Comscore Tracker

5 Hal Ini Sering Luput Dari Perhatian Si Tulang Punggung di Perantauan

Hal kecil jangan disepelekan!

Sebagai tulang punggung dalam keluarga, tentulah kamu memiliki tanggung jawab untuk menghidupi keluargamu. Entah itu ayah, ibu maupun adik-adikmu sendiri. Tidak heran ketika kamu rela kerja banting tulang dari pagi hingga malam hari untuk mencari nafkah demi menghidupi mereka. Namun terkadang, di sadari atau tidak, 5 hal ini sering luput dari perhatian si tulang punggung yang hidup di perantauan. Apa aja sih? Yuk simak!

1. Keluargamu tidak hanya butuh uang darimu, kasih sayang dan perhatian jauh lebih penting dari sekedar uang!

5 Hal Ini Sering Luput Dari Perhatian Si Tulang Punggung di PerantauanPexels/Daria Shevtsova

Kita kadang suka berpikir bahwa uang itu lebih penting dari segalanya. Sibuk mencari uang untuk menghidupi keluarga sering membuat kita lupa untuk memberikan kasih sayang atau sekedar menaruh perhatian kepada keluarga selama berada jauh di perantauan.

Terlebih lagi mindset yang tertanam di pikiran kita bahwa sebagai tulang punggung, kewajibannya semata-mata hanya mengirimkan uang setiap bulan kepada keluarga. Sampai-sampai kita lupa bahwa kasih sayang, perhatian dan rasa kepedulian kepada keluarga yang sebenarnya mereka inginkan jauh lebih penting dari hanya sekedar uang. Dan hal ini sering luput dari perhatian kita sebagai tulang punggung yang hidup di perantauan.

2. Hanya untuk mengumpulkan pundi-pundi kamu rela kerja lembur sampai lupa memikirkan kesehatanmu

5 Hal Ini Sering Luput Dari Perhatian Si Tulang Punggung di PerantauanPexels/Energepic

Fokus bekerja sampai harus rela lembur demi mengumpulkan pundi-pundi uang sering dilakukan oleh mereka si tulang punggung keluarga ini. Bahkan mereka sering melupakan akan kesehatan diri sendiri. Memang lah benar kewajibanmu mencari uang. Namun kalau sampai harus mengesampingkan kesehatanmu juga bukanlah hal baik. Sebab kesehatanmu pun juga jauh lebih penting.  

3. Kesibukan sering membuatmu lupa, bahwa ada keluarga yang selalu menunggu kabar darimu

5 Hal Ini Sering Luput Dari Perhatian Si Tulang Punggung di PerantauanUnsplash/Freestocks

Memutuskan bekerja dan merantau memang membuatmu jauh dari keluarga. Namun jangan sampai hal itu membuatmu menjadi melupakan keluargamu. Kamu harus ingat bahwa ayah, ibu dan adik-adikmu pun pastinya rindu dan selalu menunggu kabar darimu. Selalu lah untuk berkabar kepada keluargamu yang jauh disana walau sesibuk apapun kamu. Sebab mereka lah yang pastinya selalu ada untukmu.

Baca Juga: Merantau Jauh dengan Keluarga? Ini 7 Tips Pindahan ke Negeri Seberang!

4. Sibuk bekerja membuatmu lupa, bahwa diri sendiri pun berhak untuk di manjakan

5 Hal Ini Sering Luput Dari Perhatian Si Tulang Punggung di PerantauanPexels/The Lazy Artist

Di tengah-tengah kesibukanmu mencari uang sebagai tulang punggung, tak lantas membuatmu harus terus-terusan memikirkan soal mengumpulkan uang. Sesekali kamu pun perlu memanjakan dirimu sendiri. Entah itu untuk sekedar perawatan, kumpul bersama teman-teman atau sekedar berlibur. Karena terkadang hal itu di perlukan untuk bisa membuatmu terhindar dari stress yang disebabkan oleh rutinitasmu yang selama ini sibuk dengan pekerjaanmu. Gak ada salahnya juga kan sesekali memanjakan dirimu sendiri!

5. Sangking sibuknya kerja untuk menghidupi keluarga dan mengejar karir, membuatmu kurang memprioritaskan diri untuk berumah tangga

5 Hal Ini Sering Luput Dari Perhatian Si Tulang Punggung di PerantauanUnsplash/Wu Jianxiong

Meskipun menjadi tulang punggung dalam keluarga, jangan sampai membuatmu jadi mengesampingkan untuk berumah tangga karena terlalu sibuk bekerja dan mengumpulkan uang. Percayalah, orang tuamu pun pastinya juga ingin melihatmu memiliki pasangan, menikah dan mempunyai keluarga yang bahagia. Jadi jangan terlalu berfokus dengan kerjaan, mencari uang untuk menghidupi keluarga dan memikirkan karir saja. Sebab kamu pun juga perlu memikirkan hidupmu ke depan.

Nah, itulah 5 hal yang terlihat kecil namun terkadang sering luput dari perhatian mereka yang sibuk mencari kerja di perantaun. Yuk mulai sekarang lebih memperhatikan hal-hal kecil yang sebenarnya bernilai besar!

Baca Juga: Merantaulah dan Rasakan 7 Manfaat Hidup yang Bisa Kamu Dapatkan Ini

Sucy Fujiazma Photo Community Writer Sucy Fujiazma

writing and sharing ✌️ | instagram : @sucyfujiazma

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You