Comscore Tracker

5 Kebiasaan Positif yang Latih Kamu Jadi Pribadi Bertanggung Jawab

Berani coba?

Dalam kehidupan sehari-hari, setiap orang memang harus memegang tanggung jawab kepada diri sendiri maupun orang lain. Namun terkadang tak semua orang dapat menjalankan tanggung jawabnya dengan baik karena banyaknya tekanan yang datang. Tetapi hal tersebut adalah sebuah risiko yang harus dipegang.

Mau tidak mau, tanggung jawab haruslah dilaksanakan dengan baik agar tak ada keburukan yang terjadi. Ada beberapa hal sepele yang dapat membantumu dalam meningkatkan rasa tanggung jawab dalam diri. Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai hal tersebut, simaklah pembahasan berikut ini.

1. Merapikan tempat tidur sehabis bangun

5 Kebiasaan Positif yang Latih Kamu Jadi Pribadi Bertanggung Jawabpexels.com.castorly stock

Kebanyakan orang sehabis bangun tidur itu terbiasa untuk mencari ponsel mereka. Padahal hal tersebut hanya akan mengantarkanmu larut ke dalam lubang kemalasan. Jika kamu ingin menjadi seseorang yang lebih bertanggung jawab, maka cobalah untuk melakukannya kepada diri sendiri.

Merapikan tempat tidur merupakan salah satu tindakan yang paling tepat untuk melatih tanggung jawab. Buktinya adalah ketika sedang tidur, baik selimut maupun kasurmu pasti akan menjadi berantakan akibat ulahmu yang tak terkontrol. Menatanya kembali merupakan salah satu tindakan yang cukup bertanggung jawab.

2. Selalu menjaga kebersihan tempat pribadi

5 Kebiasaan Positif yang Latih Kamu Jadi Pribadi Bertanggung Jawabpexels.com/nathan cowley

Tempat-tempat pribadi itu tak hanya rumah maupun halaman sendiri lho. Menjaga kebersihan diri merupakan salah satu aset pribadi yang harus dijaga. Hal tersebut sangatlah penting karena banyak dampak buruk yang akan datang jika kegiatan bersih-bersih tak dilakukan.

Ingatlah bahwa salah satu penyebab kotornya aset-aset pribadimu adalah karena kamu sendiri. Oleh karena itu, menjaga kebersihan rumah atau pun diri sendiri merupakan tindakan yang cukup bertanggung jawab. Cobalah untuk terbiasa melakukannya agar tak hal-hal kecil yang disepelekan.

3. Selalu datang tepat waktu ketika ada janji

5 Kebiasaan Positif yang Latih Kamu Jadi Pribadi Bertanggung Jawabpexels.com/fauxels

Kamu pasti memiliki teman yang sukan ngaret, bukan? Hal itu memang lumrah terjadi karena pada hakikatnya setiap orang memang tak suka menunggu. Mereka lebih memilih untuk ditunggu karena hal tersebut tidaklah membosankan. Janganlah kamu selalu telat ketika ada janji dengan kolega.

Hal tersebut pasti akan membuat orang lain merasa jengkel terhadapmu. Coba bayangkan jika kamu telat menemui seorang klien yang sangat menentukan kariermu, maka semua mimpi yang ada di angan akan hilang seketika. Ingatlah bahwa waktu tidak dapat diulang, maka gunakanlah dengan baik.

Baca Juga: 5 Kerugian yang Dirasakan Jika Kamu Terus Menghindari Tanggung Jawab

4. Selalu mengapresiasi tiap orang yang telah membantu

5 Kebiasaan Positif yang Latih Kamu Jadi Pribadi Bertanggung Jawabpexels.com/anna shvets

Tidak sedikit orang yang terkadang lupa mengucap kata terima kasih sehabis ditolong. Hal tersebut terjadi karena kebiasaan yang jarang mengapresiasi setiap perbuatan maupun pemberian. Sebenarnya mengucap terima kasih tidaklah susah, hanya saja rasa gengsi yang membuat semuanya menjadi sulit.

Jika kamu ingin menjadi seseorang yang bertanggung jawab, maka cobalah untuk selalu mengapresiasi setiap pemberian orang. Hal itu akan membiat orang lain bahagia dan alan merasa bahwa perbuatannya tidak sia-sia. "Selalu mengapresiasi" dapat dihitung sebagai tindakan yang cukup bertanggung jawab terhadap perasaan orang lain.

5. Tidak pernah malu untuk belajar agar menjadi lebih baik

5 Kebiasaan Positif yang Latih Kamu Jadi Pribadi Bertanggung Jawabpexels.com/startup stock photos

Apakah kamu adalah seseorang yang suka gengsi ketika belajar hal baru? Sebenarnya hal tersebut tidak perlu dilakulan karena setiap orang memang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun hanya karena termakan gengsi, banyak orang yang malu jika belajar hal baru dengan orang lain.

Padahal hal tersebut merupakan sebuah bukti bahwa kamu telah tanggung jawab kepada diri sendiri. Ingatlah bahwa pada hakikatnya manusia itu harus bisa memiliki banyak keahlian agar dapat bertahan hidup. Jangan sampai kamu kalah dengan gengsi yang tinggi jika tak ingin menjadi seorang pecundang.

Itulah kelima hal positif yang dapat kamu lakukan untuk melatih sikap tanggung jawab. Jangan ragu untuk mencobanya!

Baca Juga: 5 Hal Mudah yang Bisa Dilakukan untuk Melatih Tanggung Jawab Si Kecil

Hamas Nurhan Photo Verified Writer Hamas Nurhan

Find me on instagram as @hamasnurhan_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya