Comscore Tracker

Bukannya Lemah, Ini 5 Alasan Mengapa Terkadang Kamu Perlu Mengalah

Ada kalanya kamu harus meredam ego!

Setiap orang pasti ingin semua keinginannya bisa terealisasi. Namun, ada kalanya kamu harus mengalah untuk menghindari hal yang lebih buruk terjadi. 

Sayangnya, banyak orang yang susah melakukan hal tersebut karena terlalu dikuasai oleh rasa ego. Hal tersebut sebenarnya lumrah terjadi karena mengendalikan ego itu tak semudah membalikkan telapak tangan.

Ada beberapa alasan masuk akal mengapa terkadang kamu perlu mengalah. Untuk penjelasan lebih lengkapnya, simak pembahasan berikut ini.

1. Ingatlah bahwa mengalah itu bukan berarti kalah

Bukannya Lemah, Ini 5 Alasan Mengapa Terkadang Kamu Perlu Mengalahilustrasi merenung (unsplash.com/Abigail)

Banyak orang yang beranggapan bahwa mengalah itu berarti kalah. Sebenarnya anggapan tersebut kurang tepat karena mengalah bisa dilakukan ketika keadaan di depan sana diprediksi akan menjadi bumerang untukmu. Saat hal itu terjadi, yang harus kamu lakukan hanyalah mundur satu langkah.

Jika kamu terus nekat melanjutkannya, pasti akan ada hal buruk yang terjadi nantinya. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk mengalah. Terkadang, kamu bisa memenangkan sesuatu dengan cara mengalah terlebih dahulu.

2. Terkadang, mengalah dilakukan agar hidupmu bisa lebih tenang

Bukannya Lemah, Ini 5 Alasan Mengapa Terkadang Kamu Perlu Mengalahilustrasi berpikir (unsplash.com/Icons8 Team)

Setelah mengalah, kamu pasti akan memiliki hidup yang lebih tenang. Hal itu terjadi karena kamu berusaha untuk menghindari perdebatan yang tidak ada ujungnya. Lagi pula, kamu terkadang juga perlu mengalah saat menghadapi orang-orang kolot.

Hal tersebut dilakukan agar kamu tidak makan hati. Berdebat dengan orang yang kolot itu tidak ada habisnya. Mereka pasti akan terus memaksakan argumen agar citranya tidak luntur meskipun itu terlihat tidak masuk akal. 

Baca Juga: 5 Alasan Sulitnya Menjalin Hubungan dengan Orang yang Gak Mau Mengalah

3. Dengan mengalah, kamu bisa melatih diri untuk terbiasa berbesar hati

Bukannya Lemah, Ini 5 Alasan Mengapa Terkadang Kamu Perlu Mengalahilustrasi memikirkan sesuatu (unsplash.com/Simon Hurry)

Tidak semua orang mampu mengalah dengan situasi yang ada. Apalagi ketika seseorang memiliki ego yang tinggi, mengalah merupakan sebuah hal yang bisa dikatakan sebagai pantangan. Namun, sikap berbesar hati harus dimiliki oleh setiap orang.

Hal itu dilakukan agar kamu terbiasa bersabar menghadapi segala situasi dan kondisi yang kurang cukup menyulitkan. Maka dari itu, mulai sekarang cobalah untuk terbiasa mengalah jika kamu merasa keputusan hal tersebut sangatlah tepat.

4. Tidak semua hal yang kamu inginkan itu bakal terealisasi

Bukannya Lemah, Ini 5 Alasan Mengapa Terkadang Kamu Perlu Mengalahilustrasi merenung (unsplash.com/Jeremy Perkins)

Kamu harus senantiasa mengingat bahwa tidak semua yang ada di anganmu bakal terealisasi. Kenyataan seperti itu sebenarnya wajib disadari terlebih dahulu agar kamu tidak terlalu kolot dalam memperjuangkannya. Lagi pula, kamu harus berjuang dengan realistis agar waktumu tidak terbuang sia-sia.

Ketika keadaan terasa sangat sulit untuk dilalui, tidak ada salahnya kamu memilih untuk mengalah. Terkadang, hal tersebut dilakukan agar kamu bisa mengetahui seberapa penting berpikir secara realistis dalam menjalani hidup.

5. Mengalah bisa membuatmu lebih bijaksana dalam menentukan pilihan

Bukannya Lemah, Ini 5 Alasan Mengapa Terkadang Kamu Perlu Mengalahilustrasi merenung (unsplash.com/emgin akyurt)

Pada dasarnya, mengalah merupakan sebuah hal yang sulit dilakukan namun bisa membuat seseorang menjadi lebih bijaksana. Sebelumnya sudah disebutkan bahwa kamu harus memiliki hati yang besar agar bisa mengalah.

Ketika hal tersebut terjadi, kamu pasti akan berpikir dua kali untuk melanjutkan sesuatu yang ada di dalam egomu. Berangkat dari hal tersebut, kamu pun bakal menjadi seseorang yang lebih bijaksana dalam menentukan pilihan hidup.

Setelah membaca kelima alasan di atas, apakah kamu yakin akan terus mempertahankan ego dengan mengesampingkan konsep 'mengalah'? Ingatlah bahwa mengalah bukan berarti kalah. Kamu perlu melakukan hal tersebut demi hasil yang lebih baik nantinya.

Baca Juga: Inilah 5 Alasan Mengalah jadi Kunci dalam Langgengnya Hubungan

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya