Comscore Tracker

5 Cara agar Gak Mudah Bosan saat Membaca Buku, Jangan Dibuat Beban!

#IDNTimesLife Ingat, buku adalah jendela dunia, kawan!

Membaca buku merupakan sebuah hal yang dapat meningkatkan pola pikir seseorang. Kamu akan mendapatkan banyak insight baru, sehingga menjadi seseorang yang open-minded.

Namun, bagi beberapa orang, membaca buku adalah kegiatan yang cukup membosankan karena bersifat monoton. Permasalahan semacam ini membuat banyak orang malas membaca buku. 

Tetapi sebenarnya, kebosanan itu bisa dipatahkan jika kamu memiliki tekad yang kuat untuk membaca buku. Sebenarnya, ada beberapa hal yang bisa membantumu untuk mengatasi kebosanan saat membaca buku. Simak pembahasan lengkapnya berikut ini, ya. 

1. Cobalah untuk membaca novel terlebih dahulu

5 Cara agar Gak Mudah Bosan saat Membaca Buku, Jangan Dibuat Beban!ilustrasi membaca buku (pexels.com/george milton)

Jika kamu sering bosan dalam membaca buku, cobalah untuk membaca novel terlebih dahulu. Kamu harus terbiasa membangun kebiasaan membaca dengan melakukannya melalui membaca buku-buku menarik.

Novel merupakan sebuah buku yang memiliki alur cerita menarik, sehingga pembacanya tidak akan bosan. Carilah novel best-seller, sebab ceritanya pasti akan sangat menarik.

2. Jangan menganggap membaca buku adalah sebuah beban

5 Cara agar Gak Mudah Bosan saat Membaca Buku, Jangan Dibuat Beban!ilustrasi membaca buku (pexels.com/andrea piacquadio)

Kebosanan dalam membaca buku itu biasanya muncul ketika kamu menganggapnya sebagai sebuah beban. Membaca buku merupakan hal sederhana yang sejatinya harus dinikmati. Sebelum membaca buku, pikiranmu harus tenang terlebih dahulu agar tidak tergesa-gesa untuk mengakhirinya.

Sesekali cobalah untuk tidak terlalu merasa keberatan dan menganggap membaca buku adalah sebuah hal yang sia-sia. Cobalah untuk mengubah pola pikirmu, agar kamu bisa dengan mudah menyelesaikan sebuah buku tanpa kebosanan.

3. Buatlah target minimal satu lembar sehari

5 Cara agar Gak Mudah Bosan saat Membaca Buku, Jangan Dibuat Beban!ilustrasi baca buku (pexels.com/andrea piacquadio)

Tidak usah muluk-muluk untuk menyelesaikan buku dalam waktu singkat. Terkadang kamu perlu membangun kebiasaan membaca buku dengan cara rutin melakukannya minimal satu lembar sehari. Hal tersebut tidaklah berat karena waktumu juga gak akan banyak terkuras.

Setelah terbiasa melakukan satu lembar sehari, cobalah untuk meningkatkannya secara bertahap. Lambat laun keinginanmu membaca buku pun akan semakin tinggi, sebab kebiasaan tersebut sudah tertanam di dalam dirimu. Lakukan hal tersebut secara perlahan tapi pasti.

Baca Juga: 5 Alasan Seorang Penulis Harus Rajin Membaca Buku, Baik untuk Kariermu

4. Ajaklah temanmu untuk membaca buku yang sama agar nanti bisa berdiskusi

5 Cara agar Gak Mudah Bosan saat Membaca Buku, Jangan Dibuat Beban!ilustrasi klub buku (pexels.com/cottonbro)

Hal lain yang bisa dilakukan agar tak mudah bosan dalam membaca buku adalah mengajak orang lain. Kamu bisa mengajak temanmu untuk membaca buku yang sama agar ada banyak bahan diskusi ketika bertemu.

Hal tersebut tentunya cukup efektif, sebab kamu pasti ada keinginan untuk menyelesaikan buku-buku yang bisa mengasah pola pikirmu.

5. Singkirkan semua gadget jika ingin mulai membaca buku

5 Cara agar Gak Mudah Bosan saat Membaca Buku, Jangan Dibuat Beban!ilustrasi baca buku (pexels.com/Jay-r Alvarez)

Salah satu hal yang membuat rasa bosan dalam membaca buku itu muncul, ketika ada gadget di sekitarmu. Kamu pasti akan cenderung memegang gadget tersebut lalu membuka media sosial. Hal tersebut sebenarnya sepele, namun sejatinya sangat vital.

Ketika sedang membaca buku, cobalah untuk menjauh dari berbagai macam hal yang bisa menganggu konsentrasimu. Hal tersebut pasti akan memunculkan kenyamanan dalam membaca buku, sebab kamu bisa menikmatinya tanpa gangguan. 

Kebosanan dalam membaca buku sebenarnya merupakan sebuah hal yang wajar terjadi. Meskipun begitu, kamu harus mau melawan rasa bisa tersebut demi ilmu-ilmu yang bisa didapatkan saat membaca buku.

Baca Juga: 5 Alasan yang Paling Sering Membuatmu Gak Tamat Membaca Buku

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya