Comscore Tracker

5 Alasan Tepat Mengapa Gak Mengedepankan Gengsi adalah Kunci Bahagia

Yakin masih mau mengedepankan gengsi?

Di dunia ini tidak sedikit orang yang terjebak dalam lingkaran kegengsian. Hal itu terjadi karena mereka menganggap bahwa standar kebahagiaan yang sesungguhnya yaitu ketika orang lain kagum dengan segala pencapaiannya.

Namun ingatlah bahwa ketika kamu menuruti perkataan orang lain pasti tidak akan ada habisnya. Mereka pasti tidak akan lelah untuk menganggapmu sebagai orang yang memiliki kekurangan. Berikut beberapa alasan mengapa tak mengedepankan gengsi adalah kunci kebahagiaan.

1. Definisi bahagia setiap orang pasti berbeda-beda

5 Alasan Tepat Mengapa Gak Mengedepankan Gengsi adalah Kunci Bahagiaunsplash.com/priscilla de preez

Sebelumnya telah disebutkan bahwa banyak orang yang terbelenggu dengan perkataan orang lain mengenai kebahagiaan diri. Namun ingatlah bahwa kamu tidak bisa mnggeneralisir kebahagiaan setiap orang karena tentunya hal itu pasti berbeda.

Ada seseorang yang bahagia akan kesederhanaannya, ada pula orang-orang yang bisa bahagia ketika menunjukkan ke-glamour-annya. Buatlah definisi bahagia yang bisa membuatmu nyaman dalam menjalani hidup. Jangan dengarkan perkataan orang lain yang hanya akan menjatuhkanmu.

2. Kamu akan lebih tenang menjalani hidup

5 Alasan Tepat Mengapa Gak Mengedepankan Gengsi adalah Kunci Bahagiaunsplash.com/priscilla de preez

Semua orang pasti menginginkan ketenangan dalam hidupnya. Ketika kamu masih mengedepankan gengsi, pasti banya tekanan yang akan didapat karena dirimu masih terpaku dengan omongan orang lain. Hal itu bisa saja membuatmu stres ketika kamu tidak bisa menggapainya.

Ingatlah bahwa hidup ini hanya sekali, jangan disia-siakan. Kamu memiliki hak untuk untuk merasakan ketenangan hidup tanpa gangguan orang lain. Jalanilah hidup yang menurutmu itu bisa membuat hati menjadi tenang.

3. Tak ada tuntutan yang harus dikejar

5 Alasan Tepat Mengapa Gak Mengedepankan Gengsi adalah Kunci Bahagiaunsplash.com/amy tran

Selalu mengedepankan gengsi pasti membantumu untuk bisa terlihat baik di mata orang lain. Namun cobalah untuk berpikir realistis bahwa kamu harus berkorban secara materi dan hati ketika kamu memutuskan untuk menuruti itu semua.

Cacian dan makian pasti akan datang silih berganti karena memang pada hakikatnya manusia itu selalu ingin lebih baik dari yang lainnya. Janganlah kamu mengedepankan gengsi jika ingin mendapatkan kedamaian hidup yang sesungguhnya.

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Harus Membuang Rasa Gengsi, Hidup Jadi Lebih Mudah!

4. Kamu akan lebih banyak mensyukuri nikmat hidup

5 Alasan Tepat Mengapa Gak Mengedepankan Gengsi adalah Kunci Bahagiaunsplash.com/ben white

Tidak ada yang lebih nyaman dari kenikmatan bersyukur. Secara logika, bersyukur dapat diartikan sebagai ucapan terima kasih dari dalam hati perihal nikmat yang telah diberikan tuhan saat ini. Selalu bersyukur juga dapat membuat hati terasa tenang, lho!

Ketika kamu telah memutuskan untuk tidak mengedepankan gengsi lagi, kedamaian hidup pasti akan tercipta. Kamu pasti akan memegang teguh prinsip let it flow dalam hidupmu. Ingatlah bahwa setiap orang berhak untuk hidup tenang, tak terkecuali dirimu.

5. Tak banyak waktu yang terbuang sia-sia

5 Alasan Tepat Mengapa Gak Mengedepankan Gengsi adalah Kunci Bahagiaunsplash.com/fernando brasil

Setiap orang pasti memiliki mimpi yang sangat ingin direalisasi dalam hidupnya. Namun untuk mencapai itu semua sangatlah berat karena banyak rintangan yang harus dilewati. Salah satu contoh rintangan yang paling nyata yaitu ketika terlalu menuruti perkataan orang lain tanpa memikirkan diri sendiri.

Hal itu bisa terjadi ketika "mengedepankan gengsi" telah menjadi prinsip hidupmu. Waktumu pasti akan terbuang sia-sia karena tidak ada hal bermanfaat yang akan kamu dapatkan. Fokuslah pada mimpimu sendiri karena hal itu merupakan satu-satunya jalanmu menuju kebahagiaan.

Itulah kelima alasan mengapa tak mengedepankan gengsi merupakan kunci kebahagiaan. Jangan dengarkan perkataan orang lain, mereka hanya ingin membuatmu terjatuh.

Baca Juga: 8 Hal Ini Diinginkan Cowok dari Cewek, Tapi Mereka Gengsi Bilang

Hamas Nurhan Photo Verified Writer Hamas Nurhan

Find me on instagram as @hamasnurhan_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya