Comscore Tracker

5 Alasan Kamu Gak Boleh Menjadi Seorang yang Egosentris

Jauhi ya!

Apakah kamu pernah dengar istilah egosentris? Hal itu sebenarnya lebih merujuk pada sikap seseorang yang hanya berpatokan pada egonya saja. Dia pasti akan memperjuangkan kemauannya secara habis-habisan tanpa mempertimbangkan pendapat orang lain.

Hal tersebut sangatlah buruk jika dipraktikan dalam kehidupan sehari-hari karena banyak risiko yang harus diterima. Sebisa mungkin kamu harus menjauhi hal buruk tersebut agar tak terjebak dalam zona hidup yang cenderung negatif. Untuk penjelasan lebih lanjut, simak pembahasan berikut ini.

1. Ingatlah bahwa pendapatmu itu tak selalu mutlak kebenarannya

5 Alasan Kamu Gak Boleh Menjadi Seorang yang Egosentrisunsplash.com/clem onojeghuo

Setiap orang memang memiliki hak untuk berpendapat di depan umum. Namun terkadang kamu juga harus memperhatikan porsi yang disampaikan. Selain itu, kamu juga harus bisa menilai orang lain apakah mereka semua setuju dengan pendapat yang kamu utarakan.

Kamu harus menjauhkan diri dari sikap egosentris karena hal itu belum tentu baik untukmu. Tidak semuanya pendapat yang kamu tuturkan tersebut dianggap benar. Ingatlah bahwa seorang manusia itu tak ada yang sempurna. Oleh karena itu, cobalah membiasakan diri untuk bisa menghargai.

2. Pada hakikatnya manusia adalah makhluk sosial

5 Alasan Kamu Gak Boleh Menjadi Seorang yang Egosentrisunsplash.com/kelsey chance

Semua orang pasti setuju bahwa manusia adalah makhluk sosial yang tak bisa hidup tanpa bantuan orang lain. Begitu pula dirimu, tanpa bantuan orang lain mungkin kamu tak akan bisa survive di dunia yang cukuo keras ini. Mempertahankan pendapat memanglah hakmu, tetapi cobalah memerhatikan orang di sekitar.

Memperjuangkan pebdapatmu secara mati-matian bukanlah langkah yang tepat agar hidupmu bisa lebih baik. Hal itu terjadi karena banyak orang yang mungkin memiliki ambisi sama denganmu. Mengalah bukan berarti kalah, kamu bisa memetik pelajaran mengenai kebijaksanaan.

3. Menjaga perasaan orang lain agar tak sakit hati

5 Alasan Kamu Gak Boleh Menjadi Seorang yang Egosentrisunsplash.com/phil coffman

Egosentris merupakan sikap yang sangat buruk dan dapat menyebabkan orang lain jadi tersinggung. Sebelumnya telah disbeutkan bahwa semua orang tak akan bisa hidup tanpa bantuan orang lain. Kamu harus bida menyesuaikan agar tak ada perselisihan antar sesama.

Ingatlah bahwa hidup itu bukan hanya tentang kamu. Di dunia ini banyak orang yang memiliki tujuan serta pemikiran masing-masing dan tak dapat digeneralisir. Oleh karena itu, cobalah untuk berusaha menjaga perasaan orang lain dengan cara menghilangkan ego.

Baca Juga: Tanpa Kamu Sadari, 6 Tanda Ini Tunjukkan Bahwa Kamu Egosentris

4. Masalah akan lebih cepat selesai jika dipikir bersama-sama

5 Alasan Kamu Gak Boleh Menjadi Seorang yang Egosentrisunsplash.com/dylan gillis

Banyak orang pasti setuju bahwa sebuah masalah itu pasti akan cepat terselesaikan jika dipikul bersama. Dalam dunia kerja, kamu tak boleh mengambil keputusan sendiri tanpa mendengarkan pendapat orang lain terlebih dahulu. Jika hal tersebut dilakukan secara terpaksa, maka siap-siap saja akan menjadi bumerang untukmu.

Kamu tak bisa meng-handle masalah dengan sendirian karena sifatnya yang cukup berat. Jangan memilih jalan yang sulit jika jalur mudah masih terbuka lebar. Oleh karena itu, cobalah untuk bisa meredam egomu yang tinggi tersebut demi kebaikan bersama.

5. Orang lain pasti tidak akan respect kepadamu

5 Alasan Kamu Gak Boleh Menjadi Seorang yang Egosentrisunsplash.com/stefan spassov

Pernahkan kamu mendengar tentang hukum timbal balik? Banyak orang pastinya tak meragukan hal itu karena sudah terbukti. Dalam hal bersosial, jika ingin dihormati maka praktikkan terlebih dahulu hal tersebut kepada orang lain. Intinya adalah kamu harus berbuat baik jika ingin hasil yang baik.

Memang sangatlah susah untuk dilakukan karena banyak orang yang tak sejalan dengan pemikiranmu. Oleh karena itu, berlatih untuk bisa terbiasa menghargai adalah langkah yang cukup tepat jika ingin hidupmu bisa berjalan lebih mudah.

Itulah kelima alasan mengapa kamu harus menjauhi sikap egosentris. Segala sesuatu yang dipaksakan pasti akan menghasilkan hal buruk. Jangan sampai, ya!

Baca Juga: Ini 5 Perbedaan Egois dengan Mencintai Diri Sendiri, Jangan Keliru Ya!

Hamas Nurhan Photo Verified Writer Hamas Nurhan

Cat-Holic

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya