Comscore Tracker

5 Alasan Kamu Harus Membuang Rasa Gengsi, Hidup Jadi Lebih Mudah!

Apa sih untungnya memiliki rasa gengsi? 

Setiap manusia pasti pernah merasakan gengsi. Tak melulu berkaitan dengan urusan materi, namun gengsi sepertinya dapat menjangkau aspek lain dalam hidup dan membuatnya menjadi serasa lebih sulit.

Banyak orang menjaga rasa gengsi karena mereka berpendapat bahwa hal tersebut merupakan bagian dari kehormatan dan martabat yang harus dijaga penuh. Padahal, memelihara rasa gengsi justru hanya akan membuat hidup jadi lebih sulit. 

Agar terhindar dari efek negatif yang ditimbulkan dari memelihara rasa gengsi, kamu harus mengetahui beberapa alasan mengapa hal tersebut perlu dibuang jauh-jauh. Simak yuk! 

1. Menjadi pribadi yang penuh rasa iri

5 Alasan Kamu Harus Membuang Rasa Gengsi, Hidup Jadi Lebih Mudah!Unsplash/Christian Erfurt

Pernahkah kamu melihat seseorang yang membeli barang hanya karena melihat orang lain membeli barang yang serupa? Hal ini dapat menjadi salah satu efek negatif yang ditimbulkan dari memelihara rasa gengsi.

Padahal, kita tentu tidak bisa memaksakan kehendak seseorang untuk membeli sesuatu dan kita juga tidak memiliki hak untuk mengatur apa yang orang lain ingin beli sehingga tentu tidak perlu merasa iri karenanya. Daripada hidup menjadi penuh dengan rasa iri, lebih baik kita berubah untuk tidak mudah tergoda dengan hijaunya rumput tetangga. 

2. Minimnya rasa bersyukur

5 Alasan Kamu Harus Membuang Rasa Gengsi, Hidup Jadi Lebih Mudah!Unsplash/Headway

Daripada harus buru-buru memelihara rasa gengsi ketika melihat orang lain, lebih baik mulai lah untuk bersyukur dengan apa yang kita miliki. Setiap orang tentu mempunyai kemampuannya masing-masing yang tidak dapat disama ratakan, sehingga kamu tidak perlu merasa gengsi untuk menyamakan kemampuanmu. Mulai lah bersyukur dan buang lah jauh-jauh rasa gengsi sehingga hidup pun terasa lebih ringan. 

3. Mudah merasa minder

5 Alasan Kamu Harus Membuang Rasa Gengsi, Hidup Jadi Lebih Mudah!Unsplash/Nik Shuliahin

Orang yang sering merasa gengsi sebenarnya secara tidak sadar memiliki ketidak mampuan dalam percaya diri. Hal ini juga dapat kita sebut dengan  merasa inferior ataupun minder. Padahal, jika kita mampu mengubur dalam-dalam rasa gengsi, maka kita akan dapat bersyukur dan tidak memiliki rasa minder terhadap kita sendiri. Tentunya rasa minder hanya akan mengikis kepercayaan diri. 

Baca Juga: 5 Ciri Berikut Menandakan Tujuanmu Bekerja Hanya Sekadar Demi Gengsi

4. Menjurus pada gaya hidup berlebihan

5 Alasan Kamu Harus Membuang Rasa Gengsi, Hidup Jadi Lebih Mudah!Unsplash/Jacek Dylag

Memelihara rasa gengsi berlebihan justru hanya akan membuat diri kita haus akan hedonisme. Tentunya kita tidak ingin apabila hal tersebut justru membuat kita cenderung memiliki gaya hidup yang berlebihan dan condong kepada hedonisme.

Selain karena memang tidak memiliki manfaat, namun hanya akan membuat diri menjadi tidak mudah puas dan seakan serakah dalam hal materi. Pastinya hal seperti ini tidak ingin kita rasakan, bukan? 

5. Memaksakan diri dan keuangan

5 Alasan Kamu Harus Membuang Rasa Gengsi, Hidup Jadi Lebih Mudah!Unsplash/Clay Banks

Jika kita sudah terjerumus dalam gaya hidup hedonisme yang hanya mengikuti gengsi semata, tentunya kita perlu modal untuk mendukung hal tersebut. Apabila kamu memiliki finansial yang mumpuni mungkin hal tersebut tidak menjadi persoalan berarti, namun sebaliknya bila kamu memiliki kemampuan finansial yang tidak stabil, maka hal tersebut hanya akan membuatmu memaksakan diri dan mengalami masalah dalam hal keuangan. Jangan sampai rasa gengsi membuat dirimu terjerumus dalam hutang, ya! 

Nah, dari beberapa alasan negatif dari memelihara rasa gengsi di atas tentu kita jadi mengetahui bahwa memang hal tersebut harus kita buang jauh-jauh agar dapat membuat hidup kita jadi lebih mudah. Yuk, buang jauh-jauh rasa gengsi! 

Baca Juga: 5 Alasan Logis Mengapa Kamu Gak Boleh Mengedepankan Gengsi

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Saya adalah penulis biasa | Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya