat tarawih menjadi salah satu amalan spesial di bulan Ramadan. Meski hukumnya sunnah, kita dianjurkan untuk mendirikannya demi mendapatkan pahala yang lebih berlipat. Di antara kita mungkin ada yang lebih memilih untuk salat tarawih di rumah sendiri, namun sebenarnya salat di masjid jauh lebih bermanfaat lho. 

Berikut adalah 5 alasan kenapa kamu harus banget tarawih di masjid. Simak baik-baik ya biar kamu tahu.

1. Keutamaan salat tarawih

5 Alasan Kamu Harus Tarawih Berjamaah di Masjidislami.co/Hengki Ferdiansyah

Salat tarawih yang dilakukan dengan ikhlas dan semata-mata karena Allah SWT, maka orang yang melakukannya akan diampuni dosanya.

Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah Muhammad SAW bersabda ,“Barang siapa yang melakukan qiyam ramadan, didasari iman dan mengharapkan pahala maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lewat.” (HR. Bukhari 37 & Muslim 759).

Salat tarawih disyariatkan pada bulan Ramadan, baik secara berjamaah maupun seorang diri. Selain itu, salat berjamaah lebih utama dibanding salat sendiri. Oleh karena itu, baiknya kamu salat tarawihnya berjamaah ya.

2. Quality time, manfaatkan waktumu

5 Alasan Kamu Harus Tarawih Berjamaah di Masjidunsplash/utsman media

Tidak salat tarawih berjamaah karena sibuk main gadget? Kamu harus tinggalin sejenak. Untuk salat tarawih kamu tidak perlu menunggu hidayah untuk sadar. Coba bayangkan waktumu buat main gadget dan ngepoin orang-orang di media sosial itu bakalan lebih lama ketimbang salat jemaah tarawih di masjid. Bener gak sih?

Baca Juga: 5 Kebaikan Spiritual yang Bisa Didapat dari Salat Tarawih 

3. Mendekatkan diri kepada sang Pencipta

5 Alasan Kamu Harus Tarawih Berjamaah di Masjidunsplash/david monje

Jika kamu salat tarawih berjemaah di masjid, sudah barang tentu kamu akan merasakan kesyahduan suasana masjid. Bulan puasa ini akan terasa lebih berharga ketika kamu mendeketakan diri kepada Allah.

Perbanyak zikir, membaca Alquran, dan berkumpul dengan umat muslim lainnya. Pastinya ketika lebaran nanti, kemenangan itu bakalan kamu rasakan bukan hanya euforianya saja. Semoga kamu bisa istiqomah ya.

4. Menolak malas

5 Alasan Kamu Harus Tarawih Berjamaah di Masjidunsplash/elizabeth lies

Jika kamu berpikir salat tarawih sendiri, sepertinya itu bukan alasan yang baik buat memelihara kemalasanmu. Kalau imanmu masih belum kuat buat salat tarawih sendiri, sebaiknya berjemaah saja. Takutnya nanti kamu malas dan ketiduran deh. Semoga di bulan penuh berkah ini kamu bisa menolak ajakan malas ya.

5. Dapat siraman kalbu

5 Alasan Kamu Harus Tarawih Berjamaah di Masjidinstagram/salman_al_jugjawy

Ketika salat berjemaah di masjid, ada satu kegiatan yang sayang jika dilewatkan. Adalah siraman kalbu. Ustaz akan menyampaikan pengetahuan-pengetahuan baru bagimu dan memperdalam pemahamanmu tentang agama. Setidaknya sepulang dari masjid kamu mampu mengingat dan menerapkannya.

Dengan mengikuti kegiatan ini, diharapkan kamu mampu mendapat suri teladan yang baik dan mendapat pengajaran sebagai pedoman hidup.

Di atas adalah lima hal yang patut menjadi alasan kenapa kamu harus salat tarawih berjemaah di masjid. Tentu kamu memiliki alasan mengapa kamu salat tarawih.

Mungkin kamu merasa perlu melihat temanmu salat tarawih, atau perintah orang tua, atau apa pun alasanmu, biasakan untuk salat malam, apalagi di bulan penuh kemuliaan ini. Semoga istiqomah-mu dalam beribadah juga terus kamu lakukan sampai usai Ramadan nanti, ya.

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

Suci Umi Photo Community Writer Suci Umi

Seorang mahasiswa yang sedang belajar nulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You