Comscore Tracker

Single, Ini 5 Keuntungan bagi yang Belum Miliki Pasangan, Catat!

Kata siapa sendiri itu sepi, gak juga, kok!

Banyak orang beranggapan, mereka yang sendiri tanpa pasangan itu hidupnya selalu sepi. Padahal gak juga. Perihal memiliki pasangan atau tidak, balik lagi pada diri masing-masing.

Ada yang memang lebih nyaman ketika menjalin hubungan dan memiliki pasangan. Namun, ada juga yang lebih nyaman dengan kesendiriannya. Apa pun pilihan setiap orang, kita tidak boleh memandang sebelah mata. Ya, sekalipun dia memilih untuk sendiri tanpa pasangan.

Mereka yang belum memiliki pasangan bukan berarti hidupnya sepi. Ada, lho, keuntungan yang dirasakan oleh mereka yang belum memiliki pasangan. Penasaran apa saja? Yuk, simak!

1. Lebih banyak waktu dengan diri sendiri

Single, Ini 5 Keuntungan bagi yang Belum Miliki Pasangan, Catat!ilustrasi sedang me time (unsplash.com/George Bakos)

Salah satu yang akan kamu rasakan saat kamu belum memiliki pasangan yaitu, kamu lebih banyak waktu dengan dirimu sendiri. Kamu bebas melakukan dan menikmati apa pun yang kamu inginkan, tanpa harus melapor ke pasanganmu.

Ya, memang bukan berarti juga, mereka yang memiliki pasangan hidupnya tidak bebas. Namun, seringnya kebebasan itu menjadi terbatas. Karena apa? Karena posisinya yang sudah memiliki pasangan dan kebanyakan pasangan juga ingin saling mengabarkan terkait apa pun yang dilakukan. Benar, tidak?

2. Membuatmu dapat fokus pada karir dan mimpimu

Single, Ini 5 Keuntungan bagi yang Belum Miliki Pasangan, Catat!ilustrasi fokus pada mimpi dan karir (unsplash.com/bruce mars)

Tentunya, ketika kamu belum memiliki pasangan, waktumu akan lebih banyak. Salah satunya perihal mengejar karir dan mimpimu. Kamu akan lebih banyak waktu untuk mempersiapkan diri dan mengejar mimpi-mimpi yang kamu miliki. Waktumu belajar juga jadi lebih banyak. Sebab, kamu sibuk dengan dirimu sendiri.

Saat diri bisa fokus, tentunya ini akan membuatmu lebih mudah mencapai apa pun yang kamu inginkan. Sebab, kamu tak perlu harus memikirkan orang lain alias pasangan saat kamu memutuskan untuk sendiri.

3. Kamu bebas menentukan teman

Single, Ini 5 Keuntungan bagi yang Belum Miliki Pasangan, Catat!ilustrasi banyak teman (unsplash.com/Duy Pham)

Memiliki pasangan tentu membuatmu harus memberi batas dalam hal perteman. Terlebih, jika berteman dengan lawan jenis. Kamu harus memikirkan perasaan pasanganmu, jika berteman terlalu dekat dengan lawan jenis.

Sementara, saat kamu belum memiliki pasangan, kamu bebas berteman dengan siapa saja. Kamu gak perlu berhati-hati. Sebab, tidak ada orang yang akan cemburu denganmu karena kamu belum memiliki kekasih. So, hidup tanpa pasangan juga gak selalu tentang sepi, kan?

Baca Juga: 5 Alasan Kudu Menikmati Masa Jomlo selepas Hubungan Toxic

4. Momen bagimu untuk mengembangkan diri

Single, Ini 5 Keuntungan bagi yang Belum Miliki Pasangan, Catat!ilustrasi sedang mengembangkan diri (pexels.com/Anthony Shkraba)

Tak apa-apa jika saat ini kamu belum memiliki kekasih. Tak perlu iri sama mereka yang sudah memiliki kekasih hati.

Justru saat kamu sendiri, dapat kamu gunakan sebagai momen untuk mengembangkan dirimu itu. Kamu bisa menggali setiap potensi yang kamu miliki. Kamu juga lebih banyak waktu untuk eksplor banyak hal yang kamu sukai.

Saat kamu menyibukkan waktumu dengan mengembangkan diri, percayalah bahwa kamu tak akan merasakan sepi.

5. Momen dalam mengenal diri sendiri

Single, Ini 5 Keuntungan bagi yang Belum Miliki Pasangan, Catat!ilustrasi mengenal diri sendiri (unsplash.com/ Ekaterina Krusanova)

Saat kamu belum memiliki kekasih, ini adalah momen bagimu untuk lebih kenal dengan dirimu. Kamu bisa lebih banyak waktu dengan dirimu sendiri. Kelak, ketika kamu sudah mengenal dirimu sendiri, kamu akan siap untuk memulai hubungan dengan seseorang.

Tak ada lagi yang namanya masalah karena terlalu ingin maumu yang dituruti dan sebagainya ketika memiliki pasangan nanti. Jadi, tak perlu mempermasalahkan kondisimu yang belum memiliki pasangan sampai saat ini, ya.

Mereka yang memiliki pasangan juga belum tentu hidupnya bahagia. Dan mereka yang sendiri, hidupnya juga belum tentu selalu sepi. Jadi, berhenti, deh, mempermasalahkan perihan kesendirian yang identik dengan sepi, ya.

Baca Juga: 9 Presenter Pria yang Tetap Bahagia meski Single di Usia 35 ke Atas

Sucy Fujiazma Photo Verified Writer Sucy Fujiazma

Content writer of IDN Times.com, Hipwee.com | Website : menjadipendengar.com | instagram : @sucyfujiazma

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya