Comscore Tracker

5 Bukti Mengapa Kamu Gak Boleh Mudah Percaya Orang Baru

Jangan mudah percaya kepada orang yang baru kamu kenal, ya!

Manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup tanpa bantuan orang lain. Dengan adanya hal tersebut, seseorang dituntut untuk bisa bersosialisasi dengan orang lain agar tidak kesusahan menjalani hidup. Namun dalam mencari relasi terkadang seseorang harus selektif agar tak terjerumus ke dalam lingkarang tidak sehat.

Ketika pertama kali kenal dengan seseorang yang baru, kamu tidak boleh langsung percaya dengan semua omongannya. Hal tersebut biasanya diabaikan karena tak ada kecurigaan dalam diri. Ada beberapa alasan mengapa kamu tidak boleh mudah percaya dengan orang baru. Untuk penjelasannya, simak pembahasan berikut ini.

1. Ada kemungkinan dia hanya akan memanfaatkan dirimu 

5 Bukti Mengapa Kamu Gak Boleh Mudah Percaya Orang Barupexels.com/August de Richelieu

Ketika bertemu orang baru, kamu tidak akan tahu bahwa sebenarnya dia hanya memanfaatkan dirimu. Banyak kasus terjadi di luar sana perihal seseorang yang mudah dibodohi karena terlalu percaya. Cobalah untuk lebih berpikir secara skeptis jika ada orang yang baru kamu kenal memberikan beberapa bantuan kepadamu.

Hal tersebut harus dilakukan untuk mencegah terjadinya sesuatu-sesuatu yang buruk di belakangnya. Ingatlah bahwa lebih baik mencegah daripada mengobati. Simpan dulu rasa percayamu terhadapnya sebelum kamu benar-benar mengenal dia seutuhnya.

2. Ingatlah bahwa kamu masih belum tahu latar belakang hidupnya 

5 Bukti Mengapa Kamu Gak Boleh Mudah Percaya Orang Barupexels.com/anastasiya gepp

Setiap orang memang dituntut untuk selalu bisa bersosialisasi dengan orang lain agar hidupnya bisa berjalan dengan semestinya. Namun pada saat bertemu orang baru, terkadang ada saja orang yang cenderung memercayainya seratus persen. Satu hal yang harus diingat adalah bahwa kamu belum tahu apa sebenarnya latar belakangnya.

Bisa saja dia dulu pernah menjadi seseorang yang dikenal buruk dan banyak merugikan. Maka dari itu cobalah untuk selalu waspada agar tak mudah percaya terhadap semua omongan manisnya. Jangan sampai kamu diperdaya olehnya hanya karena kepolosan yang ada dalam dirimu.

3. Kamu tidak tahu apa saja yang ada dibalik niat baiknya 

5 Bukti Mengapa Kamu Gak Boleh Mudah Percaya Orang Barupexels.com/mentatdgt

Segala sesuatu yang ada di dunia ini memang dipenuhi dengan banyak misteri. Begitupula kebaikan yang diberikan orang lain kepadamu, pasti ada beberapa maksud tersendiri kenapa hal itu bisa kamu dapatkan. Apalagi jika itu adalah orang yang baru dikenal, alangkah lebih baik jika kamu menolak semua kebaikan yang diberikannya.

Kamu harus bisa mewaspadai semua yang menurutmu itu dirasa cukup baik. Ingatlah bahwa maksud terselubung itu pasti ada. Jadilah orang yang selalu berprasangka buruk agar tidak mudah dibodohi. Lagipula hal tersebut sangatlah mudah dilakukan dengan cara membuang rasa tidak enakan.

Baca Juga: 5 Zodiak Ini Sering Gak Percaya Diri Padahal Punya Segudang Bakat

4. Meminimalisir terjadinya penipuan 

5 Bukti Mengapa Kamu Gak Boleh Mudah Percaya Orang Barupexels.com/mentatdgt

Di dalam kehidupan sehari-hari, biasanya penipuan itu bisa terjadi ketika seseorang terlalu percaya dengan oramg asing. Kamu tidak akan tahu maksud terselubumg yang ada dalam niatnya itu karena dia pasti pandai berpura-pura. Begitu juga pada saat bertemu orang baru, alangkah lebih baik kamu main aman saja.

Jangan sampai kamu memercayai lalu memberikan dia apapun yang dipunyai olehmu. Bersikaplah secara sewajarnya agar tidak ada yang tersinggung. Cobalah untuk berlaku secara bijaksana menanggapi semua hal tersebut agar tidak ada kerugian yang didapatkak olehmu maupun dirinya.

5. Ingatlah bahwa dia belum paham apa-apa tentang dirimu 

5 Bukti Mengapa Kamu Gak Boleh Mudah Percaya Orang Barupexels.com/jopwell

Untuk bisa akrab, terkadang seseorang perlu mengenal lebih dekat perihal kehidupan sehari-harinya. Tetapi suatu saat kamu juga akan menemui seseorang yang SKSD denganmu. Hal tersebut dilakukan hanya untuk mengelabuhi ataupun hanya sekadar meminta perhatianmu. Jika dia memberikan bantuan kepadamu, jangan gegabah untuk menerimanya.

Ingatlah bahwa dia itu masih belum paham apa-apa perihal dirimu. Jika memang demikian, lantas bagaimana bisa dia memberikan bantuannya padahal kalian belum saling kenal? Maka dari itu cobalawah untul selalu bersikap waspada terkait orang baru yang sok baik kepadamu.

Mempercayai orang yang baru kenal secara penuh bukanlah hal bijak. Terkadang kamu perlu mengantisipasi adanya niat buruk yang mungkin saja merugikanmu.

Baca Juga: Bukan Gak Percaya, Ini 5 Alasan Teman Enggan Curhat Padamu 

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya