Comscore Tracker

5 Alasan Kamu Harus Terbiasa Mudah Memaafkan Kesalahan Orang Lain

Jangan terbelenggu dengan rasa dendam!

Setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan dalam hidupnya. Hal itu biasanya mendasari sebuah perpecahan di antara dua belah manusia yang sebelumnya saling berteman. Namun pernahkan kamu mendengar istilah 'jiwa kstaria' yang identik dengan sikap pemaaf?

Itu merupakan salah satu hal yang paling bijaksana jika dilakukan oleh seseorang. Sifatnya yang cukup susah dilakukan membuat tidak banyak orang mampu untuk merealisasikannya. Memiliki jiwa pemaaf sangat perlu dilakukan dalam menjalani hidup. Jika tak percaya akan hal itu, simak pembahasan ini.

1. Percayalah bahwa suatu saat kamu pasti membutuhkan bantuannya 

5 Alasan Kamu Harus Terbiasa Mudah Memaafkan Kesalahan Orang Lainunsplash.com/Hồ Ngọc Hải

Terkadang kesalahn orang lain kepada kita sangatlah menyakiti hati sehingga mungkin tidak akan terlintas kata maaf dalam benak. Namun cobalah berpikir dengan jernih bahwa hakikat manusia itu tidak bisa hidup tanpa bantuan orang lain.

Ketika saat ini kamu masih tetap memendam rasa dendam kepadanya, maka yakinkan dia akan membantu ketika dirimu sedang mengalami kesulitan kelak? Jangan membenci terlalu berlebihan karena bisa saja hal tersebut malah menjadi bumerang untukmu.

2. Percayalah bahwa perilaku baik pasti akan dibalas dengan kebaikan pula

5 Alasan Kamu Harus Terbiasa Mudah Memaafkan Kesalahan Orang Lainunsplash.com/ben white

Kamu pasti tidak asing dengan istilah hukum timbal balik. Ketika seseorang melakukan sebuah kebaikan, maka suatu saat orang tersebut pasti akan merasakan hal positif yang sama. Begitu pula sebaliknya, hal buruk pasti akan dibalas dengan keburukan suatu saat nanti.

Sikap bijkasanamu ketika memaafkan kesalahan orang lain meskpiun seberat apapun, hal tersebut pasti akan membawa keburuntungan untukmu suatu saat nanti. Intinya adalah jangan pernah berhenti dalam melakukan hal yang baik karena itu sangat membantumu dalam menjalani hidup

3. Tidak ada penyakit hati yang terus terpendam 

5 Alasan Kamu Harus Terbiasa Mudah Memaafkan Kesalahan Orang Lainunsplash.com/priscilla du preez

Salah satu penyakit hati yang merugikan seseorang adalah rasa dendam berlebih. Hal itu terkadang menjadikan orang tersebut memiliki aura negatif yang terkurung dalam dirinya. Penyakit hati juga akan mendorongmu menuju ke lubang kesengsaraan karena sifat burukmu itu.

Janganlah kamu pernah membalas dendam terhadap orang yang pernah menyakitimu karena hal itu tidak ada gunanya. Jika tetap melakukannya, sama saja kamu tak jauh berbeda dari orang yang memiliki sifat buruk itu. Tetaplah menjaga sikap baik dalam diri agar terhindar dari keburukan.

Baca Juga: 5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Memaafkan Kesalahan Pasangan

4. Kamu berhak untuk merasakan kedamaian hidup 

5 Alasan Kamu Harus Terbiasa Mudah Memaafkan Kesalahan Orang Lainunsplash.com/connor wilkins

Tidak ada orang yang tak menginginkan hidup damai. Ketika memiliki sebuah masalah, pastinya pikiranmu pasti akan terasa berat karena beban yang ditanggung akan membuat stres. Cobalah untuk membuang segala hal yang memberatkan beban pikiran, terutama rasa dendam.

Ingatlah bahwa kamu berhak merasakan kebahagiaan selama hidup di dunia ini. Banyak hal indah yang akan membuat rugi jika kamu tak melakukannya. Mencari kedamaian hidup adalah hal yang paling menyenangkan. Lakukanlah segala hal dengan senyuman dan penuh rasa ikhlas.

5. Kebijaksanaan pasti akan menyertaimu  

5 Alasan Kamu Harus Terbiasa Mudah Memaafkan Kesalahan Orang Lainunsplash.com/warren wong

Setiap orang pasti akan tumbuh menjadi pribadi yang lebih dewasa seiring berjalannya waktu. Kebijaksanaan adalah salah satu aspek penting yang harus dimiliki oleh seseorang yang dicap 'dewasa'. Kedewasaan itu pasti akan mudah kamu dapatkan jika jiwa pemaaf selalu tertanam dalam dirimu.

Tidak ada salahnya memberi maaf kepada orang yang dulu pernah menyakiti. Ingatlah bahwa setiap orang pasti ingin utnuk bisa berubah menjadi lebih baik dari sebelumnya. Lagi pula akan terasa tidak enak jika kamu terus-terusan memendam rasa dendam yang tak kunjung disudahi.

Meskipun cukup berat, tetapi kamu harus bisa membiasakan diri untuk melakukan hal tersebut agar banyak manfaat yang didapat. Jangan sekali-sekali memelihara rasa dendam ya!

Baca Juga: 5 Perspektif Agar Kamu Lebih Mudah Memaafkan Kesalahan Orang Lain

Hamas Nurhan Photo Verified Writer Hamas Nurhan

Find me on instagram as @hamasnurhan_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya