Comscore Tracker

5 Hal yang akan Terjadi Jika Kamu Terlalu Pelit Terhadap Diri Sendiri

Jangan jahat-jahat lah sama diri sendiri #IDNTimesLife

Satu hal yang gak boleh dilakukan ketika hidup adalah pelit terhadap diri sendiri. Tidak hanya kepada orang lain, pelit terhadap sendiri pun akan menghasilkan banyak sekali dampak buruk. Terlebih lagi, kamu pasti akan bersikap terlalu hemat sehingga banyak hal yang akan dikorbankan.

Memang, sih bersikap hemat merupakan sebuah hal yang diperlukan. Namun, ingatlah bahwa segala sesuatu yang berlebihan itu gak baik. Ada beberapa hal yang akan terjadi jika kamu terllau pelit terhadap diri sendiri, entah itu perihal materi atupun lainnya. Untuk penjelasan lengkapnya, simak pembahasan ini, ya!

1. Kamu tidak akan menghargai kerja keras selama ini

5 Hal yang akan Terjadi Jika Kamu Terlalu Pelit Terhadap Diri SendiriIlustrasi menyendiri (pexels.com/Liza Summer)

Ketika terlalu pelit terhadap diri sendiri, sama saja kamu tidak menghargai kerja keras yang sudah dilakukan selama ini. Padahal sejatinya setiap orang harus bersikap apresiatif terhadap siapa pun, tidak terkecuali kepada diri sendiri. Menghargai kerja keras sangatlah diperlukan agar kamu bisa tetap semangat dalam bekerja, lho, Guys!

2. Kamu akan mudah stres karena tidak mengapresiasi diri sendiri

5 Hal yang akan Terjadi Jika Kamu Terlalu Pelit Terhadap Diri SendiriIlustrasi penyesalan (pexels.com/adril kudri)

Salah satu dampak kurang mengapresiasi diri sendiri adalah kamu akan rentan mengalami stres. Biasanya stres itu disebabkan oleh kebiasaan yang suka bekerja secara berlebihan untuk mendapatkan hasil maksimal. Hal itu memang sebenarnya boleh-boleh saja namun harus diimbangi dengan hal lainnya.

Salah satu hal yang dimaksud adalah dengan mengapresiasi kerja kerasmu. Janganlah kamu terlalu pelit terhadap diri sendiri sebab hal itu akan berdampak buruk terhadap ketenangan hidupmu. Sesekali coba, deh apresiasi pekerjaanmu dengan membelikan salah satu barang yang kamu inginkan.

Baca Juga: 5 Syarat yang Harus Kamu Penuhi agar Mampu Mencintai Diri Apa Adanya

3. Kamu gak akan mencintai diri sendiri

5 Hal yang akan Terjadi Jika Kamu Terlalu Pelit Terhadap Diri SendiriIlustrasi salah beli produk (pexels.com/ivan oboleninov)

Tidak dapat diganggu gugat bahwa pelit terhadap diri sendiri sama saja kamu kurang mempraktikkan self-love. Mencintai diri sendiri merupakan sebuah aspek yang sangat penting untuk dilakukan agar kamu tidak mudah menempatkan kepentingan orang lain di atasmu.

Bukannya egois, namun setiap orang hendak melakukan hal semacam itu agar tidak mudah dimanfaatkan. Selagi masih belum terlambat, sebisa mungkin cobalah untuk bersikap apresiatif sebagai bukti bahwa mamu masih mencintai diri sendiri. Hal itu pasti akan membuatmu bahagia, kok!

4. Kamu tidak akan menikmati hidup

5 Hal yang akan Terjadi Jika Kamu Terlalu Pelit Terhadap Diri SendiriIlustrasi merenung (pexels.com/alex green)

Salah satu dampak positif jika loyal terhadap diri sendiri adalah hidupmu pasti akan bahagia. Hal itu terjadi karena kamu terbiasa menghabiskan uangmu untuk keperluanmu sendiri sehingga menimbulkan kebahagiaan. Hal tersebut tentunya merupakan salah satu aspek yang menunjukkan bahwa kamu telah menikmati hidup. Ingatlah bahwa hidup itu hanya sekali, jadi jangan menyia-nyiakannya karena terlalu bersikap hemat.

5. Kamu akan mengurangi intensitas berinteraksi dengan orang lain

5 Hal yang akan Terjadi Jika Kamu Terlalu Pelit Terhadap Diri SendiriIlustrasi merenung (pexels.com/masha raymers)

Biasanya seseorang yang terlalu berhemat itu cenderung mengurangi intensitas berinteraksi terhadap orang lain. Hal itu terjadi karena kamu cenderung merasa bahwa berkumpul dengan orang laim di tongkrongan hanya membuang-buang uang saja. Padahal pola pikir tersebut sejatinya salah, lho, Guys!

Ingatlah bahwa pada hakikatnya manusia adalah makhluk sosial yang gak bisa hidup tanpa bantuan orang lain. Maka dari itu, kamu harus tetap menjaga hubungan baik terhadap siapapun temanmu. Jika ada temanmu yang mengajak untuk nongkrong, cobalah untuk mengikutinya.

Terlalu pelit terhadap diri sendiri pasti akan berdampak buruk bagi hidupmu. Mulai sekarang cobalah untuk tidak terlalu berlebihan dalam berhemat sebab kamu juga harus menikmati hidup.

Baca Juga: 5 Alasan Kontrol Dirimu Buruk dan Mudah Lepas Kendali

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya