Comscore Tracker

Agar Hidup Tenteram di Masa Tua, Millenials Wajib Lakukan 5 Hal Ini! 

Masa muda berjuang, masa tua ber-"uang"

Masa muda memang masa-masa paling menyenangkan. Masa muda biasanya dihabiskan untuk travelling, nongkrong dengan teman, membangun relasi sebanyak-banyaknya, dan lain-lain. Namun, jangan tetap terpaku pada prinsip "nikmatilah masa mudamu agar ketika tua tidak menyesal", memang benar adanya bahwa kita juga harus tetap menikmati masa muda namun harus dalam takaran yang tidak berlebihan.

Tidak ada salahnya kalian memulai mencoba pengalaman-pengalaman baru yang akan menunjang kehidupan kalian di masa tua. Berikut adalah lima hal yang wajib dilakukan jika ingin hidup enak di masa tua.

1. Investasi reksadana

Agar Hidup Tenteram di Masa Tua, Millenials Wajib Lakukan 5 Hal Ini! pexels.com/pixabay

Daripada menabung di bank, lebih baik uang kalian digunakan untuk investasi. Investasi reksadana secara digital adalah jawabannya karena kalian tidak perlu mengeluarkan uang lagi untuk mengunjungi kantor investasi tersebut.

Dengan hadirnya tekonologi, kegiatan investasi begitu mudah. Oleh karena itu, manfaatkan sebaik mungkin kemudahan tersebut. Banyak aplikasi investasi reksadana yang tersebar di Playstore maupun Appstore dan semuanya sudah terjamin keamanannya.

Memang, keuntungan yang didapatkan dari reksadana ini tidak terasa jika setahun atau dua tahun investasi, reksadana lebih bersifat keuntungan jangka panjang. Tetapi, keuntungan yang akan didapatkan jika kalian tetap konsisten untuk menaruh modal disana akan sangat besar.

Belasan tahun menaruh modal di reksadana akan melipatgandakan uang kalian lebih dari 300%. Maka dari itu, tidak usah ragu lagi untuk memulai investasi reksadana dengan menyisihkan uang jajan kalian agar terjamin di masa tua. 

2. Bergayalah sesuai isi dompet

Agar Hidup Tenteram di Masa Tua, Millenials Wajib Lakukan 5 Hal Ini! pexels.cpm/godisable jacob

Shopping merupakan suatu hal yang lumrah pada saat ini. Namun, jika itu hanya bertujuan untuk kalian menjadi dipandang di mata teman-teman mending berhenti saja deh. Karena jika berlebihan belanja sesuatu yang tidak penting itu malah melilit keuangan kita di masa-masa krisis (tanggal tua).

Bergayalah sesuai isi dompet dan kemampuan ekonomimu, jangan ikut-ikutan seseorang yang memiliki standar hidup berbeda dengan diri sendiri. Tidak apa-apa jika kalian melakukannya sekali dua kali, namun jangan terlalu sering.

Umpama kalian sudah memiliki pekerjaan dan itu menambah uang sakumu, tetaplah menjalani gaya hidup seperti kalian ketika belum punya uang tambahan sebelumnya. Jika kalian berhasil mengelola uang di masa muda, itu merupakan salah kunci sukses di masa tua. Yuk langsung realisasikan!

3. Mulai berwirausaha

Agar Hidup Tenteram di Masa Tua, Millenials Wajib Lakukan 5 Hal Ini! pexels.com/pixabya

Bisnis adalah sesuatu yang susah-suah gampang dilakukan, tergantung ketekunan seseorang dalam mengelola bisnis tersebut. Taukah kalian jika orang-orang kaya itu lahir dari mereka yang mengadu nasib di bidang wirausaha?

Hal itu memang benar karena jika kalian bekerja di kantoran atau sebagai pegawai negeri sipil maka gaji yang didapatkan akan muncul setiap sebulan sekali. Namun, untuk seorang pengusaha itu mereka bisa mendapatkan uang setiap kali produksi.

Jika kalian ingin menjadi orang kaya agar bermanfaat bagi orang-orang disekitar kalian, maka memulai bisnis semenjak kuliah adalah jawaban yang tepat. Ketika kalian setelah lulus kuliah, tidak dari semua lulusan sarjana tersebut langsung mendapatkan pekerjaan.

Bahkan untuk saat ini banyak sarjana yang menganggur dikarenakan kalah saing dengan sarjana lainnya. Untuk itu, membuka lapangan pekerjaan akan lebih baik dan bermanfaat daripada mencari lapangan pekerjaan. Yuk mulai dari sekarang cari ide kreatif untuk berbisnis!

Baca Juga: 5 Tips untuk Memilih Asuransi Kesehatan dan Jiwa yang Tepat

4. Mulai cari pengalaman kerja

Agar Hidup Tenteram di Masa Tua, Millenials Wajib Lakukan 5 Hal Ini! pexels.com

Hal yang paling mendasar untuk mendapatkan uang adalah kerja. Memang, kuliah merupakan kesibukan utama dan tidak boleh ditinggal, tetapi untuk mencoba sesuatu yang baru dan menghasilkan uang itu tidak ada salahnya bukan?

Pada saat ini, banyak usaha-usaha kecil bermunculan dan membutuhkan karyawan, contohnya adalah kedai kopi. Biasanya kedai kopi itu buka dari petang sampai malam, jam-jam tersebut sangat cocok dan pas jika kalian ingin mencari pundi-pundi uang lewat kerja paruh waktu.

Kerja paruh waktu juga dapat menambah kemampuan menguasai sesuatu dan memunculkan motivasi untuk bisa memiliki tempat usaha sendiri. Memang uang yang dihasilkan dari kerja paruh waktu itu hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari saja, tetapi itu merupakan langkah awal kalian untuk sukses. 

5. Sungguh-sungguh dalam berstudi

Agar Hidup Tenteram di Masa Tua, Millenials Wajib Lakukan 5 Hal Ini! pexesl.com/nappy

Jika kalian masih berada pada masa-masa sekolah atau kuliah, coba bersungguh-sungguhlah dan tetap konsisten untuk menjalaninya. Kemampuan konsistenmu di masa studi akan sangat mencerminkan kehidupanmu di masa tua kelak.

Cari ilmu setinggi-tigginya agar ketika lulus bisa mendapat pekerjaan dengan mudah. Selain itu, jika orientasimu itu berwirausaha dan bukan bekerja, tidak ada salahnya untuk mencari ilmu.

Lagipula, banyak dari kalian yang biaya studinya masih ditanggung orang tua. Tetap semangat dan selalu ingat bahwa kelak kalian akan menjadi orang tua pula. Kalian juga akan bertanggung jawab dengan orang-orang baru yang menjadi hidup kalian.

Itulah tadi kelima hal yang harus dilakukan agar bisa hidup tentram di masa tua. Apakah kalian sudah mulai melakukan salah satunya?

Baca Juga: 4 Tips yang Perlu Kamu Lakukan Agar Tetap Sehat di Masa Tua

Hamas Nurhan Photo Verified Writer Hamas Nurhan

Cat-Holic

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You